Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

21 Soal (Essay) Farmakoterapi Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Farmakoterapi

1. Apa yang dimaksud dengan farmakoterapi?

Jawaban:
Farmakoterapi adalah sub ilmu dari farmakologi yang mempelajari tentang penanganan penyakit melalui penggunaan obat-obatan. Dalam ilmu ini obat-obatan digunakan untuk membuat diagnosis, mencegah timbulnya, dan cara menyembuhkan suatu penyakit.


2. Amitriptilin obat untuk penyakit apa?

Jawaban:
Amitriptyline termasuk dalam golongan obat antidepresan trisiklik. Obat ini bekerja dengan cara meningkatkan kadar zat kimia alami di otak yang berperan dalam menstabilkan suasana hati. Dengan begitu, gejala depresi akan mereda.


3. Doxepin obat golongan apa?

Jawaban:
Bentuk sediaan doxepine yang tersedia di Indonesia adalah krim dengan kandungan 5% doxepin hydrochloride. Doxepine termasuk ke dalam golongan antidepresan trisiklik.


4. Jelaskan apa itu anti koagulan dan mekanismenya?

Jawaban:
Antikoagulan adalah obat yang berfungsi mencegah penggumpalan darah. Obat ini digunakan untuk mengatasi atau mencegah penyumbatan pembuluh darah yang dapat membahayakan nyawa, seperti fibrilasi atrium, serangan jantung, penyakit jantung bawaan, stroke, deep vein thrombosis (DVT), atau emboli paru.


5. Obat warfarin untuk penyakit apa?

Jawaban:
Warfarin adalah obat pengencer darah yang berfungsi untuk mengatasi dan mencegah pembentukan gumpalan darah agar tidak semakin membesar dan menyumbat pembuluh darah. Obat ini diberikan pada pasien yang mengalami deep vein thrombosis (bekuan darah pada pembuluh darah kaki) dan emboli paru.


6. Efek samping apakah yang perlu diwaspadai pada pemberian urokinase?

Jawaban:
Mudah lebam atau mengalami pendarahan (mimisan, gusi berdarah, pendarahan dari luka, sayatan, kateter, injeksi jarum)


7. Desmopressin golongan obat apa?

Jawaban:
Desmopressin merupakan hormon buatan yang dapat mengganti kadar vasopressin yang rendah. Obat ini termasuk obat antidiuretik yang berfungsi mengontrol rasa haus dan buang air kecil, sehingga mencegah dehidrasi.