Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

20 Quiz Keperawatan Medikal Bedah Beserta Jawaban

Kumpulan Soal PG Materi Keperawatan Medikal Bedah


15. Seorang perempuan usia 32 tahun dirawat diruang penyakit dalam sejak 2 bulan, klien mengeluh adanya luka di kaki kanan dan bernanah, awalnya karena gatal dan sering digaruk. Hasil pemeriksaan luka dibagian punggung kaki dengan luas 20 cm, kondisi klien lemah, GDS 350 mg/dl, ada demam dengan suhu 37oc, Nadi 100x/menit, pernafasan 20x/menit, TD 100/70 mmHg. Apakah masalah keperawatan prioritas pada kasus diatas?
a. Ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan
b. Resiko kekurangan volume cairan.
c. Kerusakan integritas kulit
d. Penurunan curah jantung

Jawaban:   
c. Kerusakan integritas kulit
  

16. Seorang Laki-laki berusia 60 tahun, dirawat di ruang ICCU dengan diagnosa medis Gagal Jantung Kongestif. Pada pengkajian ditemukan adanya keluhan sesak nafas, kepala pusing dan lelah. Kedua tungkai teraba dingin dan edema. Tekanan darah 90/70 mmHg, frekuensi nadi 110 x/mnt dan teraba lemah, suhu tubuh 36,5 C, frekuensi pernafasan 28 x/mnt. Pasien merasa sangat cemas dengan keadaannya. Apa penyebab timbulnya keluhan sesak nafas pada Tn. K ?
a. Adanya penyempitan spasme
b. Adanya penumpukan cairan di paru
c. Adanya pembengkakan pada laring
d. Adanya perlekatan paru

Jawaban:   
b. Adanya penumpukan cairan di paru
  

17. Seorang Laki-laki berusia 30 tahun dirawat di ruang penyakit dalamdengan keluhan nyeri pada ulu hati sejak sehari yang lalu, skala nyeri 8. Pasien terlihat meringis menahan nyeri. Pasien memiliki riwayat gastritis sejak 1 tahun yang lalu. Dari data pengkajian didapatkan tekanan darah 140/90 mmHg, frekuensi nadi 98 x/menit, frekuensi pernafasan 28 x/menit dan suhu 36 C. Apakah intervensi keperawatan kolaboratif yang tepat diberikan pada kasus diatas?
a. Ajarkan tehnik imajinasi terbimbing
b. Anjurkan pasien untuk istirahat
c. Pemberian antasida
d. Hindari lingkungan yang berisik

Jawaban:   
c. Pemberian antasida
  

18. Seorang Remaja berusia 22 tahun dirawat di ruang bedah dengan keluhan nyeri pada perut kanan bawah sejak kemarin, muntah dan demam. Nyeri dirasakan terus menerus dengan skala nyeri 7, klien juga tidak ada nafsu makan. Dari hasil pemeriksaan didapatkan nyeri tekan pada titikMc.Burney, dan tanda rovsing (+). Dokter mendiagnosa apendicitis akut dan harus segera dilaksanakan pembedahan. Apakah diagnosa keperawatan utama yang paling tepat ditegakkan pada kasus diatas?
a. Nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh
b. Resiko kurang volume cairan
c. Gangguan rasa nyaman
d. Nyeri akut

Jawaban:
d. Nyeri akut
  

19. Kasus (vignete)
Seorang laki-laki berusia 53 tahun dirawat d iruang bangsal penyakit dalam dengan riwayat asma bronchial sejak 3 tahun yang lalu. Saat dikajipasienmengeluh sesak nafas, batuk dengan dahak kental dan lengket susah dikeluarkan. Apakah tindakan keperawatan yang tepat untuk kasus diatas?
a. Mengajarkan cara batuk efektif
b. Memberikan penjelasan tentang penyakit klien.
c. Berikan penjelasan tentang tanda tanda penyakit.
d. Menganjurkan klien untuk sering minum air dingin

Jawaban:  
a. Mengajarkan cara batuk efektif
  

20. Seorang laki-laki berusia 63 tahundirawat di bangsal penyakit dalam, saatperawat mengobservasi pernafasan diperoleh data bahwa pasien terlihatgelisah, terdapat retraksi otot bantu nafas, nafas cuping hidung. Hasil pemeriksaan tanda-tanda vital diperoleh tekanan darah: 140/100 mmHg, frekuensi nadi: 90 kali/menit, frekuensi pernafasan: 32 kali/menit, suhu tubuh: 380C. Setelah kolaborasi dengan dokter, diputuskan klien diberiterapi oksigen 6L/menit.
a. Nasal kanul
b. Masker venturi
c. Masker sederhana
d. Rebreathing Masker (RM)

Jawaban:  
c. Masker sederhana