Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

39 Pertanyaan Tentang Sistem Tata Surya Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Esai) Materi Sistem Tata Surya

14. Matahari itu terbuat dari apa?

Jawaban:
Para ilmuwan tahu bahwa matahari adalah bola besar gas panas yang terdiri dari sekitar 98 persen hidrogen dan helium. Matahari terbakar karena sangat panas dan padat sehingga atom hidrogen menyatu bersama untuk membuat helium, melepaskan energi dalam prosesnya.


15. Mengapa matahari berfungsi sebagai tata surya?

Jawaban:
Matahari adalah satu-satunya bintang di tata surya. Matahari menjadi pusat tata surya karena gravitasinya mampu menyatukan tata surya. Segala sesuatu di tata surya berputar di sekitar Matahari, mulai dari planet, asteroid, komet, dan serpihan kecil di ruang angkasa.


16. Mengapa di daerah di Bumi ada yang gelap?

Jawaban:
Karena diakibatkan oleh adanya rotasi bumi. Peredaran bumi mengelilingi sumbu atau porosnya dari arah barat ke timur disebut rotasi bumi, sehingga terjadinya siang dan malam, terdapat dua bagian bumi yang sebagian menghadap matahari dan sebagian lagi membelakangi matahari sehingga adanya sisi gelap dan terang di bumi.


17. Apa saja ciri ciri planet dalam tata surya?

Jawaban:
Ciri-Ciri Planet:
1. Planet mempunyai atmosfer (kecuali merkurius)
2. Planet terus melakukan rotasi pada porosnya.
3. Planet berevolusi mengitari matahari.
4. Memiliki massa yang cukup untuk memiliki gravitasi sendiri.


18. Apa saja nama nama galaksi?

Jawaban:
Nama Galaksi
1. Galaksi Bima Sakti
2. Galaksi Ursa Mayor
3. Galaksi Magellan
4. Galaksi Andromeda
Galaksi Black Eye
6. Galaksi Jauh


19. Kemana perginya planet Pluto?

Jawaban:
Planet Pluto sendiri kehilangan atmosfer yang membuatnya perlahan mati. Hal itu karena para ilmuwan menyadari bahwa planet kerdil di tata surya kita sedang mengalami perubahan yang menyebabkan atmosfer Pluto menghilang.


20. Apa nama planet terakhir?

Jawaban:
Neptunus. Planet Neptunus adalah planet pertama yang paling jauh dari matahari atau planet terakhir yang ada di tata surya.


21. Apa nama planet pertama?

Jawaban:
Merkurius. Merupakan planet terkecul di Tata Surya. Saat siang hari, suhu Merkurius menjadi sangat tinggi sebaliknya saat malam hari sangat dingin.


22. Siapa penemu bintang?

Jawaban:
Guillermo Haro, Sang Astronom Penemu Bintang


23. Apa saja ciri ciri komet?

Jawaban:
Ciri- ciri komet:
Tersusun dari partikel debu dan es yang telah membeku. Memiliki orbit atau lintasan berbentuk lonjong (elips) Sangat mudah terbakar, terutama bagian ekornya.


24. Apa nama bintang yang paling terang?

Jawaban:
Sirus adalah bintang paling terang. Nama ini diambil dari Bahasa Yunani dari kata “Seirios” yang artinya “berkilau”. Bintang ini ada di konstelasi Canis Mayor. Bintang ini diketahui penting bagi peradaban Mesir Kuno dan Jazirah Arab yang menjadi tanda banjir tahunan di Sungai Nil.


25. Apa galaksi tertua?

Jawaban:
Hingga pertengahan tahun 2022, galaksi tertua adalah objek yang didapatkan oleh teleskop angkasa Hubble yang bernama GN-z11 yang merupakan sebuah galaksi dengan redshift yang tinggi pada konstelasi Ursa Mayor. Galaksi ini diperkirakan sudah berusia 400 juta tahun.


26. Galaksi apa yang terkecil?

Jawaban:
Untuk nama-nama galaksi terkecil di alam semesta adalah galaksi SagDIG.