Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

27 Pertanyaan Tentang Benua Eropa Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Esai) Materi Benua Eropa

10. Siapa pembawa Islam ke Eropa?

Jawaban:
Sejarah singkat perkembangan Islam di Eropa bermula dari penaklukan Semenanjung Andalusia (sekarang Spanyol) di bawah pimpinan Tariq bin Ziyad pada tahun 93 H atau 711 M. Penaklukan ini terjadi pada masa pemerintahan Khalifah Walid bin Abdul Malik pada masa Dinasti Umayyah


11. Bagaimana kondisi fisik di benua Eropa?

Jawaban:
Benua Eropa memiliki empat wilayah fisik utama, yakni Dataran Tinggi Barat, Dataran Eropa Utara, Dataran Tinggi Tengah, serta Pegunungan Alpen. Semua wilayah fisik ini membentang dari bagian barat ke timur Benua Eropa. Ciri utama alam benua Eropa terdiri dari daerah datar, pegunungan tua, dan pegunungan muda.


12. Apa potensi alam di benua Eropa yang menonjol?

Jawaban:
Hasil pertambangan yang utama di Eropa adalah biji besi. Selain itu, Eropa juga kaya dengan logam dan mineral. Membuat benua Eropa menjadi rumah bagi perusahaan tambang besar di dunia. Lima komoditas logam utama yang dihasilkan pertambangan Eropa adalah tembaga, timbal, perak, kromium, dan juga seng.


13. Apakah tanah di Eropa subur?

Jawaban:
Eropa memiliki tanah andosol yang merupakan hasil pelapukan debu vulkanik karena memiliki beberapa wilayah dengan aktivitas vulkanisme, seperti Islandia dan wilayah di sekitar Laut Tengah. Tanah jenis ini sangat subur dan sangat baik untuk pertanian.


14. Mengapa disebut dengan nama benua Eropa?

Jawaban:
Asal mula nama ini berasal dari kata latin Europa, yang berasal dari kata Yunani. Satu aliran pemikiran berpendapat bahwa nama itu berasal dari mitologi Yunani Kuno. Dalam mitosnya Yunani, Europa adalah putri seorang raja fenisia bernama Agenor atau juga Pheonix


15. Secara astronomis, Benua Eropa terletak antara 35°LU - 71°06’LU dan 9°27’BB -66°20’BT. 

Jawaban: 
1. Secara geografis, Benua Eropa terletak di sebelah Barat Benua Asia. 
2. Benua Eropa merupakan semenanjung bagian Barat Benua Asia yang dibatasi oleh rangkaian Pegunungan Ural.  
3. Luas Benua Eropa adalah 10.600.000 km2. Benua Eropa dipengaruhi oleh iklim yang beragam. 
4. Keadaan alam Benua Eropa dapat dibedakan menjadi tiga bentang alam, yakni dataran rendah, dataran tinggi di wilayah semenanjung, dan jalur pegunungan lipatan.
5. Topografi atau relief daratan Benua Eropa sangat bervariasi. 
6. Jenis flora yang tumbuh di kawasan Benua Eropa adalah hutan konifera (tumbuhan berdaun jarum) dan hutan yang menggugurkan daunnya di musim gugur. 
7. Fauna yang berkembang di Benua Eropa pada dasarnya sama dengan yang berkembang di kawasan beriklim sedang dan dingin.


16. Apa nama danau terbesar di benua Eropa?

Jawaban: 
Danau terbesar pada dunia ialah danau Kaspia yang berada pada Eropa dan Asia. Beberapa negara yg dilalui danau Kaspia ini ialah Kazakhstan, Rusia, Turkmenistan, Azerbaijan, serta Iran. Air danau Kaspia ini berasal dari sungai mirip sungai Ural, Terek, Volga, serta Kura.


17. Siapa yang pertama kali menemukan benua Eropa?

Jawaban:
Menurut riwayat, penemu Benua Eropa adalah seorang penjelajah asal Portugis, Vasco da Gama (1460-1524).


18. Mengapa benua Eropa diberi julukan matahari terbenam?

Jawaban:
Benua Eropa terletak di bagian barat bumi, dimana bagian barat merupakan tempat terbenamnya matahari, sehingga disebut negeri terbenam.