Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

21 Pertanyaan Keperawatan Gerontik Beserta Jawaban

Kumpulan Soal Pilgan Materi Keperawatan Gerontik


8. Seorang laki-laki berusia 70 Tahun dirawat diruang penyakit dalam sejak 2 hari lalu klien mengeluhkan sesak, pada saat dilakukan pengkajian RR 34 X/menit, nadi 100X/Mnt, tensi 140/90 mmHg, batuk produktif, sputum di hidung, auskultasi suara nafas ronchi.diagnosa keperawatan yang diangkat bersihan jalan nafas tidak efektif.
Apakah intervensi dari kasus diatas?
a. Terapi o2
b. Catat pergerakan dinding dada
c. Dorong klien untuk bernafas pelan
d. Keluarkan secret dengan batuk efektif
e. Monitor kecepatan dan kedalaman respirasi

Jawaban:  
d. Keluarkan secret dengan batuk efektif
  

9. Seorang laki-laki yang berusia 78 tahun di panti werda sudah 2 tahun yang ditempatkan diruang isolasi.klien mengeluhkan nyeri pada luka di punggung bagian bawah pada saat pengkajian di pungggung ada luka dengan diameter 10 cm. kondisi tubuh lemah, bau badan, kulit kusam, rambut kotor, bau mulut, kuku panjang. pakaian tidak rapi, dan tidak ganti 2 hari. Makan dibantu oleh teman dekatnya yang masih bisa beraktivitas, untuk BAB Dan BAK dilakukan ditempat tidur. hasil indeks Katz skornya 3 ketergantungan Total, Hasil pengkajian Mini Mental State Exam 20 kerusakan mental berat, Risiko jatuh 9 yaitu risiko jatuh Sedang.
apakah diagnosa keperawatan yang muncul dari kasus diatas?
a. Intoleransi aktifitas
b. Deficit perawtan diri makan
c. Deficit perawatan diri mandi
d. Deficit perawatan diri eliminasi
e. Deficit perawatan diri berpakaian

Jawaban:
d. Deficit perawatan diri eliminasi
  

10. Seorang perempuan berusia 75 tahun tinggal di Panti Werdha sejak 2 tahun yang lalu, mengeluh tidak dapat mendengar dengan jelas pada kedua telinga, pasien mengatakan malu betemu dengan sesama penghuni panti karena takut menyinggung perasaan, pasien sering bicara dengan suara yang keras dan hasil test Rinne Negatif.
Manakah Pendekatan bawah ini yang paling baik utuk memfasilitasi komunikasi pada kasus diatas?
a. Berhadapan ,berbicara lebih keras
b. Berbicara langsung pada telinga pasien
c. Berhadapan, berbicara pelan dengan volume biasa
d. Berbicara langsung pada telinga pasien lebih keras
e. Berbicara dengan berulang-ulang di belakang telinga pasien

Jawaban:  
c. Berhadapan, berbicara pelan dengan volume biasa
  

11. Seorang laki-laki dengan usia 65 tahun di rawat di rumah skait hari ke 3 menegluh lemas, pusing di sertai sering kencing dan haus. Hasil pemeriksaan fisik yaitu : kesadaran lethargis, badan tampak kurus, kulit prulitus. Hasil pemeriksaan TTV yaitu : TD 100/60 mmhg, N 80x/menit, RR 19X/menit, suhu 36,9O C. Dari kasus tersebut manakah data spesifik yang menunjukan pasien kemungkinan mengalami DM?
a. Kulit prulitus dan kurus
b. Lethargis dan kulit prulitus
c. Badan kurus
d. Sering kencing dan haus
e. Pusing dan lemas

Jawaban:  
d. Sering kencing dan haus
  

12. Seorang klien usia 59 tahun dirawat karena stroke.Mengalami tetraparase, terdapat luka tekan dibagian bokong dengan diameter 5 cm. Luka tampak merah dibagian pinggir, agak pucat dibagian tengah. Manakah intervensi yang paling tepat untuk mencegah pemburukan luka tersebut?
a. Bersihkan, dan rawat luka setiap hari
b. Program miring kiri-kanan-terlentang tiap 2 jam
c. Berikan pengalas lembut dibagian bokong
d. Bersihkan perineal dengan cairan antiseptik setiap BAB

Jawaban:  
b. Program miring kiri-kanan-terlentang tiap 2 jam
  

13. Seorang laki-laki 58 tahun dibawa ke rumah sakit setelah mengalami nyeri dada di sebelah kiri yang menjalar ke bahu kiri, dan neri punggung. Dari pengkajian fisik didapatkan data: bibir,dan ujung ujung jari sianosis. Setelah dilakukan pemeriksaan didapatkan peningkatan enzim jantung, dan hasil EKG menggambarkan adanya STelevasi di Lead II, III, dan VF. Apakah masalah keperawatan prioritas yang terjadi pada pasien?
a. Nyeri
b. Intoleransi aktivitas
c. Perfusi jaringan perifier tidak efektif
d. Penurunan cardiac output

Jawaban: 
b. Intoleransi aktivitas
  

14. Ny. W umur 55 tahun dirawat dengan diagnosa Diabetes Melitus (DM).Terrdapat gangren pedis,keadaan luka kotor banyak jaringan nekrotik, pus, panjang 10 cm, lebar 5 cm, dan kedalaman 1,5 cm. Menurut keluarganya, dia tidak pernah kontrol ke rumah sakit sejak dinyatakan DM, dan memilih pengobatan tradisional. Berdasarkan data di atas, perlambatan proses penyembuhan disebabkan oleh?
a. Usia klien
b. Besarnya luka
c. Pengobatan tradisional
d. DM yang tidak terkontrol

Jawaban:  
d. DM yang tidak terkontrol