77 Soal (Essay) Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) dan Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Lembaga Keuangan Bukan Bank

1. Apa saja yang termasuk dalam lembaga LKBB?

Jawaban:
10 Lembaga Keuangan Bukan Bank di Indonesia
1. Pasar Uang
2. Pasar Modal
3. Pegadaian
4. Koperasi Simpan Pinjam
5. Dana Pensiun
6. Perusahaan Modal Ventura
7. Perusahaan Sewa Guna Usaha
8. Perusahaan Asuransi
9. Perusahaan Anjak Piutang
10. Financial Technology (Fintech)


2. Apa itu LKBB dalam ekonomi?

Jawaban:
Lembaga keuangan bukan bank adalah lembaga keuangan yang menghimpun dana dengan cara mengeluarkan surat berharga dan menyalurkannya ke dalam masyarakat. Proses penyaluran dapat terjadi secara langsung ataupun tidak langsung. Lembaga keuangan bukan bank bertujuan untuk membiayai investasi perusahaan-perusahaan.


3. Kenapa asuransi termasuk non bank?

Jawaban:
Sementara perlindungannya adalah uang pertanggungan yang bisa diklaim nasabah asuransi. Karena kegiatannya dalam penghimpunan dana itulah, perusahaan asuransi digolongkan sebagai lembaga keuangan non bank.


4. Mengapa masyarakat lebih memilih bertransaksi pada LKBB daripada LKB?

Jawaban:
Masyarakat kelas menengah ke bawah lebih suka menggunakan jasa lembaga keuangan bukan bank karena syarat yang diberikan untuk mendapatkan layanan jasa keuangan bukan bank lebih mudah dibandingkan bank, oleh sebab itu masyarakat menengah ke bawah lebih menyukai layanan jenis ini, ditambah lagi kemudahan yang ditawarkan


5. Apa kelebihan dan kekurangan lembaga keuangan non bank?

Jawaban:
Kelebihan lembaga keuangan bukan bank adalah lebih fokus hanya pada satu aspek saja sebagai contoh peusahaan asuransi kesehatan yang khusus menanggung kesehatan seseorang. Kekurangan lembaga keuangan bukan bank adalah tidak dapat menghimpun dana secara langsung dalam bentuk deposito, tabungan, dan giro


6. Apa karakteristik dari LKNB?

Jawaban:
Berikut adalah karakteristik lembaga keuangan non bank; 
1. ada perjanjian utang piutang, 
2. jaminan berupa benda bergerak, 
3. tertanggung membayar premi, 
4. jaminan utang terbatas pada benda yang diserahkan, 
5. pengalihan risiko dari tertanggung kepada penanggung


7. OJK mengawasi badan badan apa saja?

Jawaban:
Sektor keuangan yang diawasi OJK adalah meliputi kegiatan yang ada di sektor perbankan, pasar modal, hingga sektor industri keuangan non bank (IKNB) seperti asuransi, dana pensiun, lembaga pembiyaan, dan lembaga jasa keuangan lainnya.


8. Apa manfaat adanya lembaga jasa keuangan bukan bank bagi kehidupan masyarakat?

Jawaban:
Lembaga keuangan nonbank seperti perusahaan asuransi, leasing, pasar modal, maupun koperasi berfungsi menghimpun dana masyarakat dengan menerbitkan surat-surat berharga. Fungsi ini memungkinkan masyarakat menyimpan dana dalam bentuk nontunai yang lebih aman dan terjamin.


9. Apa latar belakang didirikannya lembaga keuangan bukan bank?

Jawaban:
Lembaga keuangan bukan bank bertujuan untuk membiayai investasi perusahaan-perusahaan. Pendirian lembaga keuangan bukan bank mulai dirintis pada tahun 1972. Keberadaan lembaga keuangan bukan bank merupakan bagian dari pengembangan pasar uang dan pasar modal.


10. Apa keuntungan gadai jika dibandingkan dengan kredit di perbankan?

Jawaban:
Lembaga pegadaian memiliki beberapa keunggulan dibandingkan lembaga keuangan bank atau lembaga keuangan bukan bank lainnya. Keunggulan tersebut yaitu: Proses memperoleh pinjaman uang relatif singkat, yaitu pada hari itu juga. Hal tersebut dikarenakan prosedur dalam lembaga pegadaian tidak berbelit-belit.


11. Apa perbedaan antara leasing dan kredit?

Jawaban:
Konsep dari leasing adalah pihak lessor memberikan hak guna atau hak pakai suatu aset kepada nasabahnya, sedangkan kredit atas suatu aset berarti nasabah sudah memiliki hak milik atas aset tersebut hanya saja, dia membelinya dengan cara mengangsur.


12. Apa dasar hukum leasing di Indonesia?

Jawaban:
Dasar Hukum: Peraturan Menteri Keuangan Nomor 84/PMK. 012/2006 Tahun 2006 tentang Perusahaan Pembiayaan; Keputusan Menteri Keuangan Nomor 1169/KMK.01/1991 Tahun 1991 tentang Kegiatan Sewa Guna Usaha (Leasing)


13. Bagaimana cara kerja leasing?

Jawaban:
Leasing adalah perusahaan pembiayaan menyewakan barang sewa guna kepada penyewa dengan jangka waktu yang sudah ditentukan, ketika penyewa tak mampu membayar, maka lessor dapat mengambil kembali barang sewa guna yang disewakan dari penyewa atau lessee.


