Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

56 Pertanyaan Tentang Wilayah dan Perwilayahan Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Esai) Materi Wilayah dan Perwilayahan

20. Apa tujuan dari pembangunan wilayah?

Jawaban:
Tujuan pembangunan wilayah sebagai berikut : 
1. Membentuk “institusi” baru yang mendukung perekonomian daerah. 
2. Mengembangkan industri alternatif. 
3. Meningkatkan kapasitas pekerja untuk menghasilkan produk yang lebih baik.


21. Mengapa perwilayahan dianggap penting?

Jawaban:
Dalam suatu program perencanaan, perwilayah memiliki peran yang cukup penting. Hal ini karena perwilayahan sangat berguna untuk mengetahui variasi karakter dalam suatu wilayah tertentu.


22. Kapan suatu wilayah dikatakan negara?

Jawaban:
Suatu wilayah dikatakan sebagai negara jika memiliki rakyat, wilayah permanen, dan pemerintahan yang berdaulat


23. Apa yang dimaksud dengan fungsi wilayah?

Jawaban:
Fungsi wilayah adalah fungsi-fungsi pelayanan yang tersebar di daerah perencanaan, dalam kaitannya dengan berbagai aktifitas penduduk/masyarakat, untuk memperoleh/memanfaatkan fasilitas-fasilitas pelayanan tersebut.


24. Apa contoh wilayah fungsional?

Jawaban:
Contoh dari wilayah fungsional adalah jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan bekasi), Priangan timur (Tasik, Ciamis, Banjar dan Garut) dan kawasan bandung dengan wilayah sekitarnya.


25. Mengapa suatu wilayah disebut sebagai wilayah pertanian?

Jawaban:
Wilayah ini adalah wilayah yang punya kesamaan dalam kriteria tertentu, baik kriteria fisik atau sosial. Misalnya, suatu wilayah punya kesamaan dalam kegiatan bercocok tanam, maka wilayahnya disebut wilayah pertanian.


26.Mengapa wilayah dibagi berdasarkan beberapa faktor?

Jawaban:
adapun penyebab terjadinya pembagian perwilayahan berdasarkan faktor diatas yaitu disebabkan setiap wilayah di indonesia memiliki keberagaman karakteristik baik dari kondisi fisik seperti alamnya maupun kondisi sosial seperti sumber daya manusia dan kebudayaan


27. Apa fungsi wilayah dalam kehidupan sehari hari?

Jawaban:
Fungsi wilayah adalah fungsi-fungsi pelayanan yang tersebar di daerah perencanaan, dalam kaitannya dengan berbagai aktifitas penduduk/masyarakat, untuk memperoleh/memanfaatkan fasilitas-fasilitas pelayanan tersebut.


28. Apa saja ciri ciri dari wilayah formal?

Jawaban:
Berikut ini adalah beberapa ciri dari wilayah formal, yaitu: Memiliki suatu keseragaman (homogenitas) dalam satu wilayah. Keseragaman yang ada dapat berupa kriteria fisik/alam maupun kriteria nonfisik/sosial-budaya.


29. Mengapa perlu adanya perencanaan wilayah dalam pembangunan?

Jawaban:
Dengan adanya perencanaan wilayah diharapkan kesejahteraan manusia dapat lebih terwujud. ekonomi wilayah, seperti perencanaan sosial ekonomi perkotaan dan sosial ekonomi pedesaan.


30. Mengapa dalam pengembangan wilayah perlu memperhatikan aspek sosial?

Jawaban:
Pengembangan wilayah perlu memperhatikan aspek sosial karena pengembangan wilayah tidak hanya berkaitan dengan pembangunan secara fisik tetapi juga menyangkut kondisi sosial dan budaya masyarakat yang ada di wilayah tersebut


31. Bagaimana cara suatu wilayah agar menjadi pusat pertumbuhan wilayah?

Jawaban:
Terbentuknya pusat pertumbuhan di suatu wilayah dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah kekayaan alam dan sarana pra sarana transportasi.


32. Mengapa Perkembangan wilayah harus berkelanjutan?

Jawaban:
Pertumbuhan ruang suatu wilayah harus mempertimbangkan pembangunan berkelanjutan agar terjadi kelestarian ekologi sehingga ekologi dapat terjaga dan awet hingga bisa digunakan untuk generasi mendatang.


33. Mengapa pusat pertumbuhan dapat mempengaruhi wilayah di sekitarnya?

Jawaban: 
Pusat pertumbuhan sangat mempengaruhi wilayah di sekitarnya, karena pusat pertumbuhan mengalami perkembangan wilayah yang lebih pesat dibandingkan dengan wilayah lain di sekitarnya. Perkembangan wilayah pusat pertumbuhan akan menyebar dan mendorong wilayah lain di sekitarnya.


34. Mengapa tidak semua daerah bisa menjadi pusat pertumbuhan?

Jawaban: 
Karena pusat pertumbuhan berkembang sesuai karakteristik wilayah masing-masing. Jadi pertumbuhan di setiap daerah berbeda-beda faktornya. Setiap daerah pastinya punya sumber daya alam yang khas.


35. Apa saja metode untuk melaksanakan perwilayahan?

Jawaban:
Tiga metode perwilayahan yaitu:
1. Penyamarataan (generalisasi) 
2. Delimitasi
3. Klasifikasi wilayah


36. Bagaimana peran pewilayahan dalam pembangunan di Indonesia?

Jawaban:
Terdapat beberapa peran dari pusat perwilayahan, dan salah satunya adalah untuk meratakan proses pembangunan wilayah, baik pembangunan fisik maupun pembangunan sosial masyarakat yang secara langsung mendukung perkembangan suatu wilayah.


37. Bagaimana metode perwilayahan secara generalisasi wilayah?

Jawaban:
Perwilayahan dapat ditentukan berdasarkan dua metode, yaitu: Generalisasi wilayah (region generalization) adalah metode penyamarataan beberapa wilayah ke dalam satu bagian wilayah dengan cara menghilangkan faktor-faktor tertentu yang dianggap kurang penting.


38. Bagaimana cara mengetahui perbedaan suatu wilayah?

Jawaban:
Cara mengetahui perbedaan wilayah dapat dilihat dari kesamaan ciri fisik penghuninya, sosial-budaya atau interaksi penghuninya, letak geografis dan letak astronomis.