Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

21 Quiz Materi Farmakoterapi Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Farmakoterapi

15. Obat levodopa untuk penyakit apa?

Jawaban:
Levodopa adalah obat untuk meringankan gejala penyakit Parkinson, seperti tubuh gemetar, otot kaku, dan sulit bergerak.


16. Apa fungsi obat bromokriptin?

Jawaban:
Bromocriptine adalah obat untuk mengatasi kondisi terkait kadar hormon prolaktin yang terlalu tinggi (hiperprolaktinemia), misalnya prolaktinoma, galaktorea, dan kemandulan.


17. Timolol obat buat apa?

Jawaban:
Indikasi: untuk pengobatan peningkatan tekanan intra okular pada pasien dengan hipertensi okular atau glaukoma sudut lebar.


18. Kapan penggunaan Levotiroksin?

Jawaban:
Levotiroksin merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi hipotiroidisme atau dalam bahasa awam dikenal dengan penyakit gondok. Hipotiroidisme didefinisikan sebagai penyakit akibat penurunan produksi hormon tiroid sehingga tubuh kekurangan hormon tiroid.


19. Apa nama obat hipotiroid?

Jawaban:
Levothyroxine adalah obat untuk mengobati hipotiroidisme, yaitu kondisi rendahnya kadar hormon tiroid. Selain itu, obat ini juga digunakan dalam pengobatan koma miksedema. Obat ini hanya boleh digunakan berdasarkan resep dokter.


20. Apa yang dimaksud dengan profilaksis?

Jawaban:
Profilaksis berarti pencegahan infeksi dengan obat. Pajanan adalah peristiwa yang menimbulkan risiko penularan. Jadi profilaksis prapajanan (atau PPrP) berarti penggunaan obat untuk mencegah infeksi sebelum terjadi peristiwa yang berisiko.


21. Kapan pemberian profilaksis?

Jawaban:
Antibiotik profilaksis diberikan dalam dosis yang menunjukkan konsentrasi efektif sebelum kontaminasi bakteri intraoperatif. Pemberian yang dianjurkan adalah 30-45 menit sebelum insisi kulit (biasanya bersamaan dengan induksi anestesia). Berikan sesuai dengan dosis efektif.