Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

49 Pertanyaan Tentang Benua Afrika Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Esai) Materi Benua Afrika

18. Apa komoditas ekspor benua Afrika?

Jawaban:
Pertanian di Benua Afrika terdapat pada lembah sungai besar seperti lembah sungai Oranye yang terdapat di Afrika Selatan, dan sungai Nil di Afrika Utara dan Tengah. Hasil-hasil pertanian utama yang dijadikan komoditas ekspor tersebut antara lain buah-buahan, jagung, kacang, ubi jalar, kapas, kopi, dan padi.


19. Dimanakah titik terendah benua Afrika?

Jawaban:
Titik terendah di dasar danau Assal di Jibouti kedalaman 158 m


20. Berapa banyak bahasa di Afrika?

Jawaban:
Jika dikira-kira secara serentak terhadap kekelompokan logat-logat bahasa di benua Afrika yang jumlahnya terus mencapai ratusan bahasa yang mirip, ada 12 macam bahasa yang dituturkan sebanyak 75 seperseratus (75%) dan ada 15 macam bahasa dituturkan sebanyak 85 seperseratus (85%) dari seluruh penduduk benua Afrika


21. Siapa yg menyebarkan agama Islam di Afrika?

Jawaban:
Proses penyebaran Islam di Afrika kala itu terjadi di Sirenaika, sebelah timur Libya, dan dilakukan oleh panglima militer Khulafaur Rasyidin, Amr bin Ash, pada 642 atau pada masa pemerintahan Khalifah Umar bin Khattab (433-644).


22. Kapan Islam masuk di Afrika?

Jawaban:
Islam telah mulai dikenal di Afrika pada awal masa berkembangnya, yaitu pada peristiwa hijrah pertama ke Habsyah (Abisinia). Menurut kepercayaan umat Islam, raja Ashamah bin Abjar dan beberapa pengawalnya memeluk agama Islam, setelah mendapatkan keterangan dari para sahabat Nabi yang hijrah tersebut.


23. Afrika Selatan menggunakan mata uang apa?

Jawaban:
Rand merupakan sebuah mata uang negara Afrika Selatan sejak tahun 1961 menggantikan Pound Afrika Selatan. Mata uang ini setiap satuannya terbagi menjadi 100 cent. Mata uang ini terbagi menjadi R10, R20, R50, R100, R200


24. Fufu Afrika terbuat dari apa?

Jawaban:
Fufu adalah olahan makanan yang berbahan dasar ubi atau kentang. Makanan ini diolah dengan cara ditumbuk hingga menjadi lembut kemudian dimakan bersama sup,pasta atau beberapa jenis lauk khas lainnya.


25. Salah satu olahraga tertua di Afrika di mana olahraga ini menampilkan gulat bernama?

Jawaban:
Laamb dikenal sebagai gulat tradisional dari masyarakat Senegal. Laamb menjadi salah satu olahraga tertua di Afrika. Masyarakat Senegal disebut sudah bergulat sejak seabad. Laamb awalnya merupakan rekreasi bagi para nelayan dan petani di sela-sela kesibukannya.


26. Mengapa Afrika tidak ada salju?

Jawaban:
Afrika adalah salah satu negara yang dilewati oleg garis katulistiwa yang membuat daerah tersebut menjadi beriklim tropis dan tidak ada hujan salju, karna di iklim tropis hanya ada 2 musim, yaitu kemarau dan hujan.


27. Apakah Afrika ada negara maju?

Jawaban:
Menurut data IMF, belum ada satu negara pun di Benua Afrika yang masuk kategori negara maju. Afrika secara keseluruhan adalah wilayah yang berkembang. Pertanian adalah sektor utama ekonomi di sebagian besar negara.


28. Apa gurun terluas yang ada di benua Afrika?

Jawaban:
Gurun Sahara (bahasa Arab: الصحراء الكبرى‎, aṣ-ṣaḥrāʼ al-kubrá, 'Gurun Terbesar') adalah nama sebuah padang pasir terbesar di dunia. Nama "Sahara" diambil dari bahasa Arab yang berarti "padang pasir". Sahara terletak di utara Afrika dan berusia 2,5 juta tahun.


29. Afrika penghasil apa?

Jawaban:
Sebagian besar daerah Benua Afrika berupa dataran tinggi yang keras dan luas. Namun, daerah ini mempunyai kekayaan tambang alam yang besar. Barang tambangnya, antara lain tembaga, emas, uranium, dan timah yang terdapat di Zaire. Kemudian, di Negara Sudan terdapat mangan, krom, minyak bumi, tembaga, gas alam, dan emas.


30. Apa keunikan dari benua Afrika?

Jawaban:
Keunikan lain yang dimiliki Afrika adalah soal faunanya. Di benua ini terdapat hewan darat terbesar di dunia yaitu gajah Afrika dan hewan tertinggi di dunia, yaitu jerapah. Selain itu, Afrika juga memiliki banyak hewan unik yang tidak terdapat di benua lain, misalnya zebra, gorila, kuda nil, hiena, dan burung unta


31. Mengapa benua Afrika tertinggal jauh dari benua lainnya?

Jawaban:
Karena perkembangan zaman yg terhambat oleh daerah nya yg bergurun gurun, stepa dan banyak sabana, yg mengakibatkan akses pengiriman menjadi terhambat


32. Apa agama Afrika Selatan?

Jawaban:
Agama di Afrika Selatan didominasi oleh berbagai cabang agama Kristen. Afrika Selatan adalah negara sekuler dengan populasi agama yang beragam. Konstitusinya menjamin kebebasan beragama . Banyak agama terwakili dalam keragaman etnis dan wilayah penduduk.


33. Siapa yang menjajah Afrika Selatan?

Jawaban:
Pada tahun 1931, Afrika Selatan menjadi jajahan Britania Raya sepenuhnya. Walaupun Afrika Selatan berada di bawah jajahannya, Britania Raya terpaksa berbagi kuasa dengan pihak Afrikaner.