Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

45 Pertanyaan Tentang Sistem Informasi Geografis (SIG) Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Sistem Informasi Geografis (SIG)

16. Apa kelemahan SIG?

Jawaban:
Kelemahan SIG : Sumberdaya manusia harus menguasai teknologi komputer Teknologi yang ada terus berkembang sesuai dengan zaman Biaya yang dikeluarkan relatif mahal Penanganan tentang data yang bentuk 3D buruk Sulit untuk menyajikan data temporal Format data dan standar file data beragam Model objek terbatas


17. Bagaimana contoh penerapan SIG dalam kehidupan sehari hari?

Jawaban:
SIG digunakan untuk manajemen pemeliharaan, perencanaan dan perluasan jaringan jalan tol, rel kereta dan jalan raya, penentuan jalur transportasi, analisa rawan kemacetan dan bahaya kecelakaan dan pemantauan jalur mudik.


18. Bagaimanakah pemanfaatan aplikasi SIG dalam pengelolaan potensi wilayah?

Jawaban:
Manfaat SIG dalam analisis terkait potensi wilayah yaitu sebagai tools/alat analisis untuk melakukan manajemen tata guna lahan/tata ruang wilayah, inventarisasi sumber daya alam, dan menentukan zona rawan bencana alam.


19. Jenis jenis kesalahan apa saja yang dapat mempengaruhi kualitas data dalam SIG?

Jawaban:
SUMBER-SUMBER KESALAHAN DALAM SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)
a. Cakupan Areal Sudi
b. Skala Peta
c. Kerapatan Pengamatan
d. Relevansi Data
e. Format
f. Biaya


20. Apa manfaat SIG dalam bidang pendidikan?

Jawaban:
SIG berguna untuk menentukan lokasi pendidikan, sistem informasi pendidikan, alat bantu pemahaman dan pembelajaran untuk masalah-masalah geografi bagi siswa.


21. Apa yang akan terjadi jika salah satu komponen sistem informasi geografis tidak ada?

Jawaban:
Komponen SIG terdiri dari hardware, software, brainware (manusia), dan data, jika salah satu komponen tersebut tidak ada maka SIG akan sulit berjalan karena sesuai dengan definisi SIG adalah sistem komputer yang digunakan untuk mengumpulkan, mengintegrasikan,dan menganalisis informasi-informasi.


22. Apa saja fungsi analisis data atribut yang bisa dilakukan oleh sistem informasi geografis?

Jawaban:
Fungsi data atribut dalam SIG adalah:
1. Penyimpanan data.
2. Manipulasi data.
3. Pemanggilan data.
4. Memperjelas aspek kualitatif.
5. Memperjelas aspek kuantitatif.


23. Apa kelebihan SIG untuk menyajikan data keruangan?

Jawaban:
Keunggulan SIG adalah memproses data keruangan secara cepat, fleksibel dan akurat. Salah satu pengertian sistem informasi geografis juga dapat diartikan sebagai sistem komputer yang mampu membangun, menyimpan, mengatur, dan menampilkan informasi dengan referensi geografis tertentu.


24. 3 langkah penting dalam mengelola data geografi?

Jawaban:
Untuk memperoleh data dari sistem informasi geografis, maka terlebih dahulu harus melewati beberapa tahapan pengelolaan. Tahapan dimulai dari memasukkan data, kemudian mengolah serta menganalisis data, dan terakhir menampilkan data hasil SIG.


25. Langkah pertama yang harus dilakukan agar kita dapat digunakan di SIG adalah?

Jawaban:
Langkah pertama yang harus dilakukan agar citra dapat digunakan di SIG adalah digitasi, karena digitasi merupakan proses mengubah data analog menjadi data digital.


26. Bagaimana Peran Sistem Informasi Geografis SIG dalam perencanaan pengembangan wilayah?

Jawaban:
SIG mempunyai peran yang sangat penting dalam perencanaan kota dan wilayah. Menata ruang suatu wilayah membutuhkan dukungan data dan informasi, baik spasial maupun non spasial, serta akurat dan terkini. SIG dapat membantu menggambarkan kondisi suatu wilayah.


27. Bagaimana pemanfaatan SIG dalam kegiatan interpretasi sumber daya alam?

Jawaban:
Beberapa manfaat SIG dalam kegiatan inventarisasi data kekayaan sumber daya alamiah sebagai berikut: Untuk mengetahui persebaran berbagai sumber daya alam, misalnya minyak bumi, batu bara, emas, besi dan barang tambang lainnya. Untuk mengetahui persebaran kawasan lahan potensial.


28. Apa fungsi pemanfaatan SIG dalam Penyajian data pada peta?

Jawaban:
Fungsi pemanfaatan SIG dalam penyajan data pada peta adalah melalui analisis-analisis terhadap data yang tereferensi geografis


29. Apa hubungan peta dengan Sistem Informasi Geografis?

Jawaban:
peta, penginderaan jauh, dan SIG merupakan media informasi spasial utk mengetahui kondisi suatu daerah. peta merupakan salah satu output dr SIG, dimana SIG tsb adlh suatu sistem utk mengolah data yang sumbernya bisa berasal dari peta manual dan citra penginderaan jauh.


30. Bagaimana pemanfaatan sistem informasi geografis di berbagai instansi di Indonesia?

Jawaban:
Pemanfaatan sistem informasi geografi atau SIG dapat digunakan dalam berbagai bidang, diantaranya bidang perencanaan ruang, sumber daya alam, kependudukan, pariwisata, pertanahan, kelautan, pendidikan, telekomunikasi, kesehatan, transportasi dan militer.