Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

20 Soal (Essay) Mikroskop Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Mikroskop

1. Apa yang dimaksud dengan mikroskop?

Jawaban:
Mikroskop merupakan alat bantu yang memungkinkan kita dapat mengamati obyek yang berukuran sangat kecil. Hal ini membantu memecahkan persoalan manusia tentang organisme yang berukuran kecil.


2. Apa fungsi dari mikroskop?

Jawaban:
Fungsi mikroskop sendiri utamanya adalah untuk melihat serta mengamati objek -objek yang memiliki ukuran sangat kecil yang tidak dapat dilihat hanya dengan menggunakan mata telanjang. Beberapa jenis mikroskop juga dibuat agar dapat mengamati objek dengan menghasilkan bayangan yang lebih detail.


3. Apa saja yang ada di mikroskop?

Jawaban:
Bagian Mikroskop:
1. Lensa Okuler
2. Lensa Objektif
3. Reflektor
4. Kondensor
5. Tabung Mikroskop
6. Revolver
7. Penjepit Objek
8. Diafragma
9. Meja Objek
10. Lengan dan Kaki Mikroskop
11. Sendi Inklinasi


4. Mikroskop dibagi menjadi berapa?

Jawaban:
Ada dua jenis mikroskop berdasarkan pada kenampakan obyek yang diamati, yaitu mikroskop dua dimensi (mikroskop cahaya) dan mikroskop tiga dimensi (mikroskop stereo). Sedangkan berdasarkan sumber cahayanya, mikroskop dibedakan menjadi mikroskop cahaya dan mikroskop elektron.


5. Berapa banyak perbesaran mikroskop?

Jawaban:
Perbesaran lensa objektif dapat diatur di revolver dengan perbesaran 5×, 10×, 20×, 50×, atau 100×. Sedangkan lensa okuler adalah lensa yang digunakan untuk tempat mata pengamat untuk mengamati objek. Perbesaran lensa okuler dapat disesuaikan kebutuhan dengan perbesaran 5×, 6×, 10× dan 15×.


6. Bagaimana cara merawat mikroskop?

Jawaban:
Cara merawat Mikroskop
1. Mikroskop harus disimpan di tempat sejuk, kering, bebas debu dan bebas dari uap asam dan basa. Tempat penyesuaian yang sesuai ialah kotak mikroskop yang dilengkapi dengan silica gel, yang bersifat higroskopis, sehingga lingkungan sekitar mikroskop tidak lembab. 
2. Bagian mikroskop non optik, terbuat dari logam atau plastik, dapat dibersihkan dengan menggunakan kain fanel. Untuk membersihkan debu yang terselip di bagian mikroskop tersebut dapat digunakan kuas kecil atau kuas lensa kamera.
3. Lensa-lensa mikroskop (okuler, objektif, dan kondensor) dibersihkan dengan menggunakan tisue lensa yang diberi alkohol 70%. Jangan membersihkan lensa menggunakan sapu tangan atau lap kain.
4. Sisa minyak imersi pada lens objektif dapat dibersihkan dengan xilol (xylene). Pada penggunaan xilol haruslah hati-hati, jangan sampai cairan xilol menempel pada bagian mikroskop non optik, karena akan merusak cat atau merusak bahan plastik, dan juga jangan menggunakan larutan ini kebagian lensa yang lain kecuali produsennya menyatakan bahwa tindakan tersebut aman.
5. Sebelum menyimpan mikroskop, bersihkan selalu mikroskop tersebut, terutama hapus semua minyak imersi di permukaan lensa, sehingga partikel yang halus tidak menempel dan menggumpal serta mengering. Minyak dan partikel halus pada lensa dapat mengaburkannya dan menyebabkan goresan. Hal ini menurunkan kemampuan lensa. Preparat yang tertinggal di atas meja mikroskop merupakan pertanda jelas suatukelalaian/kecerobohan.
6. Sebelum menyimpan mikroskop, meja mikroskop diatur lagi dan lensa objektif dijauhkan dari meja preparat dengan memutar alat penggeraknya ke posisi semula, kondensor diturunkan kembali, lampu dikecilkan intensitasnya lalu dimatikan (kalau mikroskop listrik).


