Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

34 Quiz Materi Ekonomi Moneter Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Esai) Materi Ekonomi Moneter

24. Instrumen apa saja yang digunakan Bank Indonesia di bidang moneter?

Jawaban:
5 Instrumen Kebijakan Moneter
1. Kebijakan Pasar Terbuka (Open Market Operation)
2. Tingkat Bunga Diskonto (Discount Rate)
3. Cadangan Kas Minimal (Cash Ratio/Reserve Requirement) 
4. Pengawasan Kredit Selektif (Selective Credit Control)
5. Pembujukan Moral (Moral Suasion)


25. Mengapa pemegang otoritas moneter yang menaikkan suku bunga bank dapat menekan laju inflasi?

Jawaban:
Karena jumlah uang yang beredar di masyarakat semakin sedikit, maka kegiatan menaikkan tingkat suku bunga akan menekan laju inflasi.


26. Apa saja keuntungan yang diperoleh Indonesia dari adanya sistem moneter internasional yang stabil?

Jawaban:
Keuntungan yang diperoleh Indonesia dengan sistem moneter internasional yang stabil dimana sistem moneter internasional adalah: Mempromosikan perdagangan intersnasional dan investasi. Menciptakan disiplin kebijakan-kebijakan makro.


27. Mengapa pasar uang memiliki peran penting dalam implementasi kebijakan moneter?

Jawaban:
Pasar uang yang berkembang dengan baik membantu keberhasilan implementasi kebijakan moneter bank sentral. Melalui pasar uang bank sentral berada dalam posisi untuk mengontrol sistem perbankan dan dengan demikian mempengaruhi perdagangan dan industri.


28. Apa dampak positif dan negatif dari kebijakan moneter?

Jawaban:
Untuk dampak positif dari kebijakan ini adalah mampu untuk mengatur dalam pembuatan dan juga pengedaran Rupiah di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk dampak negative yang bisa didapatkan adalah apabila nantinya uang yang diedarkan ini jumlahnya sedikit, maka akan terjadi krisis ekonomi.


29. Bagaimana keterkaitan antara kebijakan moneter dengan upaya memacu kegiatan perekonomian?

Jawaban:
Kebijakan moneter merupakan salah satu bagian integral dari kebijakan ekonomi makro. Kebijakan moneter ditunjukan untuk mendukung tercapainya sasaran ekonomi makro, yaitu pertumbuhan ekonomi yang tinggi, stabilitas harga, pemerataan pembangunan, dan keseimbangan neraca pembayaran (Iswardono, 1997).


30. Dari berbagai macam instrumen kebijakan moneter manakah yang paling manjur dalam mengatasi masalah ekonomi?

Jawaban:
Dari berbagai macam instrumen saya akui bahwa yang paling manjur dalam mengatasi permasalahan ekonomi yaitu suku bunga acuannya. Suku bunga dikendalikan oleh BI. Mengapa manjur, karena pengendalian suku bunga tersebut akan berpengaruh pada keadaan pasca inflasi dan resesi, yang menjadi permasalahan makro.


31. Apa saja contoh dari kebijakan moneter?

Jawaban:
Contoh kebijakan moneter adalah melakukan pengendalian inflasi. Selain itu, contoh kebijakan moneter juga adalah dengan mengatur jumlah uang beredar di masyarakat. Hal ini mendorong dunia usaha untuk melakukan investasi baru, untuk meningkatkan kesempatan kerja.


32. Tujuan ekonomi moneter dan dapat diukur dengan apa saja?

Jawaban:
Adapun tujuan ekonomi moneter adalah untuk mencapai stablisasi ekonomi yang dapat diukur dengan kesempatan kerja. Dengan adanya kesempatan kerja atau lowongan pekerjaan maka makin besar dalam meningkatkan produksi, selain dapat meningkatkan produksi maka dapat juga membantu masyarakat yang menjadi pengangguran.


33. Apa yang dimaksud dengan teori ekonomi moneter?

Jawaban:
Teori moneter adalah berbagai pemikiran dan konsep tentang berbagai variabel moneter, seperti uang, tingkat bungan, jumlah uang beredar, dan sejenisnya. Disamping itu, pembicaraan dalam teori moneter juga tidak dapat dilepaskan dari variabel ekonomi lainnya seperti inflasi, pendapatan nasional maupun nilai tukar.


34. Apa yang dimaksud dengan Ekonomi Moneter ?

Jawaban:
Secara umum dapat dikatakan bahwa Ekonomi Moneter adalah bagian dari ilmu ekonomi yang secara khusus mempelajari sifat, fungsi, dan peranan serta pengaruh uang terhadap aktivitas perekonomian sebuah negara.