Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

40 Quiz Materi Peristiwa Alam Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Peristiwa Alam

28. Apa saja yang harus kita lakukan jika terjadi bencana alam?

Jawaban:
TAHAP TANGGAP DARURAT
1. Menyelamatkan diri dan orang terdekat.
2. Jangan panik.
3. Untuk bisa menyelamatkan orang lain, anda harus dalam kondisi selamat.
4. Lari atau menjauh dari pusat bencana tidak perlu membawa barang-barang apa pun.
5. Lindungi diri dari benda-benda yang mungkin melukai diri.


29. Apa saja jenis jenis banjir?

Jawaban:
Jenis Jenis Banjir
1. Banjir Bandang
2. Banjir Air
3. Banjir Lumpur
4. Banjir Rob (Banjir Laut Air Pasang)
5. Banjir Cileunang


30. Peristiwa alam apa yang bisa dicegah?
Jawaban:
Peristiwa Alam Yang Dapat Di Cegah Adalah Banjir dan Tanah Longsor. Banjir dan Tanah Longsor Dapat Di Cegah Dengan Cara Reboisasi.


31. Bagaimana pengaruh peristiwa bencana alam itu terhadap kehidupan?

Jawaban:
Bencana alam dapat mengakibatkan dampak yang merusak pada bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan. Kerusakan infrastruktur dapat mengganggu aktivitas sosial, korban jiwa, kerusakan ekosistem, dan hilangnya tempat tinggal.


32. Apa dampak positif dari musim kemarau?

Jawaban:
Sisi positif musim kemarau bagi sektor pertanian adalah meningkatnya kualitas panen buah-buahan dari tanaman pohon meningkat. Hal ini karena saat kering proses pembungaan pada tanaman buah akan berlangsung dengan baik.


33. Apa itu fenomena litosfer?

Jawaban:
Litosfer merupakan tempat terjadinya berbagai fenomena alam. Seperti erupsi gunung api, gempa bumi, dan erosi. Litosfer juga disebut sebagai lapisan silikat karena mengandung banyak unsur silikat.


34. Peristiwa apa saja yang terjadi di stratosfer?

Jawaban:
Fenomena alam yang terjadi di lapisan stratosfer ialah pembentukan awan sirus. Suhu lingkungan yang sangat dingin menyebabkan awan sirus terbentuk dari kristal es. Keberadaan lapisan stratosfer sangat penting karena perannya sebagai tempat pembentukan lapisan ozon.


35. Apa saja contoh fenomena geosfer?

Jawaban:
Contoh fenomena geosfer adalah keanekaragaman hayati, keanekaragaman adat dan budaya, siklus air, aktivitas tektonik, banjir, dan longsor.


36. Apa itu bencana alam hidrologi?

Jawaban:
Bencana hidrometeorologi adalah bencana yang diakibatkan oleh aktivitas cuaca seperti siklus hidrologi, curah hujan, temperatur, angin dan kelembapan. Bentuk bencana hidrometeorologi berupa kekeringan, banjir, badai, kebakaran hutan, longsor, angin puyuh, gelombang dingin, hingga gelombang panas.


37. Bagaimana proses terjadinya bencana alam tsunami?

Jawaban:
Rangkaian gelombang yang menjalar dengan panjang gelombang dan periode sangat panjang yang disebabkan oleh terganggunya kestabilan air secara tiba-tiba akibat gempa bumi yang terjadi di bawah atau dekat permukaan dasar laut


38. Apa yang harus dilakukan jika kalian berada dalam perahu atau kapal di tengah laut dan saat itu terjadi tsunami?

Jawaban:
Jika sedang berada di dalam perahu atau kapal di tengah laut serta mendengar berita dari pantai telah terjadi tsunami, jangan mendekat ke pantai. Arahkan perahu ke laut. f. Jika gelombang pertama telah datang dan surut kembali, jangan segera turun ke daerah yang rendah. Biasanya gelombang berikutnya akan menerjang.


39. Fase bencana ada berapa?

Jawaban:
Secara garis besar terdapat empat fase manajemen bencana, yaitu: Fase Mitigasi: upaya memperkecil dampak negative bencana. Contoh: zonasi dan pengaturan bangunan (building codes), analisis kerentanan; pembelajaran public. Fase Preparadness: merencanakan bagaimana menaggapi bencana.


40. 4 Langkah mitigasi risiko?

Jawaban:
Ada 4 langkah yang bisa dilakukan sebagai mitigasi risiko:
1. Acceptance
2. Avoidance
3. Limitation
4. Transference