Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

45 Soal (Essay) Perpindahan Panas Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Perpindahan Panas (Kalor)

1. Proses perpindahan panas ada 3 macam apa saja jelaskan?

Jawaban:
1. Konduksi adalah proses perpindahan kalor tanpa disertai perpindahan bagian-bagian zat itu. 
2. Konveksi adalah perpindahan kalor melalui zat penghantar yang disertai dengan perpindahan bagian-bagian zat itu. 
3. Radiasi adalah perpindahan kalor tanpa memerlukan zat perantara


2. Apa saja contoh konveksi?

Jawaban:
Contoh Konveksi
a. Gerakan naik dan turun air ketika dipanaskan. 
b. Gerakan naik dan turun kacang hijau, kedelai, dan sebagainya ketika dipanaskan. 
c. Terjadinya angin darat dan angin laut.


3. Apa itu peristiwa konveksi?

Jawaban:
Konveksi adalah perpindahan kalor dari satu tempat ke tempat lain bersama dengan gerak partikel-partikel bendanya. Air merupakan konduktor yang buruk. Namun, ketika air bagian bawah dipanaskan ternyata air bagian atas juga ikut panas. Berarti, ada cara perpindahan panas yang lain pada air tersebut, yaitu konveksi


4. Apa contoh peristiwa radiasi?

Jawaban:
Contoh Perpindahan Radiasi:
Matahari terik di siang hari terasa panas walaupun matahari berjarak sangat jauh dari kita. Menghangatkan tubuh dekat sumber api. Memanaskan makanan dengan microwave. Panas dari bola lampu


5. Apa contoh perpindahan kalor secara konduksi?

Jawaban:
Contoh dari konduksi adalah setrika (aluminium) dengan pakaian dan gagang wajan (plastik) saat memasak. Setrika memiliki bahan dasar aluminium yang memudahkan panas berpindah ke pakaian. Sedangkan gagang wajan dari plastik tidak memindahkan panas ke tangan juru masak


6. Apa saja yang menjadi penyebab terjadinya perpindahan panas?

Jawaban:
Penentu terjadinya perpindahan panas ialah adanya perbedaan suhu. Arah perpindahan panas dimulai dari media dengan suhu tinggi menuju ke media dengan suhu yang lebih rendah. Perpindahan panas dapat terjadi dengan satu proses tunggal maupun proses ganda.


7. Apa nama lain dari konduksi?

Jawaban: 
Nama lain dari konduksi adalah​ hantaran (difusi) karena konduksi dapat menghantarkan panas dengan baik. Biasanya panas yang dihantarkan melalui zat padat, tetapi zat tersebut tidak mengalami perpindahan


8. Apa saja ciri ciri perpindahan kalor secara konduksi?

Jawaban:
Membutuhkan zat perantara (medium) Harus bersentuhan. Terjadi pada zat padat. Perpindahan kalor tidak diikuti zat perantaranya.


9. Apa yang dimaksud dengan konduksi dan berikan contohnya?

Jawaban:
Konduksi adalah perpindahan energi panas melalui suatu zat penghantar tanpa disertai perpindahan zat perantaranya. Contoh : Bila sendok digunakan mengaduk segelas kopi panas, lama kelamaan sendok akan menjadi panas. Setrika yang panas diletakkan diatas baju, maka baju juga akan menjadi panas.


10. Apa perbedaan utama perpindahan panas secara konduksi dan radiasi?

Jawaban:
Radiasi dengan perpindahan panas secara konduksi adalah panas secara radiasi tidak memerlukan zat perantara, sedangkan konduksi memerlukan zat perantara berupa benda logam.


11. Bagaimana proses perpindahan panas secara radiasi?

Jawaban:
Perpindahan ini bisa terjadi karena adanya gelombang elektromagnetik. Karena melibatkan gelombang elektromagnetik maka perpindahan kalor jenis ini tidak melibatkan partikel. Perpindahan panas secara radiasi tidak membutuhkan perantara seperti konveksi dan konduksi


12. Apa gejala alam yang terjadi peristiwa konveksi?

Jawaban:
Peristiwa alam ter- jadinya angin darat dan angin laut merupakan akibat perpindahan panas secara konveksi. Peristiwa alam angin darat dan angin laut merupakan salah satu contoh fenomena alam perpindahan panas secara konveksi.


13. Bagaimanakah keadaan air yang mengalami konveksi kalor?

Jawaban:
Proses konveksi terjadi pada air. Air yang terkena panas terlebih dahulu adalah air yang berada di bagian bawah. Air yang dingin memiliki kepadatan lebih tinggi dibanding air panas. Sehingga air dingin akan ke bawah dan air panas bergerak ke atas.


14. Apa ciri ciri perpindahan kalor radiasi?

Jawaban:
Ciri-ciri perpindahan kalor secara radiasi: Radiasi adalah panas tanpa melalui zat perantara, Hanya membutuhkan medium berupa gas.


15. Mengapa zat padat tidak dapat mengalami perpindahan kalor secara konveksi?

Jawaban:
Perambatan kalor secara konveksi tidak terjadi dalam zat padat karena zat padat memiliki sifat partikel yang rapat dan gaya tarik antar molekul yang sangat kuat.