16 Soal (Essay) Farmakologi Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Farmakologi 

1. Apa yang dimaksud dengan farmakologi ?

Jawaban:
Berasal dari Bahasa Yunani "Pharmakon", Farmakologi adalah ilmu yang mempelajari penggunaan obat untuk diagnosa, pencegahan dan penyembuhan penyakit. Subjek ini telah dipelajari dari ribuan tahun yang lalu. Pada jaman dahulu, apoteker mempelajari obat-obatan dari bahan yang lebih alami seperti tanam-tanaman.


2. Farmakologi mencakup apa saja?

Jawaban:
Dalam Farmakologi ada beberapa ilmu yang terkait meliputi:Farmakognosi, Farmasi, Farmakope, Farmakodinamika, Farmakokinetika, Farmakoterapi, Toksikologi, dan Farmasi.


3. Apa perbedaan farmasi dengan farmakologi?

Jawaban:
Perbedaan antara farmakologi dan farmasi. Farmasi (apoteker) adalah seorang profesional kesehatan berlisensi yang menyiapkan, mengeluarkan, dan memberi nasihat tentang obat-obatan, sedangkan farmakologis adalah seorang ilmuwan yang meneliti obat-obatan baru.


4. 6 Langkah pemberian obat?

Jawaban:
Pemberian obat harus memperhatikan prinsip 6 benar pemberian obat di rumah agar aman bagi pasien yaitu sebagai berikut:
1. Benar Pasien
2. Benar Obat
3. Benar Dosis
4. Benar Waktu Pemberian
5. Benar Cara Pemberian Obat
6. Benar Kadaluarsa Obat


5. Bagaimana cara kerja obat dalam tubuh?

Jawaban:
Namun secara keseluruhan ada 7 cara kerja utama dari obat: Menstimulasi respon tubuh secara langsung melalui reseptor agonis. Menekan respon tubuh secara langsung melalui reseptor agonis. Mem-block/melawan respon tubuh dengan berikatan dengan reseptor namun tidak mengaktifkannya.


6. Apa itu ADME obat?

Jawaban:
Para ahli telah memberikan nama untuk empat tahap dasar perjalanan obat dalam tubuh: penyerapan/absorbsi, distribusi, metabolisme, dan ekskresi. Seluruh proses ini disingkat ADME.


7. Pemberian obat ada berapa?

Jawaban:
Berikut macam-macam rute pemberian obat: Diminum (oral) Diberikan melalui suntikan ke pembuluh darah (intravena), ke dalam otot (intramuskular), ke dalam ruang di sekitar sumsum tulang belakang (intratekal), atau di bawah kulit (subkutan) Ditempatkan di bawah lidah (sublingual) atau antara gusi dan pipi (bukal)


8. Clindamycin adalah obat untuk penyakit apa?

Jawaban:
Klindamisin atau clindamycin adalah obat untuk mengatasi berbagai infeksi bakteri, seperti infeksi pada paru, kulit, darah, organ reproduksi wanita, atau organ dalam. Perlu diketahui bahwa antibiotik tidak dapat digunakan untuk mengobati infeksi virus, seperti flu


9. Apakah clindamycin termasuk obat antibiotik?

Jawaban:
Clindamycin adalah antibiotik spektrum luas derivat linkosamid yang bekerja untuk mengobati infeksi anaerob, streptokokus, dan stafilokokus. Efek samping utamanya adalah menyebabkan diare terkait antibiotik, termasuk kolitis Clostridium difficile


10. Berapa hari minum clindamycin?

Jawaban:
Dewasa : Infeksi berat : 150 - 300 mg tiap 6 jam. Infeksi sangat berat : 300 - 450 mg tiap 6 jam. Anak : infeksi berat : 3 - 6 mg/kg BB tiap 6 jam tergantung pada tingkat keparahan infeksi. Durasi terapi setidaknya 10 hari berturut-turut.


11. Kuinolon obat apa?

Jawaban:
Quinolone adalah golongan obat antibiotik untuk mengatasi berbagai penyakit akibat infeksi bakteri.


12. Manakah yang merupakan antibiotika golongan kuinolon?

Jawaban:
Contoh antibiotik golongan quinolon antara lain: Ciprofloxacin. Levofloxacin. Moxifloxacin.


13. Bagaimana mekanisme kerja kuinolon?

Jawaban:
Kuinolon bekerja dengan meningkatkan konsentrasi enzim pemecah kompleks DNA ini sehingga menginhibisi proses replikasi DNA bakteri dan bahkan menyebabkan kematian sel.


14. Asam nalidiksat golongan apa?

Jawaban:
Asam nalidiksat (nalidixic acid) merupakan antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih. Asam nalidiksat termasuk dalam antibiotik golongan kuinolon.


15. Apa saja antibiotik yang masuk golongan fluorokuinolon?

Jawaban:
Contoh fluorokuinolon yang biasa diresepkan meliputi:
1. Ciprofloxacin / siprofloksasin.
2. Moxifloxacin / moxifloksasin.
3. Levofloxacin / levofloksasin.
4. Ofloxacin / ofloksasin.
5. Norfloksasin.


16. Untuk apa kegunaan obat ciprofloxacin?

Jawaban:
Ciprofloxacin adalah antibiotik untuk mengatasi berbagai penyakit akibat infeksi bakteri, seperti pneumonia, gonore, infeksi saluran kemih, infeksi prostat, atau infeksi mata. Obat ini juga bisa digunakan untuk mengobati antraks dan penyakit pes. Ciprofloxacin termasuk dalam obat antibiotik golongan quinolone.