Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

20 Pertanyaan Keperawatan Medikal Bedah Beserta Jawaban

Kumpulan Soal Pilgan Materi Keperawatan Medikal Bedah


8. Seorang perempuan 61 tahun datang ke poliklinik rumah sakit melaporkan sering nyeri saat berkemih, kadang keluar darah, setelah dilakukan USG, diduga menderita batu ginjal. Hasil LAB dalam batas normal kecuali Ca2+ dan oksalat. RR 20X/menit, TD 160/100 mmHg, HR 80X/menit. Apakah faktor resiko terbentuknya batu ginjal berdasarkan kasus diatas ?
a. Hypoalbuminemia
b. Hypopospatemia
c. Uricemia
d. Hypercalsemia

Jawaban:   
d. Hypercalsemia
  

9. Seorang perempuan berusia 34 tahun datang ke puskesmas melaporkan sering berkemih, sedikit sedikit, dan tidak tuntas. Keadaan ini di laporkan sejak 1 bulan yang lalu setelah kecelakaan sepeda motor. Setiap hari merasa tidak nyaman karena urin keluar tidak dapat di kontrol. Apakah masalah keperawatan utama kasus diatas?
a. Gangguan pola eliminasi urin
b. Gangguan rasa nyaman
c. Gangguan pola tidur
d. Kerusakan integritas kulit

Jawaban: 
a. Gangguan pola eliminasi urin
  

10. Seorang laki-laki usia 39 tahun dirawat di bangsal dengan glomerulonefritis. Mengeluh nyeri bagian pinggang, udema periobita setiap bangun tidur, kadang merasa sesak saat aktifitas. Perawat A mengambil darah untuk dilakukan pemeriksaan rutin. RR 20X/menit, TD 160/90 mmHg, HR 70X/menit. Apakah jenis pemeriksaan LAB yang tepat sesuai kondisi diatas?
a. Tekanan Pa CO2
b. Jumlah HC03
c. Ureum / Kreatinin
d. Alkali pospatase

Jawaban:  
c. Ureum / Kreatinin
  

11. Seorang laki-laki berusia 40 tahun dirawat di bangsal dengan Sindroma nefrotikmengalami bengkak pada wajah, kadang kadang merasa sesak saat aktifitas. Perawat memberikan pendidikan kesehatan terhadap beberapa hal terkait asuhan keperawatan yang diberikan. Apakah topik pendidikan kesehatan yang tepat mengatasi masalah edemapasien?
a. Pola istirahat
b. Aktivitas fisik
c. Diet tinggi garam
d. Diet rendah protein

Jawaban: 
d. Diet rendah protein
  

12. Seorang laki-laki berusia 55 tahun dirawat di ruang penyakit dalam dengan Diabetes Mellitus tipe 2 dengan ulkus pada tumit kanan. Saat ini pasien akan dilakukan penggantian dan perawatan luka. Sebelum dibuka didapatkan data balutan kondisi basah, kotor dan bernanah. Setelah balutan dibuka, kondisi luka terdapat banyak eksudat, sedikit granulasi, kemerahan disekeliling area luka dan sedikit jaringan mati. Apakah tindakan keperawatan pertama kali yang dilakukan pada kasus di atas ?
a. Tekan area sekitar luka untuk mengeluarkan eksudat
b. Lakukan tindakan debridement pada jaringan mati
c. Bersihkan eksudat menggunakan kassa steril
d. Irigasi area luka dengan normal salin

Jawaban:   
a. Tekan area sekitar luka untuk mengeluarkan eksudat
  

13. Seorang perempuan berusia 55 tahun, dirawat di ruang penyakit dalam dengan keluhan sering lapar, badan kurus, sering buang air kecil, haus, lemas, pandangan kabur, dan kebas pada ekstremitas bawah. Hasil pemeriksaan berat badan turun dari 55 kg menjadi 47 kg, kulit kering. Kadar gula darah sewaktu 310 mg/dl. Apakah masalah keperawatan utama pada kasus diatas?
a. Ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan
b. Ketidakseimbangan nutrisi lebih dari kebutuhan
c. Perubahan persepsi sensori; penglihatan
d. Perubahan persepsi sensori; perabaan

Jawaban:   
a. Ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan
  

14. Seorang perempuan berumur 50 tahun mengalami sakit perut sejak 3 hari yang lalu dan kadang disertai kembung. Setelah tiba di RS dilakukan pemeriksaan fisik dengan hasil skala nyeri 7 keringat dingin, pucat, mual, TD 130/100 mmHg, Nadi 110 x/mnt, pernafasan 28 x/mnt suhu 37,5 C. Klien mempunyai riwayat gastritis. Apakah prioritas masalah keperawatan pada kasus di atas ?
a. Nyeri
b. Ansietas
c. Hipertermi
d. Resiko Infeksi

Jawaban:   
a. Nyeri