Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Soal (Essay) Biokimia Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Biokimia

1. Apa yang dimaksud dengan ilmu biokimia?

Jawaban:
Ilmu Biokimia adalah ilmu yang mempelajari tentang peranan berbagai molekul dalam reaksi kimia dan proses yang berlangsung dalam makhluk hidup.


2. Biokimia kerjanya apa?

Jawaban:
Ahli biokimia adalah orang yang bekerja di bidang penelitian komposisi dan proses kimia dari organisme hidup untuk meningkatkan pengetahuan terapan di bidang kedokteran atau industri.


3. Hal hal apa saja yang dibicarakan dalam biokimia?

Jawaban: 
Biokimia merupakan ilmu yang mempelajari struktur dan fungsikomponen seluler, seperti protein,karbohidrat, lipid, asam nukleat, danbiomolekul lainnya. Saat ini biokimia lebih terfokus secara khusus pada kimia reaksi termediasi enzim dan sifat-sifat protein


4. Apa sih manfaat mempelajari biokimia?

Jawaban: 
Tujuan mempelajari biokimia adalah untuk mempelajari hal kimia yang mendasari fenomena biologis. Dalam bahasannya, biokimia menyajikan proses bagaimana makhluk hidup itu melangsungkan kehidupannya dan bertahan hidup dengan proses kimia yang terjadi dalam tubuh.


5. Apa manfaat biokimia dalam bidang kesehatan?

Jawaban:
Dalam bidang kesehatan, biokimia mempunyai peranan dalam memecahkan masalah gizi, penyakit-penyakit akibat dari kurang gizi terutama pada anak-anak. Adapun salah satu penyebab dari kekurangan gizi adalah asupan makanan, infeksi penyakit.


6. Apa hubungan biokimia dengan biologi?

Jawaban:
Biokimia berkaitan erat dengan biologi molekuler yang mempelajari mekanisme molekuler dari fenomena biologi. Sebagian besar biokimia berhubungan dengan struktur, fungsi, dan interaksi makromolekul biologis, seperti protein, asam nukleat, karbohidrat, dan lipid.


7. Apa itu sel dalam biokimia?

Jawaban:
Sel adalah unit terkecil dari suatu sistem kehidupan, unit structural, dan fungsional dasar penyusun makhluk hidup. Setiap sel tersusun oleh membran sel dan sitoplasma yang berisi organel-organel sel.


8. Mengapa bidang farmasi harus mempelajari biokimia?

Jawaban: 
Dalam bidang kesehatan dan farmasi, kamu dapat memelihara kesehatan dengan adanya biokimia kamu dapat mencegah terjadinya penyakit dan mengobatannya dengan tepat.


9. Apa saja wilayah kajian yg termasuk ke dalam ruang lingkup biokimia?

Jawaban: 
Ruang lingkup biokimia meliputi kajian mengenai: struktur dan fungsi biomolekul di dalam sel, metabolisme dan bioenergetika, dan aliran informasi genetik dari generasi ke generasi


10. Apa saja senyawa biomolekul?

Jawaban:
Biomolekul terbagi menjadi empat jenis utama yaitu karbohidrat, lemak, protein, dan juga asam nukleat.


11. Apakah biokimia termasuk ilmu terapan?

Jawaban:
Biokimia, Biofisika, Bioteknologi dan paleaontologi merupakan cabang ilmu biologi yang merupakan kelompok ilmu campuran dan terapan.


12. Jelaskan apa yang dimaksud dengan biomolekul?

Jawaban:
Biomolekul merupakan senyawa organik yang dapat ditemukan pada tubuh makhluk hayati. pada umumnya biomolekul adalah senyawa yg berukuran relatif akbar, sebagai akibatnya beberapa jenis biomolekul termasuk makromolekul


13. Apa saja fungsi biomolekul?

Jawaban:
Karbohidrat untuk sumber energi, komponen pembentuk membran dan dinding sel; lipid untuk sumber energi, hormon, dan pembentuk sel; asam nukleat untuk faktor genetika, koenzim, pembawa energi, dan pengatur biosintesis protein.


14. Apakah DNA termasuk polimer?

Jawaban:
DNA merupakan sebuah polimer yang terdiri dari satuan-satuan berulang yang disebut nukleotida. Tiap-tiap nukleotida terdiri dari tiga komponen utama, yakni gugus fosfat, gula deoksiribosa, dan basa nitrogen (nukleobasa). Pada DNA, nukleobasa yang ditemukan adalah Adenina (A), Guanina (G), Sitosina (C) dan Timina (T).


15. Apakah DNA tergolong polimer?

Jawaban:
DNA mengandung informasi genetika yang diwariskan oleh keturunan dari suatu organisme; informasi ini ditentukan oleh barisan pasangan basa. Sebuah untai DNA mengandung gen, sebagai cetak biru organisme [1]. DNA membuat genom organisme [2]. DNA adalah polimer, lebih tepatnya, suatu himpunan dua polimer yang terbelit.


16. Apa yang dimaksud dengan biokimia gizi?

Jawaban:
Membahas proses dan regulasi fisiologi pencernaan, penyerapan, dan metabolisme zat gizi serta implikasinya terhadap kesehatan manusia. Fungsi vitamin dan mineral dalam proses metabolisme dibahas dengan fokus pada permasalahan gizi dan kesehatan di Indonesia.