Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

39 Pertanyaan Tentang Negara Maju dan Berkembang Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Esai) Materi Negara Maju dan Berkembang

14. Apa persamaan negara maju dan negara berkembang?

Jawaban:
Persamaan negara maju dan negara berkembang : - Bersama-sama saling tergantung satu sama lain seperti negara berkembang membutuhkan produksi impor dari negara maju, sedangkan negara maju membutuhkan sumber kekayaan alam dari negara berkembang.


15. Apa yang menyebabkan negara berkembang masih ketergantungan dengan negara maju?

Jawaban:
Alasan mengapa perekonomian negara berkembang masih bergantung pada negara maju adalah karena Negara berkembang masih berfokus dalam sektor primer (pertanian, pertambangan dan perikanan) daripada industri dan teknologinya


16. Mengapa di negara maju terjadi over produksi?

Jawaban:
Karena biasanya kebutuhan di dalam negara maju sudah terpenuhi karena bertambahnya hasil produksi ( terutama dari industri ) dengan jumlah yang banyak dan cepat.


17. Bagaimana pertumbuhan penduduk di negara berkembang?

Jawaban:
Tingkat pertumbuhan penduduk di negara berkembang mencapai lebih dari 2%. Hal ini akan berdampak negatif jika tidak diimbangi dengan peningkatan kapasitas ekonomi, penyediaan fasilitas pendidikan serta fasilitas kesehatan bagi masyarakatnya.


18. Mengapa sektor industri di negara maju dapat berkembang pesat akan tetapi sumber daya alam yang dimiliki sangat terbatas?

Jawaban:
karena kebanyakan negara maju yang ada, tidak memiliki sumber daya alam yang memadai untuk diolah. jadi mereka memilih jalur jasa dan industri. biasanya mereka memanfaatkan sda dr negara lain untuk diolah di negara mereka.


19. Mengapa di negara berkembang masih bergantung pada sektor pertanian?

Jawaban:
Negara berkembang masih bergantung pada sektor pertanian sebab penduduk masih belum bisa mengembangkan sektor lainnya. Kualitas penduduk menentukan fenomena tersebut. Belum adanya teknologi yang maju juga berpengaruh terhadap kondisi tersebut.


20. Jelaskan apa yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi di negara maju sangat berkembang cepat?

Jawaban:
Pertumbuhan ekonomi pada negara maju lebih cepat dibandingkan negara berkembang karena negara maju memiliki kemajuan teknologi yang lebih cepat dibandingkan negara berkembang. Kemajuan teknologi menjadi bagian yang berkaitan dengan meningkatnya jumlah barang dan jasa.


21. Bagaimana suatu negara dapat dikatakan memiliki ekonomi yang berkembang?

Jawaban:
Suatu perekonomian dapat dinyatakan dalam keadaan berkembang apabila pendapatan perkapita dalam jangka panjang cenderung meningkat. Hal ini tidak berarti bahwa pendapatan perkapita harus mengalami kenaikanterus menerus.


22. Mengapa negara maju tidak tergantung pada sumber daya alam?

Jawaban:
Negara maju tidak tergantung dengan alam karena negara maju telah menjadikan teknologi canggih sebagai pengganti alam. Artinya mereka tidak menggunakan alam karena mereka telah menggunakan teknologi canggih. Negara seperti ini adalah negara memiliki kualitas hidup yang tinggi dan kesejahteraan yang sudah merata.


23. Berupa apakah ekspor negara berkembang?

Jawaban:
Negara berkembang cenderung mengekspor barang-barang yang mudah diproduksi, rendah teknologi, dan padat karya, dapat berupa hasil pertanian, peternakan, dan kehutanan.


24. Apa saja masalah yang dihadapi oleh negara maju?

Jawaban:
Masalah yang dihadapi oleh negara maju diantaranya: Kekurangan Tenaga Kerja . Umumnya negara maju memiliki jumlah penduduk yang rendah sehingga banyak industri di negara maju yang kekurangan tenaga kerja. Persaingan yang Tinggi


25. Apa yang menyebabkan negara berkembang mengekspor sektor primer yaitu?
Negara berkembang biasanya masih bergantung pada sektor primer karena sumber daya manusia di negara-negara berkembang dapat dikatakan belum mencukupi kualifikasi untuk mampu menuju sektor sekunder, yakni sektor ekonomi yang mengolah hasil sektor primer menjadi barang jadi.


26. Mengapa penduduk negara maju lebih sedikit?

Jawaban:
Rendahnya pertumbuhan penduduk di negara maju disebabkan oleh rendahnya angka kelahiran. Mayoritas penduduk kalangan muda di negara maju menunda untuk menikah dan memiliki anak.