Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal (Essay) Ekonomi Moneter Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Ekonomi Moneter

1. Apa saja yang mencakup ekonomi moneter?

Jawaban:
Singkatnya, ekonomi moneter berbicara mengenai “uang”. Seperti halnya pasar uang, mekanisme penciptaan uang, peranan uang, tingkat bunga, inflasi, hingga kebijakan moneter dan persoalan krisis keuangan.


2. Apa yang dimaksud dengan kebijakan moneter dan berikan contohnya?

Jawaban:
Kebijakan moneter adalah dibuat oleh bank sentral berdasarkan analisa dan masukan seperti tingkat inflasi, pertumbuhan ekonomi, investasi, perdagangan internasional, dan faktor lainnya. Contoh kebijakan moneter adalah pengendalian inflasi.


3. Mengapa kita harus mempelajari ekonomi moneter?

Jawaban:
Tujuan mempelajari ekonomi moneter adalah untuk mengetahui mekanisme penciptaan uang, tingkat bunga, pasar uang, sistem dan kebijakan moneter serta neraca pembayaran internasional serta menganalisis beberapa fenomena moneter dalam hubungannya dengan pengaruh kebijakan moneter terhadap kegiatan ekonomi.


4. Bagaimana penerapan kebijakan moneter?

Jawaban:
Dalam penerapannya, kebijakan moneter dilaksanakan melalui berbagai cara termasuk penyesuaian suku bunga, pembelian atau penjualan sekuritas pemerintah, dan mengubah jumlah uang tunai yang beredar dalam pasar.


5. Bagaimana peran sistem moneter dalam suatu negara?

Jawaban:
Fungsi sistem moneter 
a. Menyeleggarakan mekanisme lalu lintas pembayaran yang efisien sehingga mekanisme tersebut dapat dilakukan secara cepat, akurat dan dengan biaya yang relatif kecil.
b. Melakukan fungsi intermediasi guna mempercepat pertumbuhan ekonomi.


6. Apa manfaat dari kebijakan moneter?

Jawaban:
Tujuan utama kebijakan moneter adalah menjaga kestabilan ketersediaan uang suatu negara. Karena persediaan uang negara mempengaruhi berbagai aktivitas ekonomi, seperti inflasi, suku bunga bank, dan sebagainya.


7. Kapan kebijakan moneter dilakukan?

Jawaban:
Kebijakan moneter kontraktif adalah suatu kebijakan dalam rangka mengurangi jumlah uang yang beredar. Kebijakan ini dilakukan pada saat perekonomian mengalami inflasi.


8. Apa itu sistem moneter di Indonesia?

Jawaban:
Sistem moneter Indonesia adalah lembaga-lembaga atau institusi yang dapat menciptakan uang kartal, uang giral dan kuasi


9. Mengapa kebijakan moneter dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara?

Jawaban:
Kebijakan moneter dapat mempengaruhi tingkat pertumbuhan ekonomi, lapangan kerja, inflasi, dan nilai tukar mata uang suatu negara. Jika ekonomi menghadapi penurunan, bank sentral suatu negara akan berusaha untuk meningkatkan produksi, lapangan pekerjaan, dan permintaan konsumen dengan memotong suku bunga.


10. Bagaimana kebijakan moneter dapat memulihkan dan menstabilkan perekonomian di sebuah negara?

Jawaban:
Kebijakan moneter dapat memperbaiki posisi neraca perdagangan dan neraca pembayaran. Jika nilai tukar rupiah terhadap dolar melemah maka, harga-harga barang yang diproduksi di Indonesia akan menjadi lebih murah di pasar internasional, sehingga memperkuat daya saing dan meningkatkan jumlah ekspor.


11. Apakah kebijakan moneter dapat menjaga stabilitas ekonomi?

Jawaban:
Stabilitas perekonomian dapat terjaga sesuai dengan target yang direncanakan pemerintah melalui kebijakan moneter. Stabilitas perekonomian dapat terkendali dengan pengawasan jumlah penawaran uang yang tidak berlebihan, agar terhindar dari inflasi.


12. Apa dasar pemerintah membuat kebijakan moneter?

Jawaban:
Kebijakan moneter pada dasarnya merupakan suatu kebijakan yang bertujuan mencapai keseimbangan internal (pertumbuhan ekonomi yang tinggi, stabilitas harga, pemerataan pembangunan) dan keseimbangan eksternal (keseimbangan neraca pembayaran) serta tercapainya tujuan ekonomi makro