Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

21 Quiz Keperawatan Gerontik Beserta Jawaban

Kumpulan Soal PG Materi Keperawatan Gerontik


15. Ny. Sarmi (64 tahun) dirawat di ruang penyakit dalam dengan diagnosa medis Gout. Ny. Sarmi megeluh nyeri pada sendi terutama kaki dengan skala 6, terasa nyeri terutama malam hari. Hasil pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 130/80 mmHg, nadi 83 x/menit, frekuensi napas x/menit, suhu 37,5oC, tampak adanya pembengkakan pada persendian karpal kaki, dan kemerah merahan dengan palpasi terdapat nyeri tekan, dan klien meringis kesakitan. Dari pengkajian diatas data yang merupakan tanda khas dari gout yaitu:
a. Ekspresi wajah meringis
b. Skala nyeri 6
c. Nyeri malam hari
d. Bengkak pada sendi

Jawaban:  
d. Bengkak pada sendi
  

16. Seorang kepala keluarga umur 60 tahun, tinggal bersama cucunya yang berusia 5 tahun. Klien mengeluh batuk, berkeringat pada malam hari, nafsu makan berkurang, dan sesak. Klien pernah memeriksakan diri ke puskesmas dan didiagnosa menderita penyakit TB. Hasil pengkajian diketahui klien pernah tidak mengkonsumsi obat yang diberikan selama 1 minggu, BB 50 kg, TB 170 cm. Apakah intervensi keperawatan yang dapat diberikan perawat kepada keluarga klien?
a. Menganjurkan untuk menjemur alas tidur di bawah sinar matahari.
b. Menyampaikan klien untuk membuka jendela setiap pagi.
c. Merujuk klien ke pusat pelayanan kesehatan setempat.
d. Menunjukpengawas minum obat.
e. Memberikan makanan tambahan.

Jawaban:  
c. Merujuk klien ke pusat pelayanan kesehatan setempat.
  

17. Laki-laki berusia 65 tahun dirawat di ruang isolasi Panti Tresna Wreda sejak satu minggu yang lalu. Dari hasil pengkajian klien terlihat lemah, bau feses, kulit perianal kemerahan, dan terdapat rembesan feses lunak, klien mengatakan tidak ada keinginan BAB. Apa diagnosa keperawatan yang tepat pada kasus diatas?
a. Disfungsi motilitas gastrointestinal
b. Inkontinesia defekasi
c. Persepsi konstipasi
d. Risiko konstipasi

Jawaban:  
b. Inkontinesia defekasi
  

18. Seorang Perempuan berusia 70 tahun datang ke puskesmas diantar oleh keluarga dengan keluhansering terbangun saat tidur dimalam hari, kesulitan saat akan mulai tidur kembali, badan lemas dan sering merasa ngantuk dipagi hari. Apakah pengkajian selanjutnya pada kasus diatas?
a. Kognitif
b. Daya ingat
c. Katz indeks
d. Status mental

Jawaban: 
d. Status mental
  

19. Seorang laki-laki usia 60 tahun tinggal di Panti Tresna Wreda sejak 2 tahun yang lalu. klien memerlukan bantuan minimal dalam tindakan keperawatan dan pengobatan. Klien mampumelakukan aktivitas perawatan diri sendiri secara mandiri, hanya sesekali memerlukan bantuan petugas kesehatan. Apakah Kategori keperawatan klien menurut Swanburg dari kasus diatas ?
a. Self-care
b. Minimal care
c. Intensive care
d. Intermediate care

Jawaban:  
a. Self-care  

20. Seorang perempuan usia 65 tahun dirawat di ruang perawatan geriatri sebuah RS dengan acute miocard infarction. Pasien mampu melakukan ADL, mampu mandi, makan dan minum sendiri, ambulasi dengan pengawasan, pemantauan tanda-tanda vital setiap pergantian shift. Apakah tingkat ketergantungan perawatan pada pasien tersebut menurut Douglass ?
a. Total care
b. Partial care
c. Minimal care
d. Mediate care

Jawaban:  
c. Minimal care
  

21. Seorang laki-laki usia 86 tahun mengalami proses penuaan, klien mampu menarik diri dari kegiatan terdahulu dan memusatkan diri pada kegiatan pribadi serta mempersiapkan diri menghadapi kematian. Pada kasus diatas merupakan pernyataan yang sesuai dengan teori ?
a. Teori Interaksi Sosial
b. Teori Penarikan Diri
c. Teori Kepribadian
d. Teori Pembebasan

Jawaban: 
b. Teori Penarikan Diri