Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

42 Quiz Materi Gaya Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Gaya

29. Apa akibat dari gaya tekan ke atas?

Jawaban:
Jika gaya tekan ke atas sama dengan berat benda maka benda akan diam, melayang atau terapung.


30. Mengapa permukaan benda dapat mempengaruhi nilai gaya gesek yang dihasilkan?

Jawaban:
Semakin kasar permukaan, maka nilai koefisien gesekan akan lebih besar, sehingga gaya gesekan akan bertambah. Sebaliknya, semakin halus permukaan, maka nilai koefisien gesekan akan berkurang, sehingga gaya gesekan akan berkurang.


31. Apa saja faktor yang mempengaruhi gaya pegas?

Jawaban:
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertambahan panjang pegas yaitu jenis bahan, diameter, jumlah lilitan dan suhu. Suhu adalah derajat panas suatu benda.


32. Gaya gesek dipengaruhi oleh apa saja?

Jawaban:
Besar kecilnya gaya gesek sangat dipengaruhi oleh permukaan benda yang bergesekan (kasar/ licin). Semakin licin permukaan gaya gesek semakin kecil, dan begitu pula dengan permukaan yang kasar. Semakin kasar permukaan gaya gesek semakin besar.


33. Apa yang termasuk gaya listrik?

Jawaban:
Gaya Listrik adalah gaya yang dihasilkan oleh muatan-muatan listrik. Gaya listrik misalnya terdapat pada sisir dan penggaris plastik yang telah digosok dengan rambut kering, sehingga dapat menarik sobekan kertas-kertas kecil.


34. Apa yang dimaksud dengan gaya tarik?

Jawaban:
Gaya tarik adalah gaya yang dihasilkan dari gerakan tarik menarik pada suatu benda.


35. Gaya gesek ada berapa?

Jawaban:
Ada dua jenis utama gesekan yaitu statis dan kinetis, menurut jurnal The Physics Teacher. Gesekan statis bekerja antara dua permukaan yang tidak bergerak relatif satu sama lain, sedangkan gesekan kinetis bekerja di antara benda-benda yang bergerak


36. Mengapa benda bisa jatuh?

Jawaban:
Semua benda yang jatuh atau dilemparkan ke atas maka akan jatuh ke bumi. hal tersebut terjadi adanya karena gaya gravitasi bumi. Gravitasi bumi adalah gaya yang menarik semua benda hidup atau benda tak hidup ke arah pusat bumi. Sedangkan secara umum arti gravitasi adalah tarik menarik dua benda yang memiliki massa


37. Jelaskan apa yang dimaksud dengan gaya berat?

Jawaban:
Gaya berat adalah gaya yang dipengaruhi oleh massa benda dan juga gaya gravitasi.


38. Gaya apa yang diberikan saat menimba air?

Jawaban:
Ketika menimba, kita menggunakan dua gaya, yaitu gaya otot dan gaya tarik. Gaya tarik dan gaya otot ini terjadi ketika kita menimba air.


39. Apa benda yang dapat kita gunakan untuk membuat gaya pegas?

Jawaban
1. Dinamometer
2. Shock-breaker
3. Per
4. Trampolin
5. Ketapel
6. Kasur
7. Karet


40. Apa saja manfaat gaya otot bagi manusia?

Jawaban:
Gaya otot bermanfaat membantu kita melakukan aktivitas sehari-hari seperti mengangkat, menarik, memukul, mendorong, melempar, mengikat suatu benda kita menggunakan gaya otot di tangan.


41. Apakah magnet termasuk gaya?

Jawaban:
Gaya magnet termasuk ke dalam gaya tak sentuh, yang terjadi karena adanya medan dari sebuah sumber gaya yang mempengaruhi benda di sekitarnya.


42. Apa yang dimaksud dengan gaya gesekan?

Jawaban:
Gesekan adalah suatu peristiwa yang terjadi akibat adanya kontak antara dua buah permukaan benda satu sama lain. Akibat gesekan ini, maka muncul gaya gesek yang melawan gerak benda atau arah kecenderungan benda akan bergerak