7. Langkah langkah menggunakan mikroskop?

Jawaban:
Berikut adalah langkah-langkah menggunakan mikroskop:
1. Memasang lensa okuler.
2. Memasang makrometer.
3. Memutar lensa objektif.
4. Mengatur kondensor.
5. Memutar cermin ke arah sumber cahaya.
6. Letakkan preparat diatas meja preparat.
7. Posisikan lensa objektif diatas preparat.
8. Memutar makrometer.


8. Apa fungsi sumber cahaya pada mikroskop?

Jawaban:
Mikroskop jenis ini memanfaatkan cahaya matahari sebagai sumber cahaya alami untuk energi utama melakukan pengamatan. Meski demikian, mikroskop cahaya bisa juga menggunakan cahaya lampu sebagai cahaya buatan untuk membantu pengamatan.


9. Bagaimana cara virus bisa diamati?

Jawaban:
Ukuran virus sekitar 10 -300 milimikron, karena ukurannya sangat kecil virus hanya dapat diamati dengan cara: observasi langsung menggunakan mikroskop elektron, filtrasi melalui selaput kolodion yang mempunyai porositas bertingkat, sedimentasi dalam ultrasentrifugasi, dan pengukuran


10. Apa fungsi dari meja mikroskop?

Jawaban:
Meja kerja atau meja mikroskop adalah bagian mikroskop yang berfungsi untuk meletakkan objek yang diamati.


11. Apa fungsi Makrometer di mikroskop?

Jawaban:
Makrometer berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan badan mikroskop dengan cepat. Mikrometer atau pemutar halus berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan badan mikroskop dengan lambat. Lengan mikroskop berfungsi sebagai tempat untuk memegang mikroskop ketika memindahkan mikroskop.


12. Mikroskop membentuk bayangan apa?

Jawaban:
Bayangan yang dibentuk oleh lensa objektif bersifat nyata, terbalik dan diperbesar, sedangkan bayangan yang dibentuk oleh lensa okuler bersifat maya, tegak, dan diperbesar maka bayangan akhir yang dibentuk adalah maya, terbalik dan diperbesar.


13. Apa kelebihan mikroskop elektron?

Jawaban:
Kelebihan mikroskop elektron adalah gambar yang ditampilkan jauh lebih jelas dari mikroskop cahaya dengan resolusi yang lebih bagus, serta pembesaran yang dilakukan juga lebih besar.


14. Berapa lensa yang digunakan pada mikroskop?

Jawaban:
Mikroskop cahaya menggunakan tiga jenis lensa, yaitu lensa obyektif, lensa okuler, dan kondensor. Lensa objektif dan lensa okuler terletak pada kedua ujung tabung mikroskop sedangkan penggunaan lensa okuler terletak pada mikroskop bisa berbentuk lensa tunggal (monokuler) atau ganda (binokuler).


15. Apa yang dinamakan Makrometer?

Jawaban:
Makrometer adalah salah satu bagian mikroskop yaitu sebagai pemutar kasar yang berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan tabung mikroskop secara cepat.


16. Apa itu revolver pada mikroskop?

Jawaban:
Revolver. Revolver adalah tuas penyangga lensa objektif. Fungsi utama bagian ini untuk mempermudah pengaturan nilai pengamatan dari mikroskop.


17. Lensa objektif ada berapa?

Jawaban:
Lensa Objektif, yaitu lensa yang dekat dengan objek. Biasanya terdapat 3 lensa objektif pada mikroskop, yaitu dengan perbesaran 10, 40, atau 100 kali.


18. Bagaimana sifat bayangan akhir pada mikroskop?

Jawaban:
Bayangan akhir yang dihasilkan mikroskop merupakan bayangan yang dihasilkan lensa okuler yang memiliki sifat maya, terbalik, dan diperbesar.


19. Apa fungsi dari kaki mikroskop?

Jawaban:
Fungsi kaki mikroskop adalah Menopang atau menyangga mikroskop.


20. Bagaimana Membedakan lensa objektif dan lensa okuler?

Jawaban:
Walaupun bayangan pada lensa objektif adalah bayangan langsung dari objek, namun bayangannya masih terbalik. Itulah fungsi dari lensa okuler yang akan bersifat seperti “cermin”, yaitu lensa okuler memiliki sifat bayangan maya dan tegak.