Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

39 Quiz Materi Sistem Tata Surya Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Sistem Tata Surya

27. Bintang di langit itu sebesar apa?

Jawaban:
Bintang juga memiliki ukuran yang luar biasa besar. Matahari, bintang yang terdekat dengan Bumi, diperkirakan memiliki diameter sekitar 130 juta kilometer (km). Kemudian luar sana ada pula bintang-bintang lain dengan ukuran ribuan kali lipat dari matahari.


28. Dimanakah letak sabuk asteroid di tata surya?

Jawaban:
Sabuk asteroid terletak di antara orbit planet Mars dan planet Jupiter.


29. Mengapa manusia tidak bisa tinggal di Bulan?

Jawaban:
Supaya kehidupan bisa muncul, sebuah benda langit juga harus memiliki kandungan oksigen di atmosfernya. Atmosfer Bulan tidak memiliki kandungan oksigen sehingga manusia dan makhluk hidup lain yang membutuhkan oksigen tidak akan bisa bertahan di sana.


30. Planet apa yang memiliki hari terpendek?

Jawaban:
Merkurius adalah planet terkecil di Tata Surya sekaligus yang terdekat dari Matahari. Periode revolusi planet ini merupakan yang terpendek dari semua planet di Tata Surya, yakni 87,79 hari.


31. Kenapa ada cincin di planet Saturnus?

Jawaban:
Tumbukan asteroid pada Bulan di Saturnus menyebabkan sisa-sisa dari material itu tertarik oleh gravitasi dan pada akhirnya membentuk cincin. Artinya, cincin planet Saturnus terbuat dari sisa-sisa material tumbukan asteroid.


32. Apa planet terindah?

Jawaban:
Planet tercantik di tata surya adalah Saturnus. Saturnus dikagumi keindahannya karena ribuan cincin cantik yang mengelilinginya. Selain itu, planet ini juga lebih kompleks dibandingkan planet lainnya


33. Apa yang dimaksud dengan matahari Sebutkan 4 lapisan matahari?

Jawaban:
Matahari adalah bola gas pijar yang sangat panas. Matahari terdiri atas empat lapisan, yaitu inti matahari, fotosfer, kromosfer, dan korona


34. Bagaimana bentuk orbit kita mengelilingi matahari?

Jawaban:
“Lintasan setiap planet ketika mengelilingi matahari, berbentuk elips, di mana matahari terletak pada salah satu fokusnya.


35. Apakah semua planet memiliki orbit?

Jawaban:
Semua planet bisa memiliki orbit pada bidang yang sama ini terkait dengan pembentukannya di dalam Tata Surya.


36. Apa yang dimaksud dengan asteroid itu?

Jawaban:
Asteroid adalah benda angkasa yang berupa pecahan kecil-kecil dan bergerak mengelilingi matahari. Pecahan kecil-kecil itu berupa batu dengan bentuk yang tidak beraturan. Asteroid disebut juga planet kecil atau planetoid. Ahli astronomi memperkirakan ada jutaan asteroid di angkasa.


37. Apa penyebab terjadinya asteroid?

Jawaban:
Asteroid terbentuk berawal dari sebuah planet yang terletak diantara orbit planet Mars dan planet Yupiter, tetapi terpecah oleh gaya gravitasi Yupiter. Ukuran planet Yupiter yang besar dan memiliki gaya gravitasi yang besar menjadi penyebab pecahnya planet itu. Pecahan - pecahan planet inilah yang membentuk asteroid.


38. Siapa penemu asteroid?

Jawaban:
Asteroid yang pertama kali ditemukan adalah Ceres pada tahun 1801 oleh Giuseppe Piazzi dan pada awalnya dipertimbangkan sebagai planet baru.


39. Apa satelit terbesar?

Jawaban:
Ganymede adalah satelit dan bulan terbesar di tata surya yang ukurannya lebih besar dari Planet Merkurius. Ganymede, satelit terbesar, mengorbit planet terbesar di tata surya, yakni Jupiter. Hari di Ganymede lebih dari tujuh hari di Bumi, jumlah waktu yang sama yang dibutuhkan Ganymede untuk mengorbit Jupiter.