14. Apa peranan asuransi dalam ruang lingkup kegiatan leasing?

Jawaban:
Tanggung jawab perusahan asuransi dalam proses leasing (sewa guna usaha) mobil adalah sebagai pihak dalam pejanjian leasing atau perjanjian pembiayaan konsumen, memberikan proteksi atau perlindungan bagi obyek leasing (mobil, truck dan alat berat) dan tanggung jawab dan perusahan asuransi adalah memberikan ganti rugi


15. Mengapa leasing purchase di dalam ijarah tidak diperbolehkan dalam Islam tolong jelaskan?

Jawaban:
Bila kontrak sewa-beli ini dibatalkan, maka hak milik barang terbagi antara milik penyewa dengan milik yang menyewakan. Dalam syariah, akad lease and purchase ini diharamkan karena adanya two in one (dua akad sekaligus-shafqatain fi al-shafqah) 


16. Bagaimana sebuah perusahaan asuransi dikatakan mendapatkan keuntungan dari usahanya tersebut?

Jawaban:
Dapat disimpulkan bahwa perusahaan asuransi mendapat keuntungannya dengan 'menjual' asuransi melebihi nilai yang diperlukan dan dengan cara melakukan peminjaman uang secara temporer dari konsumennya – yakni para nasabah alias pembayar premi – untuk kemudian diinvestasikan.


17. Apakah asuransi mampu menekan angka kerugian dari sebuah resiko?

Jawaban:
Asuransi memang tidak dapat menghentikan risiko yang mungkin menimpa Anda maupun keluarga dan aset Anda. Namun, jenis layanan yang satu ini mampu mereduksi atau mengurangi dampak kerugian yang timbul dari sebuah risiko.


18. Apakah asuransi bisa digunakan untuk mencari keuntungan oleh kedua belah pihak?

Jawaban:
Asuransi adalah sebuah bisnis dimana semua bisnis haruslah menguntungkan kedua belah pihak dalam hal ini perusahaan asuransi dan nasabahnya. Karena itulah meski perusahaan asuransi berusaha meraup untung sebanyak mungkin dari para pemegang polis. Namun, mereka juga tetap menyediakan manfaat penuh bagi para nasabah.


19. Apa peran LKBB untuk perekonomian Indonesia?

Jawaban:
Lembaga keuangan bukan bank atau disingkat LKBB merupakan kelompok lembaga yang berperan penting dalam perekonomian Indonesia. Sebagai salah satu lembaga keuangan di Indonesia, LKBB berperan sebagai penghimpun dana dengan mengeluarkan surat berharga yang kemudian didistribusikan kepada masyarakat.


20. Bagaimana lembaga keuangan non bank mendapatkan keuntungan?

Jawaban:
Keuntungan lembaga keuangan nonbank diperoleh dari hasil investasi dalam bentuk pinjaman pada nasabah, selisih dana yang dihimpun dari nasabah dan diinvestasikan, serta biaya-biaya administrasi atas jasa keuangan yang ditawarkan.


21. Koperasi termasuk dalam lembaga apa?

Jawaban:
Koperasi adalah salah satu lembaga keuangan non bank lainnya yang kegiatan usahanya menghimpun dan menyalurkan dana, salah satunya adalah layanan simpan pinjam. Berbeda dengan bank, koperasi pada dasarnya hadir atas kehendak beberapa orang yang kemudian tergabung sebagai anggotanya.


22. Apakah Reksa Dana termasuk lembaga keuangan bukan bank?

Jawaban:
Beberapa instrumen investasi pasar modal ini antara lain saham dan reksadana serta obligasi atau surat utang. Serta ada pula instrumen lainnya seperti ETF dan derivatif.


23. Kegiatan apa saja yang bisa dilakukan oleh lembaga keuangan non bank?

Jawaban:
Adapun kegiatan usaha yang dilakukan lembaga keuangan non bank yakni sebagai berikut: Menghimpun dana dari masyarakat dengan cara mengeluarkan surat-surat berharga. Menyediakan fasilitas kredit baik jangka panjang, maupun jangka menengah untuk perusahaan milik pemerintah maupun milik swasta.


24. Mengapa harus ada lembaga keuangan lain selain bank?

Jawaban:
Peran Lembaga Keuangan Bukan Bank yang terbilang penting adalah sebagai perantara dana pinjaman. Mereka bertindak sebagai perantara antara penabung akhir dan investor akhir. Mereka menjual sekuritas tidak langsung ke penabung dan membeli sekuritas primer dari investor.


25. Apa yang membedakan pegadaian dengan lembaga keuangan non bank lainnya?

Jawaban:
Perbedaan utama pegadaian dan bank adalah pegadaian memberikan pinjaman dengan jaminan barang milik peminjam, sedangkan bank menghimpun dana dari nasabah dan memberikan pinjaman kepada nasabah yang bisa diberikan tanpa barang jaminan.


26. Mengapa banyak masyarakat lebih memilih meminjam kredit di lembaga pegadaian?

Jawaban:
Berdasarkan hasil kuesioner alasan utama nasabah menggunakan pegadaian adalah untuk modal usaha karena prosesnya yang mudah dan cepat.