Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

30 Pertanyaan Tentang Gerak Benda Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Esai) Materi Gerak Benda

11. Apa contoh GLBB dipercepat?

Jawaban:
Contoh GLBB dipercepat :
1. Apel yang jatuh dari pohonnya.
2. Orang naik sepeda di turunan bidang miring.
3. air yang jatuh dari atas ke bawah seperti air terjun.
4. Meteor yang jatuh ke bumi.
5. Pesawat saat take off atau lepas landas.
6. Balapan Moto GP saat Start pertama kali dan saat masuk garis finish.


12. Apa saja ciri ciri GLBB?

Jawaban:
Ciri-ciri GLBB adalah: Kecepatan benda berubah terhadap waktu. Lintasan benda berbentuk garis lurus. Memiliki percepatan atau perlambatan yang tetap(a ≠ 0).


13. Apa itu gerak jatuh bebas dan contohnya?

Jawaban:
Gerak jatuh bebas adalah gerak vertikal ke bawah tanpa kecepatan awal, hanya dipengaruhi oleh gaya gravitasi bumi. Semua benda yang melakukan gerak jatuh bebas mendapatkan percepatan yang sama besar yaitu sebesar percepatan gravitasi bumi yang diberi simbol g.


14. Apa ciri ciri dari GLB dan GLBB?

Jawaban:
Pada GLB, kecepatan benda tetap (tidak berubah). Itu berarti percepatannya nol. Di sisi lain, kecepatan benda di GLBB selalu berubah, tapi dalam keadaan teratur sehingga timbul percepatan


15. Apa syarat utama benda dikatakan bergerak?

Jawaban:
Syarat utama benda dikatakan bergerak adalah adanya perubahan posisi benda terhadap titik acuan. Karena titik acuan bisa berbeda-beda, maka gerak benda bersifat relatif.


16. Apakah bola termasuk benda bergerak?

Jawaban:
Secara umum, benda dikatakan bergerak apabila terjadi perubahan posisi dari titik satu ke titik lain atau benda bergerak jika posisinya berubah. Ada beberapa contoh gerak benda yang sering kita lihat seperti motor, mobil, sepeda, kereta, pesawat, hingga bola yang ditendang.


17. Apa yang menyebabkan cepat atau lambatnya gerak?

Jawaban:
Jawaban: Benda dapat bergerak cepat ataupun lambat karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain luas permukaan benda, bentuk permukaan benda, bentuk permukaan lintasan dan bobot benda. Bentuk permukaan benda memengaruhi gerak benda. Semakin kasar permukaan benda, Semakin sulit benda itu menggelinding.


18. Dapatkah orang yang diam dapat bergerak?

Jawaban:
Orang diam ,tidak dapat dikatakan bergerak. Karena ,orang tersebut mempunyai gaya gerak (kekanan ,kekiri,keatas,dan kebawah) =0 ,otomatis usaha (W)=FxS = 0 ,dengan kata lain orang tersebut tidak bisa dikatakan bergerak karena usahanya pun tidak adak atau W=0.


19. Apa yg dimaksud dengan gerak lurus beraturan?

Jawaban:
Gerak Lurus Beraturan (GLB) merupakan gerak lurus yang mempunyai kecepatan yang tetap disebabkan tidak adanya percepatan yang bekerja pada objek. Jadi, nilai percepatannya adalah nol (a = 0).


20. Apa gerak non lokomotor?

Jawaban:
Gerak non-lokomotor adalah tubuh tidak berpindah tempat namun ada beberapa bagian tubuh yang bergerak salah satunya kaki dan tangan