Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

58 Soal (Essay) Uang Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Uang

1. Apa yang dimaksud dengan uang?

Jawaban:
Kesimpulannya uang adalah suatu benda yang diterima secara umum oleh masyarakat untuk mengukur nilai, menukar, dan melakukan pembayaran atas pembelian barang dan jasa, serta pada waktu yang bersamaan bertindak sebagai alat penimbun kekayaan.


2. Mengapa orang pakai uang?

Jawaban:
Uang berfungsi sebagai alat tukar atau medium of exchange yang dapat mempermudah pertukaran. Orang yang akan melakukan pertukaran tidak perlu menukarkan dengan barang, tetapi cukup menggunakan uang sebagai alat tukar. Kesulitan-kesulitan pertukaran dengan cara barter dapat diatasi dengan pertukaran uang.


3. Uang itu terbuat dari apa?

Jawaban:
Bank sentral menjelaskan, salah satu material yang digunakan untuk membuat uang kertas adalah serat kapas. “Serat kapas lebih lentur, tidak mudah sobek,


4. Jenis uang ada berapa?

Jawaban:
Secara umum, jenis-jenis uang dibedakan menjadi dua, yaitu uang kartal dan uang giral. Uang kartal adalah uang kertas dan logam yang beredar di masyarakat yang dikeluarkan dan diedarkan oleh bank. Sedangkan uang giral adalah alat pembayaran yang sah berupa surat-surat berharga.


5. Dari mana datangnya uang?

Jawaban:
Berdasarkan sejarah, keberadaan uang pertama kali dicetuskan oleh Bangsa Lydia yang hidup di wilayah Turki pada abad ke-6 SM. Uang tersebut terbuat dari campuran emas dan perak dan berbentuk seperti kacang polong. Perbandingan kandungan emas dan perak di dalam uang tersebut adalah 75:25 dan menjadi standar.


6. Apakah uang itu penting?

Jawaban:
Uang bukan hanya memenuhi kebutuhan primer, sekunder, tertier, sosial dan rohani, tetapi uang bisa juga mengangkat ego. Dengan memiliki uang, harga diri bisa terangkat, rasa percaya diri bertambah, berani mengeluarkan pendapat, berbicara di muka umum, dan berani mengambil tugas-tugas sosial.


7. Mengapa ada uang baru?

Jawaban:
Inovasi dimaksudkan agar uang Rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan, serta lebih sulit untuk dipalsukan sehingga uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia


8. Siapa yang mencetak uang?

Jawaban:
Sesuai Undang-Undang No. 7 Tahun 2011, pencetakan Rupiah dilakukan oleh Bank Indonesia, dengan menunjuk badan usaha milik negara, yaitu Perum Peruri, sebagai pelaksana Pencetakan Rupiah.


9. Apa yang terjadi jika di dunia ini tidak ada uang?

Jawaban:
Jika di dunia ini tidak ada uang, maka secara tidak langsung manusia akan beralih ke benda lain selain uang sebagai alat tukar. mungkin manusia akan kembali menggunakan berter sebagai cara transaksi ataupun dengan cara lainnya.


10. Mengapa uang yang kita gunakan haruslah tahan lama dan tidak mudah dipalsukan? 

Jawaban: 
Agar uang yang dikeluarkan dan diedarkan memiliki ciri-ciri dan unsur pengaman yang mudah dikenali oleh masyarakat.


11. Apa perbedaan antara uang dan duit?

Jawaban: 
Sebenarnya uang dan duit itu berbeda hanya di penggunaan kata saja. Uang merupakan kata formal, sedangkan duit merupakan kata informal dalam bahasa Indonesia.


12. Apa fungsi uang dalam perekonomian?

Jawaban: 
Uang dipakai untuk menunjukkan nilai berbagai macam barang dan jasa yang diperjualbelikan, menunjukkan besarnya kekayaan, dan menghitung besar kecilnya pinjaman. Uang juga dipakai untuk menentukan harga barang/jasa. Sebagai alat satuan hitung, uang berperan untuk memperlancar pertukaran barang.


13. Jelaskan kriteria uang itu apa saja?

Jawaban: 
Ada jaminan, setiap uang yang diterbitkan haruslah dijamin oleh pemerintah atau negara tertentu. ...
Disukai umum, artinya ialah uang harus dapat diterima secara umum oleh penggunanya apakah sebagai alat tukar, penimbun kekayaan atau sebagai standard pencicilan hutang.


14. Bagaimana cara mengelola uang dengan baik?

Jawaban:
Ini 6 Tips Mengelola Rekening Bulanan
1. Buat Anggaran Bulanan
2. Sisihkan Sebagian Penghasilan untuk Ditabung
3. Bijak Menggunakan Kartu Kredit
4. Buat Laporan Keuangan Harian
5. Sisihkan Penghasilan untuk Investasi
6. Buat Dua Rekening Bank


15. Mengapa uang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari hari?

Jawaban:
Tanpa adanya uang, manusia tidak akan dapat membeli sebuah barang ataupun jasa. Arti dari fungsi ini adalah bahwa manusia menggunakan uang untuk membayar jasa atau barang yang dibutuhkannya.


16. Kenapa ganti desain uang?

Jawaban:
Diketahui, ada beberapa alasan yang mendasari perubahan desain uang. Mengutip dari berbagai sumber, alasan pertama adalah keamanan. Fitur keamanan baru biasanya dimasukkan pada desain anyar. Karenanya, bank biasanya memfasilitasi proses tersebut guna menarik uang edaran lama.


17. Apakah uang lama akan ditarik?

Jawaban:
Pasalnya, selama belum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia, uang rupiah lama masih berlaku sebagaimana diatur pada Undang-undang Mata Uang. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa uang Rupiah lama bisa digunakan untuk jual beli dan transaksi lainnya


18. Uang dicetak berdasarkan apa?

Jawaban:
Pencetakan Uang Rupiah merupakan suatu rangkaian kegiatan mencetak Uang Rupiah yang dilakukan oleh Bank Indonesia berdasarkan rencana cetak dalam periode tertentu. Rencana tersebut mencakup rencana jumlah nominal dan jumlah lembar Uang Rupiah kertas, serta rencana jumlah nominal dan keping Uang Rupiah logam.


19. Apa yang terjadi jika pemerintah terlalu banyak mencetak uang?

Jawaban:
Jika pemerintah terlalu banyak mencetak uang maka harga produk akan semakin cepat naik. Kenaikan harga ini terjadi pada sebagian besar barang dan jasa, secara terus menerus atau dalam kurun waktu tertentu. Sama halnya dengan uang, peredaran jumlah uang dan barang yang beredar haruslah seimbang.


20. Bagaimana proses penciptaan uang?

Jawaban:
Terdapat tiga cara untuk menciptakan uang; pertama dengan cara mencetak mata uang kertas atau uang logam, kedua melalui pengadaan utang dan pinjaman, serta ketiga melalui beragam kebijakan pemerintah, misalnya seperti pelonggaran kuantitatif.