Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

60 Quiz Materi Mikroskop Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Mikroskop

41. Apa fungsi dari lengan mikroskop?

Jawaban:
Pegangan atau lengan mikroskop Berfungsi sebagai pegangan baik pada saat membawa atau memindahkan mikroskop.


42. Mengapa lensa objektif tidak boleh menyentuh kaca benda?

Jawaban:
Jangan sampai lensa objektif menyentuh/membentur gelas benda. Hal ini dapat menyebabkan lensa objektif tergores).


43. Bagaimana sejarah perkembangan mikroskop?

Jawaban:
Pada tahun 1590, Zacharias Janssen bersama dengan ayahnya, berhasil menciptakan sebuah mikroskop dengan menggunakan lensa cembung dan cekung untuk memperbesar tampilan benda-benda yang sangat kecil ukurannya. Kemudian pada tahun 1668, Campini seorang ilmuwan yang berasal dari Italia menyempurnakan penemuan ini.


44. Mengapa mikroskop menjadi alat yang penting untuk perkembangan ilmu sains?

Jawaban:
Mikroskop merupakan salah satu alat yang penting pada kegiatan laboratorium sains, khususnya biologi. Mikroskop merupakan alat bantu yang memungkinkan kita dapat mengamati obyek yang berukuran sangat kecil (mikroskopis). Hal ini membantu memecahkan persoalan manusia tentang organisme yang berukuran kecil.


45. Apa itu mikrometer objektif?

Jawaban:
Mikrometer obyektif atau mikrometer panggung terbuat dari kaca benda yang didalamnya terukir skala dengan ukuran tertentu. Biasanya terbagi menjadi sepuluh skala besar yang masing-masing skala berukuran 0,1 mm. masing-masing skala besar terbagi lagi masing-masing dengan dengan ukuran 0,01 mm.


46. Berapa ukuran mikrometer objektif?

Jawaban:
Mikrometer ini pada meja objektif. skala objektif yang sudah diketahui jarak antara masing-masing garisnya, biasanya jarak antar garis Mikrometer objektif (Mob) adalah 0,01 mm atau 10 ┬Ám.


47. Apa saja syarat tempat penyimpanan mikroskop?

Jawaban:
Mikroskop harus disimpan di tempat yang sejuk, kering, bebas debu, uap asam-basa. Lebih baik tempat penyimpanan mikroskop juga dilengkapi silica gel sehingga lingkungan tempat penyimpanan tidak lembap. Bagian-bagian mikroskop non optik bisa dibersihkan menggunakan kain flannel


48. Apa fungsi mikroskop medan gelap?

Jawaban:
Mikroskop medan gelap memiliki fungsi yang sama dengan mikroskop medan terang, yaitu untuk mengamati objek mikro


49. Mengapa mikroskop elektron tidak dapat digunakan untuk menyimpan objek yang masih hidup?

Jawaban: 
Karena, sebelum diamati, sampel yang digunakan perlu melewati tahap preparasi terlebih dahulu yang mengharuskan atau membuat objek tersebut dalam keadaan tidak hidup. Tahap preparasi dapat berupa pelapisan dengan logam, fiksasi kimia, dehidrasi, pembekuan, pelekatan, pengecatan, dll.


50. Mengapa pada saat menggunakan lensa objektif harus melihat ke samping?

Jawaban: 
Saat memindahkan lensa objektif dari perbesaran lemah ke perbesaran kuat perlu melihat ke samping. Hal ini bertujuan untuk menghindari gesekan dengan kaca objek atau pecahnya kaca objek atau spesimen


51. Mengapa pada saat mengeluarkan mikroskop dari lemari harus dalam keadaan tegak jelaskan?

Jawaban:
Saat mengeluarkan mikroskop harus dalam keadaan tegak agar bagian-bagian mikroskop tidak lepas dan jatuh. Memegang mikroskop pada lengan mikroskop dan dasar agar posisi mikroskop tegak dan kuat.


52. Apakah mikroskop termasuk media pembelajaran?

Jawaban:
Salah satu alat yang digunakan sebagai media pembelajaran dalam biologi yang cukup populer adalah mikroskop. Penggunaan mikroskop dalam pembelajaran dapat membantu mengoptimalkan pemahaman materi biologi.


53. Apa satuan mikrometer sekrup?

Jawaban:
Disebut mikrometer sekrup karena satuan ukurnya adalah milimeter (mm) dan penggunaan alatnya diputar layaknya sebuah sekrup.


54. Apakah peran mikroskop dalam pengklasifikasian makhluk hidup?

Jawaban:
Mikroskop digunakan dalam klasifikasi, untuk mengamati struktur suatu sel, jaringan, organ penyusun, hingga perkembangan suatu organisme sehingga mempermudah untuk mempelajari perbedaan dan penggolongan satu organisme dengan yang lainnya.


55. Apa itu meja preparat?

Jawaban:
Bagian dari mikroskop ini berfungsi sebagai tempat meletakkan objek pengamatan dengan dilengkapi capita tau penjapit agar preparat tidak bergeser.


56. Berapa skala utama mikrometer sekrup?

Jawaban:
Skala utama: memiliki skala terkecil dari skala utama yaitu 0,1 mm


57. Apa fungsi diafragma dari mikroskop?

Jawaban:
Diafragma adalah bagian mikroskop yang bertugas untuk menentukan jumlah cahaya masuk serta difokuskan ke objek. Letaknya ada di bagian bawah meja objek.


58. Apa fungsi dari revolver?

Jawaban:
Fungsi utama revolver adalah untuk mengatur perbesaran, pengecilan lensa objektif. Cara penggunaannya dengan cara memutarnya ke kanan atau ke kiri


59. Bagaimana cara mengatur fokus untuk memperjelas gambar yang dilihat pada mikroskop?

Jawaban:
Untuk memfokuskan objek yang dilihat dengan mikroskop perlu memutar tombol pengatur fokus agar tabung naik turun hingga objek terlihat jelas. Tombol pengatur fokus kasar dapat menaikan turunkan tabung dengan cepat sebaliknya tombol pengatur fokus halus dapat lebih lambat.


60. Apa fungsi pengatur kasar pada mikroskop?
Makrometer (tombol pengatur kasar), adalah tombol pengatur fokus bayangan dengan menaikturunkan tabung mikroskop dengan cepat.