Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

36 Soal (Essay) Teori Dasar Listrik Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Teori Dasar Listrik

1. Apa saja dasar listrik?

Jawaban:
Teori Dasar Listrik
1. Arus Listrik
2. Kuat Arus Listrik
3. Rapat Arus
4. Tahanan dan Daya Hantar Penghantar
5. Potensial atau Tegangan
6. Rangkaian Listrik


2. Bagaimana cara arus listrik yang mengalir?

Jawaban:
Arus listrik dapat mengalir jika ada penggeraknya yaitu beda potensial (tegangan). Arus listrik dapat mengalir melalui bahan yang mudah menghantarkan elektron yang dikenal dengan konduktor.


3. Apa yang anda ketahui tentang arus listrik?

Jawaban:
Arus listrik adalah laju aliran muatan listrik melewati suatu titikatau bagian. Arus listrik dikatakan ada ketika ada aliran bersih muatan listrik melalui suatu bagian. Muatan listrik dibawa oleh partikel bermuatan, sehingga arus listrik adalah aliran partikel muatan.


4. Apa itu arus AC dan DC?

Jawaban:
Direct Current atau yang biasa disingkat DC merupakan tipe arus listrik searah. Alternating Current atau yang biasa disingkat AC merupakan tipe arus listrik bolak-balik.


5. Apa yang menyebabkan terjadinya arus listrik?

Jawaban:
Timbulnya arus listrik dikarenakan adanya beda potensial pada kedua ujung penghantar yang terjadi karena mendapatkan suatu tenaga untuk mendorong elektron-elektron tersebut berpindah-pindah tempat.


6. Energi listrik ada berapa?

Jawaban:
Setidaknya, di bumi ini ada enam sumber energi listrik yang bisa dimanfaatkan untuk membuat listrik sehingga bisa memenuhi kebutuhan manusia. Adapun keenam sumber tersebut antara lain; angin, gelombang laut, matahari, air, biomassa, dan panas bumi.


7. Apa manfaat dari generator?

Jawaban:
Generator adalah komponen utama yang mampu membangkitkan tenaga listrik. Adapun sumber energi yang digunakan juga bermacam-macam, seperti air, matahari, gas alam, gelombang laut, angin, dan lainnya. Dengan begitu, fungsi generator membuat kita tidak mudah kehabisan energi listrik.


8. Rangkaian listrik dibagi menjadi berapa?

Jawaban:
Secara umum, rangkaian listrik dibedakan menjadi dua yaitu rangkaian seri dan rangkaian parallel.


9. Apa akumulator itu?

Jawaban:
Akumulator (accu, aki) adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi (umumnya energi listrik) dalam bentuk energi kimia. Contoh-contoh akumulator adalah baterai dan kapasitor.


10. Bentuk energi apakah yang dihasilkan oleh generator listrik?

Jawaban:
Generator mengkonversi energi dari bentuk energi mekanik menjadi energi listrik yang berlangsung di daerah medan magnet. Karena adanya energi mekanik yang diberikan pada generator, maka timbul arus listrik dalam suatu penghantar akibat perubahan medan magnet di sekitar kawat penghantar tersebut.


11. Apa saja elemen volta?

Jawaban:
Elemen volta pertama kali ditemukan oleh Alessandro volta. Rangkaian elemen volta terdiri dari lempeng tembaga sebagai elektroda positif, lempeng seng sebagai elektroda negatif, dan larutan elektrolit berupa asam sulfat.


12. Elemen kering itu apa?

Jawaban:
Elemen kering, yaitu elemen yang menggunakan bahan pereaksi berupa campuran seperti pasta. Misalnya baterai, elemen Ni-Cd, elemen alkaline.sel Leclanche. Elemen basah, yaitu elemen yang menggunakan bahan pereaksi berupa larutan atau cairan. Misalnya elemen Volta dan akumulator