Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

40 Soal (Essay) Peristiwa Alam Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Peristiwa Alam

1. Apa peristiwa alam?

Jawaban:
Bencana alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam antara lain berupa gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor.


2. Apa saja bentuk fenomena alam Sebutkan contohnya?

Jawaban:
fenomena alam: gempa bumi, gunung berapi, banjir, tsunami, kebakaran hutan, letusan gunung api, cuaca, pembusukan, badai, bumi terbelah.


3. Apa saja tiga jenis bencana alam?

Jawaban:
Bencana alam ada banyak sekali jenisnya, namun secara umum dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu bencana alam geologi, bencana alam, meteorologi, dan bencana alam ekstra-terestial.


4. Apakah hujan Termasuk fenomena alam?

Jawaban:
Hujan termasuk suatu bentuk gejala alam yang dapat kita saksikan dalam kehidupan sehari-hari. Hujan merupakan hasil pengendapan berwujud cair. Ada pula pengendapan yang berwujud padat seperti salju, es, atau aerosol (embun dan kabut). Pengendapan tersebut terjadi dalam siklus tertentu.


5. Apakah banjir termasuk bencana alam?

Jawaban:
Pengertian Banjir adalah fenomena alam yang terjadi di kawasan yang banyak dialiri oleh aliran sungai. Sedangkan secara sederhana, banjir didefinisikan sebagai hadirnya air suatu kawasan luas sehingga menutupi permukaan bumi kawasan tersebut.


6. Apa Penyebab tsunami di Indonesia?

Jawaban:
Gempa bumi Merupakan salah satu penyebab utama terjadinya tsunami. Gempa merupakan pergerakan lempeng yang memungkinkan terjadinya gesekan atau tumbukan antarlempeng. Sehingga salah satu lempeng mengalami kenaikan dan yang lainnya penujaman. Magnitudo gempanya lebih dari 6 SR (skala Richter)


7. Apa itu bencana non alam dan contohnya?

Jawaban:
Bencana Non Alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa non alam yang antara lain berupa gagal teknologi, gagal modernisasi, epidemic dan wabah penyakit.


8. Apa itu fenomena tsunami?

Jawaban:
Tsunami merupakan gelombang air laut besar yang dipicu oleh pusaran air bawah laut karena pergeseran lempeng, tanah longsor, erupsi gunungapi, dan jatuhnya meteor. Tsunami dapat bergerak dengan kecepatan sangat tinggi dan dapat mencapai daratan dengan ketinggian gelombang hingga 30 meter


9. Apakah pelangi merupakan fenomena alam?

Jawaban:
Pelangi di langit adalah fenomena alam yang biasanya terjadi setelah hujan reda. Kemunculan pelangi di langit tidak bisa diprediksi. Secara umum, pelangi muncul karena terjadi pembiasan cahaya oleh tetes air


10. Apa saja bencana alam yang disebabkan manusia?

Jawaban:
Terjadinya bencana alam sebagian besar diakibatkan manusia yang menganiaya alam. Seperti pengundulan hutan, pencemaran udara hingga buang sampah sembarangan. Banjir, kebakaran hutan, tanah longsor, angin topan, dan gunung meletus setiap hari selalu menghiasi pemberitaan di media massa.


11. Apa yang menyebabkan gempa bumi?

Jawaban:
Gempa bumi tektonik disebabkan oleh pelepasan tenaga yang terjadi karena pergeseran lempengan plat tektonik seperti layaknya gelang karet ditarik dan dilepaskan dengan tiba-tiba. Tumbukan meteor atau asteroid yang jatuh ke Bumi juga dapat menyebabkan gempa, dikenal juga dengan gempa tumbukan


12. Mengapa tsunami berbahaya?

Jawaban:
Dengan kecepatan tinggi dan hanyutnya benda-benda yang berat, arus tsunami memiliki energi tinggi yang dapat menghancurkan atau merusak bangunan-bangunan di daerah pesisir.


13. Apa saja mitigasi bencana alam?

Jawaban:
Mitigasi adalah langkah yang juga dilakukan sebelum bencana terjadi. Contoh kegiatannya antara lain membuat peta wilayah rawan bencana, pembuatan bangunan tahan gempa, penanaman pohon bakau, penghijauan hutan, serta memberikan penyuluhan dan meningkatkan kesadaran masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana.


14. Apa saja macam macam tsunami?

Jawaban:
Jenis-Jenis Tsunami:
Tsunami Lokal
2. Tsunami Regional
3. Tsunami Jarak Jauh
4. Tsunami Meteorologi (meteotsunami)
5. Microtsunami.