Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

19 Soal (Essay) Benda Langit Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Benda Langit

1. Apakah bulan termasuk benda langit?

Jawaban:
Bulan tergolong benda langit diferensiasi, yang secara geokimia memiliki komposisi kerak, mantel, dan inti yang berbeda dengan benda langit lainnya.


2. Apa saja yang ada di langit malam?

Jawaban:
Contoh Benda Langit yang Terlihat Pada Malam Hari:
1. Bulan
2. Bintang
3. Planet
4. Komet
5. Meteor
6. Asteroid


3. Apa nama benda untuk melihat benda langit?

Jawaban:
Teleskop merupakan suatu instrumen yang digunakan oleh manusia untuk melihat benda-benda angkasa, dimana kegunaannya ini ada dua, yaitu untuk mengumpulkan cahaya yang redup sehingga dapat terlihat lebih terang dan untuk memperbesar bayangan yang terlihat kecil atau jauh.


4. Langit itu terbuat dari apa?

Jawaban:
Langit terdiri dari banyak gas dan udara, dengan komposisi berbeda di tiap lapisannya. Langit sering terlihat berwarna biru ketika pagi maupun siang hari, karena udara membiaskan cahaya biru dari sinar matahari lebih banyak dibandingkan cahaya merah.


5. Apa ciri ciri benda langit?

Jawaban:
1. Tidak dapat memancarkan cahaya sendiri
2. Letaknya dekat dengan matahari
3. Berukuran kecil
4. Memiliki sedikit satelit atau tidak sama sekali, berbatu
5. Terestrial.
6. Sebagian besar terdiri atas mineral tahan api, seperti silikat yang membentuk kerak dan mantelnya, serta logam seperti besi dan nikel yang membentuk intinya.
7. Memiliki atmosfer yang cukup besar untuk menghasilkan cuaca
8. Memiliki kawah dan fitur permukaan tektonik. Seperti lembah retakan dan gunung berapi.


6. Apa nama nama bintang?

Jawaban:
10 Nama Bintang di Tata Surya
1. Sirius – Alfa Canis Mayoris
2. Canopus – Alfa Carinae
3. Alpha Centauri
4. Arcturus – Alfa Bootis
5. Vega – Alfa Lyrae
6. Capella – Alfa Aurigae
7. Rigel – Beta Orionis
8. Procyon – Alfa Canis Minoris
9. Achernar – Alfa Eridani
10. Betelgeuse – Alfa Orionis


7. Benda langit apa saja yang kita lihat di siang hari?

Jawaban:
Benda langit yang terlihat pada siang hari adalah:
1. matahari.
2. bulan.
3. bintang.


8. Matahari di langit ke berapa?

Jawaban:
Di langit pertama dipercaya sebagai Bulan, langit ke-2 ada Merkurius, langit ke-3 Venus, langit ke-4 Matahari, Mars di langit ke-5, Jupiter langit ke-6 dan Saturnus di langit ke-7. Dari sana kemudian lahir nama-nama hari dalam sepekan.


9. Apa bentuk bintang di langit?

Jawaban:
Bintang merupakan benda langit yang terdiri atas hidrogen dan beberapa helium. Nah, ternyata bentuk bintang di langit adalah seperti bola. Ini dikarenakan adanya gravitasi dari bintang tersebut.


10. Apa warna langit di siang hari?

Jawaban:
Sebenarnya warna langit di siang hari itu ungu. Tapi gelombang warna ungu bergerak lebih jauh dibandingkan gelombang warna biru, maka cahaya yang sampai ke mata kita adalah warna biru. Jadi, jika mata kita lebih sensitif, maka saat siang hari kita akan melihat bahwa sebenarnya warna langit itu ungu dan bukan biru.


11. Dari mana cahaya bintang itu?

Jawaban:
Bintang memancarkan cahayanya sendiri. Bintang memancarkan cahaya yang sangat terang karena reaksi fusi nuklir yang terjadi pada inti bintang. Pada inti bintang terjadi proses perubahan hidrogen menjadi helium dan mengalami proses pembakaran yang membuat bintang bercahaya.


12. Apa saja ciri-ciri meteor?

Jawaban:
Ciri-ciri Meteor adalah bersinar terang seperti bintang jatuh dalam ukuran yang kecil, seperti bintang jatuh dalam ukuran kecil. Ketika meteor yang jatuh dan memasuki atmosfer tidak habis dan sampai ke permukaan bumi, maka benda yang sampai di bumi disebut dengan meteorit.


13. Apa nama alat untuk melihat bintang?

Jawaban:
Para astronom mengamati langit menggunakan alat khusus yang akrab disebut teropong bintang atau teleskop.


14. Apa alat untuk melihat planet?

Jawaban:
Alat optik yang membantu kita melihat benda-benda langit yang sangat jauh adalah teleskop. Alat optik yang membantu kita melihat benda-benda langit yang sangat jauh adalah teleskop.


15. Bintang termasuk benda apa?

Jawaban:
Bintang adalah salah satu benda angkasa yang mampu menghasilkan cahaya, panas dan dapat terlihat di langit malam yang tidak berawan. Benda langit ini menjadi penghias langit malam yang gelap dengan kilauan cahayanya yang berkelap-kelip


16. Apakah komet benda langit?

Jawaban:
Komet adalah benda langit yang tersusun atas debu, batuan, dan es dan bergerak mengelilingi Matahari. Komet dikenal juga dengan bintang berekor. Benda langit ini merupakan sisa dari pembentukan tata surya sekitar 4,6 milyar tahun yang lalu


17. Apa nama bintang yang paling dekat dengan bumi?

Jawaban:
Proxima Centauri jadi bintang yang terdekat dengan Bumi dengan jarak 4,27 juta tahun cahaya. Sementara itu, Alpha Centauri A dan Alpha Centauri B memiliki jarak yang sama yakni sekitar 4,37 juta tahun cahaya


18. Apa nama bintang yang paling gelap?

Jawaban:
Bintang yang cahayanya paling redup pertama adalah horna atau yang disebut dengan HAT-P-38. Bintang ini terletak di rasi Triangulu, tepatnya terletak di dalam garis-garis pembentuk rasi, teman-teman. Dilansir dari International Astronomical Union, Horna memiliki magnitudo yang tampak sebesar 12,53.


19. Apa yang dimaksud dengan nebula?

Jawaban:
Nebula (dari bahasa Latin yang artinya "kabut"; jamak: nebulae atau nebulæ, dengan ligatur) adalah awan antarbintang yang terdiri dari debu, gas, dan plasma.