Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Soal (Essay) Planet Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Planet

1. Siapa yang menamakan planet?

Jawaban:
Saat bangsa Romawi mempelajari astronomi Yunani, mereka memberi nama planet sesuai nama dewa-dewanya sendiri: Mercurius (untuk Hermes), Venus (Afrodit), Mars (Ares), Iuppiter (Zeus), dan Saturnus (Cronus).


2. 8 planet apa saja?

Jawaban:
Dari hasil resolusi IAU tersebut menjadikan Tata Surya secara resmi memiliki delapan buah planet, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.


3. Apa nama planet terakhir?

Jawaban:
Planet terakhir dalam tata surya adalah Neptunus


4. Planet Pluto itu apa?

Jawaban:
Dari 1930 hingga 2006, Pluto merupakan planet kesembilan di tata surya kita. Sekarang mungkin telah mendengar bahwa Pluto bukan lagi sebuah planet. Sebenarnya tidak ada yang berubah dari Pluto, tetapi yang berubah adalah definisi dari planet.


5. Apa nama planet pertama?

Jawaban:
Merkurius merupakan planet pertama dan paling dekat dengan matahari


6. Apa planet ke 6?

Jawaban:
Planet ke-6 di tata surya kita ini planet Saturnus.


7. Dari Mana Asal nama bumi?

Jawaban:
Istilah populer modern lainnya untuk bumi berasal dari bahasa Latin, yaitu Terra yang berarti tanah. Kata Terra itu kemudian melahirkan kata-kata bahasa Inggris modern Terrestrial, Subterranean, Extraterrestrial, dan lainnya.


8. Kemana perginya planet Pluto?

Jawaban:
Planet Pluto sendiri kehilangan atmosfer yang membuatnya perlahan mati. Hal itu karena para ilmuwan menyadari bahwa planet kerdil di tata surya kita sedang mengalami perubahan yang menyebabkan atmosfer Pluto menghilang.


9. Apa planet terpanas di tata surya?

Jawaban:
Planet Terpanas di Tata Surya. Panasnya Venus melebihi panas planet Merkurius yang letaknya terdekat dari Matahari. Suhu di permukaan Venus mencapai 462 derajat Celcius, karena banyaknya kandungan karbon dioksida dan sulfur pada atmosfer Venus membuat panas terperangkap di dalam atmosfer


10. Planet apa yang paling besar di dunia?

Jawaban:
Jupiter adalah planet terbesar di tata surya kita. Memiliki diameter 142.984 km, 


11. Planet terbentuk dari apa?

Jawaban:
Menurut pemahaman manusia modern saat ini, bintang dan planet-planet terbentuk dari awan debu dan gas yang runtuh yang disebut nebula. Ketika nebula runtuh ke dalam gravitasinya sendiri, ia akan menarik materi-materinya sehingga terkompresi dan, pada gilirannya, akan memanas. memadat, dan membentuk bintang muda baru


12. Apakah planet yang paling kecil?

Jawaban:
Merkurius adalah planet terdekat dengan matahari dan planet terkecil di tata surya kita. Planet tersebut memiliki diameter sekitar 3.032 mil (4.880 kilometer) dan berukuran kurang dari setengah ukuran Bumi


13. Apa planet terindah?

Jawaban:
Planet tercantik di tata surya adalah Saturnus. Saturnus dikagumi keindahannya karena ribuan cincin cantik yang mengelilinginya. Selain itu, planet ini juga lebih kompleks dibandingkan planet lainnya


14. Kenapa Neptunus dingin?

Jawaban:
Jika dilihat dari letak planet di Tata Surya, mungkin Neptunus bakal menjadi planet terdingin karena lokasinya menjadi yang paling jauh dari pancaran sinar Matahari.


15. Berapa kali planet sejajar?

Jawaban:
Akan ada enam benda langit yang berada segaris atau sejajar, yaitu Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, dan Bulan.


16. Jupiter melambangkan apa?

Jawaban:
Pada mitologi Romawi, Jupiter atau Jove adalah raja dewa-dewi. Ia merupakan dewa yang menguasai bagian langit dan dewa Petir atau gemuruh.