Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Soal (Essay) Konsumsi dan Investasi Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Konsumsi dan Investasi


1. Apa yang dimaksud dengan kegiatan konsumsi dan investasi?

Jawaban:
Konsumsi merupakan suatu kegiatan menghabiskan/mengurangi barang atau jasa dalam membutuhkan kebutuhan individu. Investasi adalah pengeluaran yang digunakan untuk meningkatkan kegiatan produksi di masa yang akan datang


2. Apa hubungan antara konsumsi dan investasi?

Jawaban:
Konsumsi, tabungan, dan investasi itu saling berhubungan. Apabila tingkat konsumsi tinggi, biasanya tingkat tabungan akan menjadi rendah, investasi pun ikut rendah karena tidak tersedia uang selain untuk konsumsi. Begitu juga sebaliknya ketika konsumsi turun, tabungan dan investasi akan bisa naik.


3. Faktor faktor apa saja yang mendorong konsumsi dan investasi?

Jawaban: 
1. Faktor intern, terdiri dari besarnya pendapatan, selera, komposisi keluarga (jumlah dan usia anggota keluarga), gaya hidup, dan kebiasaan.
2. Faktor ekstern, yaitu lingkungan masyarakat, kebijakan pemerintah, budaya masyarakat, harga-harga barang, dan perkembangan IPTEK.


4. Mengapa konsumsi masyarakat dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi?

Jawaban:
Hal ini dikarenakan apabila terjadi kenaikan konsumsi berarti permintaan terhadap barang dan jasa juga meningkat. Peningkatan permintaan barang dan jasa ini memaksa perekonomian untuk meningkatkan produksi barang dan jasa. Peningkatan produksi barang dan jasa akan menyebabkan peningkatan terhadap perekonomian.


5. Apa fungsi dari investasi?

Jawaban: 
Manfaat Investasi Jangka Panjang
1. Menghindarkan Kita dari Inflasi
2. Meningkatkan Nilai Uang
3. Menambah Sumber Penghasilan
4. Mendapatkan Efek Compounding
5. Mempersiapkan Kebutuhan Masa Depan
6. Pensiun Lebih Siap
7. Mencapai Financial Freedom


6. Apa yang dimaksud dengan konsumsi?

Jawaban: 
Konsumsi adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia dengan menggunakan serta mengurangi daya guna dari suatu barang maupun jasa yang memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup serta kepunahan manusia baik secara perlahan atau sekaligus.


7. Investasi berpengaruh terhadap PDB

Jawaban: 
Pendapatan nasional atau PDB sangat erat kaitannya dengan investasi. Investasi berupa penanaman modal yang meningkat akan berdampak positif pada proses produksi dalam bisnis yang semakin giat, kemudian juga akan berimbas pada meningkatnya konsumsi rumah tangga.


8. Apakah investasi dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi?

Jawaban:
Apabila investasi mengalami peningkatan maka akan meningkatkan perekonomian, hal ini diindikasikan kenaikkan investasi akan memicu pertumbuhan ekonomi karena peningkatan penanaman modal. Penanaman modal akan berakibat peningkatan produksi barang dan jasa di dalam perekonomian.


9. Apa saja contoh kegiatan konsumsi?

Jawaban:
Berikut contoh kegiatan konsumsi:
1. Membeli makanan dan minuman.
2. Membeli pakaian.
3. Menggunakan listrik.
4. Menggunakan jasa transportasi.


10. Jelaskan apa yang dimaksud dengan investasi?

Jawaban:
Investasi adalah salah satu faktor strategis dalam kegiatan perekonomian. Investasi juga biasa disebut dengan penanaman modal. Investasi adalah aktivitas penanaman uang atau modal (aset berharga) untuk tujuan memperoleh keuntungan. Pihak atau orang yang melakukan investasi disebut dengan investor.


11. Bagaimana peranan konsumsi dalam pertumbuhan ekonomi?

Jawaban:
Dalam sistem perekonomian, konsumsi memainkan peranan penting. Adanya konsumsi akan mendorong terjadinya produksi dan distribusi. Dengan demikian akan menggerakkan roda-roda perekonomian. Kegiatan dari konsumsi dapat dilakukan oleh rumah tangga keluarga, perusahaan, dan negara.


12. Pemegang saham dan investor apa bedanya?
Jawaban: 
Pemegang saham merupakan jenis investor yang menjadi pemangku kepentingan di satu dan atau lebih dari satu usaha. Investor merupakan istilah yang sangat luas, karena orang yang sudah berinvestasi di instrumen keuangan deposito dan atau rekening bank juga dikenal sebagai investor.


13. Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Investasi?

Jawaban:
1. Pendapatan per Kapita
2. Tren
3. Situasi Politik dan Keamanan
4. Situasi Industri dan Ekonomi
5. Kondisi Sarana dan Prasarana yang Tersedia


14. Apa saja jenis jenis konsumsi?

Jawaban:
Ada tiga jenis kegiatan konsumsi, yaitu kegiatan konsumsi rumah tangga, konsumsi perusahaan dan kegiatan konsumsi negara.