Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

34 Pertanyaan Tentang Interpretasi Citra Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Esai) Materi Interpretasi Citra

13. Apa saja ciri ciri citra?

Jawaban:
Dalam proses atau tahapan interpretasi citra foto pada tahapan identifikasi objek maka kita dapat menggunakan ciri ciri yg terdapat pada citra yaitu :
1. ciri spektral.
2. ciri spasial.
3. ciri temporal.


14. Apakah ciri spektral dan ciri spasial pada interpretasi citra?

Jawaban:
Ciri spektral berkaitan dengan rona dan warna objek pada citra. Ciri spasial berkaitan dengan ruang meliputi tekstur, bentuk, ukuran, pola, bayangan, dan asosiasi.


15. Langkah mengetahui apakah terdapat objek atau tidak ketika menginterpretasi citra disebut?

Jawaban:
Deteksi adalah sebagai kegiatan dalam pengamatan awal terhadap objek yang terdapat pada gambar di foto udara atau citra.


16. Bagaimana peran dari komponen asosiasi dalam unsur interpretasi citra?

Jawaban:
Peran dari unsur asosiasi adalah untuk melihat keterkaitan sebuah objek yang dapat kita identifikasi dengan objek lainnya yang berada pada sekitar lokasi pengamatan.


17. Mengapa saat ini citra banyak digunakan sebagai sumber daya?

Jawaban:
Hal ini disebabkan karena citra mampu menampilkan ketampakan asli sehingga bisa digunakan sebagai dasar pemetaan, pemantauan, pencarian dan pemberi informasi geografis.


18. Apa perbedaan antara situs dan asosiasi?

Jawaban:
Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dalam citra perbedaan antara situs dan asosiasi adalah situs untuk letak suatu objek, sedangkan asosiasi sebagai penunjuk atau mengenali objek lainnya.


19. Apa yang dimaksud dengan ciri temporal?

Jawaban:
Ciri temporal adalah ciri yang terkait dengan kondisi benda pada saat perekaman, misalnya rekaman sungai musim hujan tampak cerah, pada musim kemarau tampak gelap.


20. Apakah kita dapat mengenali suatu objek pada citra satelit hanya dengan satu unsur interpretasi citra?

Jawaban:
Kita tidak dapat mengenali suatu objek pada citra satelit hanya dengan satu unsur interpretasi citra. Jumlah minimal unsur interpretasi citra yang digunakan adalah tiga unsur. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam menafsirkan objek yang terdapat pada citra.


21. Mengapa resolusi spasial citra harus disesuaikan dengan tujuan penggunaan citra?

Jawaban:
Tujuan penyesuaian resolusi spasial citra dengan tujuan penggunaan citra ialah untuk mengurangi penggunaan tenaga dan biaya yang harus dikeluarkan untuk tujuan penggunaan tersebut. Misalnya, penentuan kesesuaian lahan untuk kawasan industri atau untuk perkebunan kelapa sawit di Kalimantan


22. Apa yang dimaksud dengan citra multispektral?

Jawaban:
Citra multispektral adalah tipe utama dari gambar yang diperoleh dengan radiometers sensing. Ia membagi spektrum ke banyak band, multispektral adalah kebalikan dari pankromatik, yang mencatat hanya intensitas total radiasi yang jatuh pada setiap pixel. Biasanya, satelit memiliki tiga atau lebih radiometers.


23. Apa yang dimaksud dengan tekstur dalam interpretasi citra?

Jawaban:
Tekstur ialah frekuensi perubahan rona pada foto udara, atau pengulangan rona kelompok objek yang terlalu kecil untuk dibedakan secara individual. Tekstur sering dinyatakan dengan kasar, sedang dan halus