Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

55 Quiz Materi Benda Langit Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Benda Langit

38. Meteor sebesar apa?

Jawaban:
Ukuran meteor umumnya hanya sebesar sebutir pasir, dan hampir semuanya hancur sebelum mencapai permukaan Bumi. Serpihan yang mencapai permukaan Bumi disebut meteorit. Hujan meteor umumnya terjadi ketika Bumi melintasi dekat orbit sebuah komet dan melalui serpihannya.


39. Meteor itu terbuat dari apa?

Jawaban:
Benda langit ini terbuat dari debu, batu, dan es. Para ilmuwan telah mengidentifikasi beberapa meteorit yang mungkin merupakan pecahan dari inti batu komet.


40. Mengapa disebut bintang jatuh?

Jawaban:
Karna meteor itu terbakar terlihat seperti seberkas sinar terang, sehingga sering disebut bintang jatuh.


41. Planet apa yang paling bagus?

Jawaban:
Ilmuwan NASA mendaulat Saturnus sebagai planet paling cantik di Tata Surya. Bukan tanpa alasan, Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut beranggapan bahwa 'kecantikan' Saturnus terpancar dari cincin yang mengelilinginya.


42. Planet Apa yang paling jauh dari Bumi?

Jawaban:
Neptunus juga merupakan planet terjauh di tata surya dari Bumi dan mengorbit pada jarak antara 4,3 miliar kilometer dan 4,7 miliar km dari Bumi


43. Planet apa yang sering disebut Bintang Kejora?

Jawaban:
Planet Venus dijuluki "bintang kejora" karena cahayanya yang begitu terang, sehingga bisa dilihat langsung dari Bumi seperti halnya bintang


44. Apakah langit termasuk benda mati?

Jawaban:
Benda langit termasuk BENDA MATI.


45. Di mana bintang tercipta?

Jawaban:
Proses Terbentuknya Bintang:
Temperatur bintang bervariasi mulai dari 22730 C sampai 52730 C. Sebagian besar bintang-bintang mempunyai massa antara 0,1 sampai 5 kali massa matahari. Bintang lahir di dalam awan debu dan tersebar di sebagian besar galaksi. Contohnya adalah Nebula Orion.


46. Apa yang ada di inti galaksi?

Jawaban:
Di sekitar pusat galaksi, terdapat benjolan tebal, atau dikenal dengan “bulge”, yang terdiri dari bintang, debu dan gas yang lebih rapat. Di luar benjolan inilah bintang-bintang menghuni lengan spiral yang lebih tipis, termasuk matahari


47. Apakah bulan itu bercahaya?

Jawaban:
Bulan bercahaya karena permukaannya memantulkan cahaya dari Matahari. Meski terkadang Bulan tampak bersinar sangat terang, bulan sebenarnya hanya memantulkan sekitar 3 hingga 12 persen sinar Matahari yang mengenainya.


48. Apa bahaya black hole?

Jawaban:
Meskipun strukturn cincinnya kecil, diameter black hole ini mencapai sekitar 69 juta km. Kabar baiknya, black hole ini sangat jauh, jaraknya sekitar 26.000 tahun cahaya sehingga tidak dianggap berbahaya.


49. Apa itu black hole dalam Islam?

Jawaban:
Black hole (lubang hitam) adalah merupakan singularitas, karena memiliki sifat-sifat yang bertentangan, waktu tidak ada lagi dan hukum alam tidak berlaku lagi, hal ini karena tidak terdapat gerakan atau perubahan.


50. Apakah langit itu Angkasa?

Jawaban:
Langit:ruang luas yg terbentang diatas bumi, tempat beradanya bulan, bintang, matahari, dan planet lain. Angkasa:lapisan udara yg melingkupi bumi.


51. Apa nama bintang terdingin?

Jawaban:
Bintang yang diberi nama Wise J085510.83-071442.5 ini diperkirakan memiliki suhu antara -48 derajat Celsius hingga minus 13 derajat Celsius.


52. Mengapa langit Berwarna hijau?

Jawaban:
Partikel air/es dalam badai dengan kedalaman dan kandungan air yang substansial akan menyebarkan cahaya biru. Ketika cahaya kemerahan di atmosfer menerangi tetesan air atau es berwarna biru di awan maka bakal tampak bersinar hijau.


53. Mengapa langit berwarna ungu?

Jawaban:
Langit ungu mungkin disebabkan oleh kurangnya molekul untuk menyebarkan warna dari mata kita.


54. Mengapa langit Berwarna Putih?

Jawaban:
Meski putih saat atmosfer cerah, awan akan berubah warna menjadi gelap ketika hujan hendak turun. Pengaruh warna awan tak luput dari cahaya yang dipancarkan oleh Matahari, yang merupakan bintang pusat tata surya. Sebaran cahaya Matahari yang merata, membuat penampilan putih dari awan yang begitu khas.


55. Apa itu awan merah?

Jawaban:
Warna kemerahan pada awan dan langit disekitarnya dikarenakan adanya pembiasan cahaya matahari oleh partikel - partikel yang ada di atmosfer, sehingga menghasilkan energi yang rendah, gelombang panjang, dan memunculkan warna kemerahan