Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

39 Soal (Essay) Sistem Tata Surya Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Sistem Tata Surya

1. Sistem tata surya terdiri dari apa saja?

Jawaban:
Susunan tata surya terdiri atas matahari, delapan planet, satelit-satelit pengiring planet, komet, asteroid dan meteoroid


2. Apa yang dimaksud dengan sistem tata surya jawab?

Jawaban:
Tata surya adalah susunan benda-benda langit yang terdiri dari matahari dan planet-planet yang mengelilinginya, dengan matahari sebagai pusat tata surya.


3. Kenapa disebut tata surya?

Jawaban:
Sistem planet yang dihuni manusia saat ini dinamakan "tata surya" atau dalam bahasa Inggris disebut "Solar System". Dinamakan solar atau surya karena sistem ini mengorbit bintang induk, yaitu matahari.


4. Bagaimana proses terbentuknya tata surya?

Jawaban:
Pada dasarnya, mereka mengatakan kalau tata surya terbentuk dari gumpalan awan dan debu dengan jumlah yang sangat banyak, yang berputar menyerupai cakram, lalu berubah bentuk menjadi planet dan matahari. Pada teori Awan Debu, proses yang terjadi adalah pemampatan atau penggumpalan.


5. Apa planet terpanas di tata surya?

Jawaban:
Suhu di Venus mencapai 880 derajat Fahrenheit (471 derajat Celcius), yang lebih dari cukup panas untuk melelehkan timah.


6. Apa yang menjadi pusat tata surya?

Jawaban:
Matahari adalah pusat tata surya


7. Dimanakah sistem tata surya berada?

Jawaban:
Tata Surya sendiri terletak di dalam Galaksi Bima Sakti bersamaan dengan kumpulan bintang, debu, gas, dan sistem tata surya lainnya. Spesifiknya, Tata Surya kita berada di lengan Orion atau jalur Orion yang berada di tepi Galaksi Bima Sakti


8. Berapa Jumlah planet di Dunia?

Jawaban:
Sesuai definisi IAU, ada delapan planet di Tata Surya. Menurut jaraknya dari Matahari (dekat ke jauh), ada empat planet kebumian, Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars, kemudian empat raksasa gas, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus


9. Siapa yang menemukan tata surya?

Jawaban:
Galileo Galilei dilahirkan di Pisa, Toscana pada tanggal 15 Februari 1564 sebagai anak pertama dari Vincenzo Galilei, seorang matematikawan dan musisi asal Florence, dan Giulia Ammannati.


10. Apa planet terkecil di tata surya?

Jawaban:
Merkurius adalah planet terdekat dengan matahari dan planet terkecil di tata surya kita. Planet tersebut memiliki diameter sekitar 3.032 mil (4.880 kilometer) dan berukuran kurang dari setengah ukuran Bumi.


11. Planet apa yang dingin?

Jawaban:
Neptunus dengan -200 derajat Celcius adalah planet terdingin di tata surya.


12. Apakah planet Mars bisa dihuni oleh manusia?

Jawaban:
Berdasarkan bukti yang dikumpulkan oleh satelit serta wahana pendarat dan penjelajah seperti Curiosity, Mars tidak dapat dihuni oleh manusia atau kehidupan lain di Bumi secara umum, karena radiasi, tekanan udara yang sangat minim, dan atmosfer dengan hanya 0,1% oksigen


13. Apakah di Mars dingin?

Jawaban:
Mars memiliki suhu rata-rata -26 derajat Celcius. Namun, bisa mencapai -87 derajat Celcius saat musim dingin. Planet Merah ini juga memiliki awan dan angin seperti di Bumi.