Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

48 Soal Rekayasa Perangkat Lunak Beserta Jawaban

Kumpulan Soal Pilihan Ganda Materi Rekayasa Perangkat Lunak

1. Apa yang dimaksud dengan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)?
A. Proses pembuatan perangkat keras komputer.
B. Pengembangan dan produksi perangkat lunak.
C. Instalasi perangkat lunak pada perangkat keras.
D. Pemrograman aplikasi perangkat keras.

Jawaban: 
B. Pengembangan dan produksi perangkat lunak.


2. Manakah dari berikut ini bukan tahap dalam siklus hidup pengembangan perangkat lunak?
A. Analisis kebutuhan
B. Desain sistem
C. Implementasi perangkat keras
D. Uji coba dan validasi

Jawaban: 
C. Implementasi perangkat keras


3. Metode pengembangan perangkat lunak yang fokus pada pengerjaan yang adaptif, kolaboratif, dan inkremental adalah:
A. Metode Waterfall
B. Metode Agile
C. Metode Spiral
D. Metode Prototype

Jawaban: 
B. Metode Agile


4. Apa yang dimaksud dengan "debugging" dalam konteks pengembangan perangkat lunak?
A. Proses menguji perangkat lunak sebelum peluncuran.
B. Proses mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan dalam kode.
C. Proses merancang antarmuka pengguna yang intuitif.
D. Proses mengumpulkan persyaratan pengguna.

Jawaban: 
B. Proses mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan dalam kode.


5. Manakah dari berikut ini bukan tahap dalam model pengembangan perangkat lunak waterfall?
A. Desain
B. Implementasi
C. Verifikasi dan validasi
D. Evaluasi pengguna

Jawaban: 
D. Evaluasi pengguna


6. Apa yang dimaksud dengan "agile manifesto" dalam konteks rekayasa perangkat lunak?
A. Dokumen yang berisi standar kode etik dalam pengembangan perangkat lunak.
B. Prinsip-prinsip dasar untuk pengembangan perangkat lunak yang adaptif.
C. Metode pengujian yang digunakan untuk memvalidasi perangkat lunak.
D. Standar yang mengatur pemrograman berorientasi objek.

Jawaban: 
B. Prinsip-prinsip dasar untuk pengembangan perangkat lunak yang adaptif.


7. Apa tujuan utama dari pengujian perangkat lunak?
A. Mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan dalam perangkat lunak.
B. Menentukan persyaratan pengguna.
C. Membangun antarmuka pengguna yang intuitif.
D. Menginstal perangkat lunak pada perangkat keras.

Jawaban: 
A. Mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan dalam perangkat lunak.


8. Dalam pengembangan perangkat lunak, apa yang dimaksud dengan "repository"?
A. Daftar fitur dan persyaratan pengguna.
B. Database yang menyimpan kode sumber dan versi perangkat lunak.
C. Dokumen yang berisi rencana pengembangan perangkat lunak.
D. Proses mengidentifikasi masalah dalam perangkat lunak.

Jawaban: 
B. Database yang menyimpan kode sumber dan versi perangkat lunak.


9. Apa yang dimaksud dengan "pemodelan perangkat lunak" dalam rekayasa perangkat lunak?
A. Proses merancang tampilan antarmuka pengguna.
B. Proses mengidentifikasi kebutuhan pengguna.
C. Representasi visual dari perangkat lunak yang akan dikembangkan.
D. Proses menguji perangkat lunak sebelum peluncuran.

Jawaban: 
C. Representasi visual dari perangkat lunak yang akan dikembangkan.


10. Manakah dari berikut ini bukan salah satu prinsip dasar pengembangan perangkat lunak yang baik?
A. Kepatuhan terhadap standar kode etik.
B. Penggunaan metode pengembangan yang berbeda pada setiap proyek.
C. Penggunaan repository untuk mengelola kode sumber.
D. Pengujian dan verifikasi yang teliti.

Jawaban: 
B. Penggunaan metode pengembangan yang berbeda pada setiap proyek.


11. Apa yang dimaksud dengan "metode scrum" dalam pengembangan perangkat lunak?
A. Metode untuk menguji perangkat lunak secara menyeluruh.
B. Metode pengembangan yang fokus pada kolaborasi dan tim yang terorganisir.
C. Metode untuk merancang tampilan antarmuka pengguna.
D. Metode untuk memperbaiki kesalahan dalam kode.

Jawaban: 
B. Metode pengembangan yang fokus pada kolaborasi dan tim yang terorganisir.


12. Manakah dari berikut ini bukan jenis pengujian perangkat lunak?
A. Pengujian unit
B. Pengujian sistem
C. Pengujian dokumentasi
D. Pengujian penerimaan

Jawaban: 
C. Pengujian dokumentasi


13. Dalam pengembangan perangkat lunak, apa yang dimaksud dengan "refactoring"?
A. Proses mengubah kode sumber tanpa mengubah perilaku eksternal perangkat lunak.
B. Proses merancang tampilan antarmuka pengguna.
C. Proses memvalidasi perangkat lunak sebelum peluncuran.
D. Proses mengidentifikasi masalah dalam perangkat lunak.

Jawaban: 
A. Proses mengubah kode sumber tanpa mengubah perilaku eksternal perangkat lunak.


14. Manakah dari berikut ini bukan bagian dari dokumentasi perangkat lunak?
A. Spesifikasi persyaratan
B. Desain tampilan antarmuka pengguna
C. Manual pengguna
D. Kode sumber perangkat lunak

Jawaban: 
D. Kode sumber perangkat lunak


15. Apa yang dimaksud dengan "pengujian fungsional" dalam konteks rekayasa perangkat lunak?
A. Pengujian yang dilakukan oleh pengguna akhir untuk menguji fungsionalitas perangkat lunak.
B. Pengujian yang bertujuan untuk memastikan perangkat lunak berjalan dengan cepat.
C. Pengujian yang fokus pada pengujian unit kode sumber perangkat lunak.
D. Pengujian yang melibatkan perancangan tampilan antarmuka pengguna.

Jawaban: 
A. Pengujian yang dilakukan oleh pengguna akhir untuk menguji fungsionalitas perangkat lunak.


16. Manakah dari berikut ini bukan metode pengujian perangkat lunak?
A. Black box testing
B. White box testing
C. Grey box testing
D. Green box testing

Jawaban: 
D. Green box testing