Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

42 Pertanyaan Tentang Benua Asia Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Esai) Materi Benua Asia

15. Apa agama mayoritas di Asia?

Jawaban:
Agama di Asia dipraktikkan dalam tradisi masyarakat di Asia dengan bentuk-bentuk tradisi baru yang terus bermunculan seiring dengan keragaman budaya. Agama dengan jumlah penganut terbesar adalah Islam dan Hindu. Kedua agama ini mempunyai penganut kurang lebih sekitar ± 1,2 milyar.


16. Mengapa benua Asia paling banyak penduduknya di dunia?

Jawaban:
Benua Asia memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia sebab benua Asia merupakan benua terluas di dunia dan merupakan benua dengan jumlah penduduk 61% dari jumlah penduduk dunia. Daratan di Benua Asia juga relatif subur dan kondisi iklim di benua Asia tidak terlalu ekstrim seperti di benua-benua lainnya


17. Kenapa disebut Asia?

Jawaban:
Nama “Asia” berasal dari bahasa Yunani kuno, yaitu Ἀσία' yang dibaca “Asía'”. Dulu nama ini dipakai untuk menyebut daratan di tepi timur Laut Aegea dan kemudian digunakan untuk menyebut wilayah Anatolia yang sekarang merupakan bagian dari Turki


18. Apa saja batas batas Asia?

Jawaban:
Benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Selat Bosphorus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah. Batas wilayah Benua Asia di Timur: Selat Bering dan Samudera Pasifik di timur.


19. Benua Asia samudra apa?

Jawaban:
Letak geografis Benua Asia juga berada di antara tiga perairan samudra luas yaitu Samudra Hindia, Samudra Pasifik, serta Samudra Arktik. Samudra Hindia berada pada bagian selatan Benua Asia, Samudra Pasifik berada pada bagian timur Benua Asia sedangkan Samudra Arktik berada pada bagian utara Benua Asia.


20. Apa dampak letak geografis benua Asia?

Jawaban:
Pengaruh dari letak geografis tersebut diantaranya benua Asia memiliki iklim laut dan iklim benua. Selain itu, benua Asia memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang lebih tinggi dibandingkan dengan benua lainnya


21. Bagaimana keadaan alam di benua Asia?

Jawaban:
Benua Asia mempunyai keadaan alam paling beragam di dunia. Di benua Asia terdapat gunung dan pegunungan, sungai-sungai gurun, lembah serta hutan belantara. Rangkaian pegunungan yang utama di Asia adalah pegunungan Altai dan pegunungan Himalaya. Pegunungan Altai membentang sejauh 1600 km dari tenggara ke barat laut


22. Siapa Macan Asia sekarang?

Jawaban:
Nama negara yang mendapat julukan "macan asia" adalah Jepang, Korea Selatan, Singapura, Republik Tiongkok (China) dan Taiwan. karena negara ini memiliki keunggulan di bidang ekonomi, politik, pertahanan dan sosial budaya yang tertinggi di Asia.


23. Siapa nama penemu benua Asia?

Jawaban:
Penemu Benua Asia belum dapat dipastikan. Namun beberapa orang percaya bahwa seorang berkebangsaan Italia bernama Kristofer Olimpic yang menemukan Benua Asia.


24. Di mana letak benua Asia?

Jawaban:
Secara astronomis Benua Asia terletak antara 26o BT – 170o BB dan 11o LS – 80o LU. Secara geografis Benua Asia berada di belahan bumi bagian timur serta memanjang dari belahan utara hingga selatan. Jika diperhatikan lebih detail lagi, secara geografis Benua Asia terletak di antara Benua Eropa dan Benua Australia.


25. Negara apa yang paling kecil di Asia?

Jawaban:
Singapura. Dengan ekonomi yang maju dan infrastruktur merata, Singapura ternyata menjadi negara yang tergolong kecil dalam segi ukuran, dengan luas 728 km persegi dan 5,6 juta penduduk.


26. Apakah benua Asia memiliki gurun?

Jawaban:
Benua Asia memiliki beberapa wilayah gurun, seperti Gurun Gobi, Gurun Arab, Gurun Takla Makan, dan lain-lain. Tanah yang ada di daerah gurun ini biasanya bersifat kering dan berpasir.


27. Apa iklim Asia Tengah?

Jawaban:
Iklim di kawasan Asia Tengah termasuk iklim tropis kering dan sedikitnya curah hujan. Hal ini membuat penduduk Asia Tengah berpatok pada Syr Darya dan Amu Darya sebagai sumber irigasi. Kawasan Asia ini juga mengalami musim dingin dan musim panas.


28. Apa itu budaya Asia?

Jawaban:
Budaya Asia meliputi kebiasaan dan tradisi seni, arsitektur, musik, sastra, gaya hidup, filsafat, politik, agama, dan perayaan yang telah dipraktikkan sejak masa pra-sejarah oleh kelompok etnis di benua Asia.