Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

48 Pertanyaan Tentang Planet Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Esai) Materi Planet

17. Apa perbedaan antara bintang dan planet?

Jawaban:
Planet merupakan benda langit yang tidak bisa mengeluarkan panas. Bintang memancarkan cahaya energi panas. Karena massanya dan energi yang cuku besar untuk membakar hidrogen dan isotopnya


18. Cincin Jupiter terbuat dari apa?

Jawaban:
Cincin Jupiter terdiri dari partikel debu mikroskopis.


19. Planet Jupiter warna apa?

Jawaban:
Dilihat dari luar angkasa, Jupiter terdiri dari warna oranye dan cokelat yang bercampuran juga dengan garis-garis atmosfer berwarna putih. Warna-warna ini sendiri berasal dari komposisi dan pola cuaca yang terjadi di planet raksasa gas tersebut.


20. Bumi termasuk planet apa?

Jawaban:
Yang termasuk planet dalam antara lain Merkurius, Venus, Bumi dan Mars. Yang termasuk planet luar antara lain Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.


21. Berapa suhu di Mars?

Jawaban:
Suhu permukaan Mars berkisar antara -87 °C pada musim dingin di kutub hingga -5 °C pada musim panas.


22.Apakah planet Mars bisa dihuni oleh manusia?

Jawaban:
Berdasarkan bukti yang dikumpulkan oleh satelit serta wahana pendarat dan penjelajah seperti Curiosity, Mars tidak dapat dihuni oleh manusia atau kehidupan lain di Bumi secara umum, karena radiasi, tekanan udara yang sangat minim, dan atmosfer dengan hanya 0,1% oksigen


23. Planet apa yang memiliki hari terpendek?

Jawaban:
Merkurius adalah planet terkecil di Tata Surya sekaligus yang terdekat dari Matahari. Periode revolusi planet ini merupakan yang terpendek dari semua planet di Tata Surya, yakni 87,79 hari.


24. Planet sejajar jam berapa?

Jawaban:
Sederhananya, waktu yang ideal untuk menyaksikan atau melihat penampakan lima planet sejajar sekitar pukul 04.30 sampai pukul 06.00 waktu setempat.


25. Berapa suhu di planet Bumi?

Jawaban:
Suhu rata-rata planet lain adalah: Bumi: 15 derajat Celcius


26. Kenapa ada cincin di planet Saturnus?

Jawaban:
Cincin Saturnus sebagian besar terbuat dari es. Beberapa di antaranya mungkin berasal dari komet, yang juga sebagian besar terbuat dari es.


27. Apa makna planet Saturnus?

Jawaban:
Nama Saturnus berasal dari Dewa pertanian Romawi, yang disamakan dengan Dewa Yunani Cronus. Sebagai planet terjauh yang diketahui oleh pengamatan kuno, Saturnus juga tercatat sebagai planet yang paling lambat bergerak.


28. Apa kelebihan planet Venus?

Jawaban:
Ini 6 Keunikan Planet Venus
1. Memiliki Tekanan Udara yang Berat
2. Venus Merupakan Planet yang Sangat Panas
3. Memiliki Banyak Gunung Berapi
4. Kembar Identik dengan Bumi
5. Venus Jarang Terlihat Melintasi Matahari
6. Memiliki Rotasi Lebih Lama dari Revolusi


29. Uranus dijuluki sebagai planet apa?

Jawaban:
Uranus Sering disebut Sebagai Planet Es Raksasa. Keberadaan es serta gas dalam jumlah yang besar ini kemudian menyebabkan Uranus dijuluki sebagai raksasa es di sistem tata surya. Uranus juga tak dapat menyerap cahaya matahari.


30. Apa isi planet Merkurius?

Jawaban:
Merkurius memiliki atmosfer tertipis dari planet mana pun di tata surya. Atmosfernya sangat tipis sehingga disebut dengan nama lain eksosfer. Eksosfer Merkurius sebagian besar terdiri dari oksigen, natrium, hidrogen, helium, dan kalium


31. Apa keunikan dari planet Uranus?

Jawaban:
Uranus memiliki cincin. Cincin-cincin ini terdiri dari partikel-partikel yang sangat gelap dan ukurannya bervariasi dari mikrometer hingga sepersekian meter. Oleh karena itu cincin Uranus hampir tidak terlihat. Uranus memiliki setidaknya 13 cincin, tapi yang paling terang adalah cincin epsilon.


32. Kenapa Merkurius tidak panas?

Jawaban:
Meskipun secara teknis memiliki atmosfer, Merkurius tidak dapat menangkap panas yang diterimanya, karena atmosfernya terlalu tipis dan tidak memiliki gas greenhouse (biasanya uap air (H2O) dan/atau karbon dioksida (CO2)) yang cukup untuk menangkap panas