Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Soal (Essay) Akuntansi Kecamatan dan Desa Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Akuntansi Kecamatan dan Desa

1. Apa itu akuntabilitas dalam desa?

Jawaban:
Akuntabilitas dalam pemerintah desa melibatkan kemampuan pemerintah desa untuk mempertanggungjawabkan kegiatan yang dilaksanakan dalam kaitannya dengan masalah pembangunan dan pemerintahan desa (Sumpeno; 2011:222). Pertanggungjawaban yang dimaksud adalah masalah yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan desa.


2. Apa sistem pembukuan yg diadakan desa?

Jawaban:
Pembukuan desa dilakukan dengan sistem single entry. Sarana pencatatan utama adalah buku kas umum yang berfungsi untuk merekam semua transaksi penerimaan dan pengeluaran kas. Selanjutnya untuk memilah rincian transaksi penerimaan dan pengeluaran berdasarkan jenis kegiatan dibuat buku kas pembantu kegiatan.


3. Apa tugas bendahara kecamatan?

Jawaban:
Menerima, menyimpan, menatausahakan, dan membukukan uang/surat berharga dalam pengelolaannya. Melakukan pengujian dan pembayaran berdasarkan perintah PPK. Menolak perintah pembayaran apabila tidak memenuhi persyaratan untuk dibayarkan.


4. Mengapa pemerintah desa harus bertanggung jawab dan transparansi dalam mengelola keuangan desa?

Jawaban:
Transparansi mutlak dilakukan pemerintah desa, agar kepercayaan publik dan warga akan penggunaan dana desa. Dan ada rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJMDes) yang memakan waktu hingga enam tahun


5. Apa itu Dana desa dan bagaimana regulasi pengadaan dana desa?

Jawaban:
Dana Desa merupakan salah satu pendapatan desa (terbesar) yang bersumber dari APBN dan disalurkan ke rekening kas desa melalui rekening kas daerah dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat