Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

49 Quiz Materi Benua Afrika Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Benua Afrika

34. Negara apa saja di Afrika yang memiliki kualitas penduduk tinggi?

Jawaban:
Kualitas Kualitas penduduk Afrika umumnya relatif rendah. Berdasarkan kriteria Human Development Index (HDI), Beberapa negara memiliki kualitas penduduk yang tinggi seperti Aljazair dan Tunisia. Negara yang kualitas penduduknya tergolong sedang antara lain Mesir, Afrika Selatan, dan Namibia.


35. Apa keuntungan dari letak geografis benua Afrika?

Jawaban:
Letak geografis Benua Afrika yang membentang di belahan bumi timur dari wilayah utara ke selatan membuat negara-negara di Afrika memiliki iklim yang bervariasi.


36. Apa nama danau terbesar di benua Afrika?

Jawaban:
Danau Tanganyika luasnya mencapai 32.600 km persegi serta panjang 676 km. Danau ini melewati negara di benua Afrika mirip Zambia, Tanzania, Burundi, serta Republik Demokrat Kongo.


37. Apa makanan pokok orang Afrika?

Jawaban:
Saat ini, ugali adalah makanan pokok rakyat Kenya dan sebagian besar benua Afrika yang dikonsumsi setiap hari


38. Negara manakah yang tersubur di Afrika?

Jawaban:
Mesir adalah salah satu negara tersubur Dan maju di benua afrika kesuburan dan kemajuan negara tersebut karena ditunjang oleh kondisi alamnya ditinjau dari kondisi alamnya. Mesir dijuluki sebagai hadiah sungai nil.


39. Kenapa di Afrika kering?

Jawaban:
sekitar 6000 tahun lalu, sebagian besar wilayah Afrika menjadi kering karena tertutup oleh banyaknya pasir. Para peneliti menjelaskan bahwa ada kemiripan antara pasir di daratan Afrika khususnya di gurun Sahara dengan yang sudah menjadi sendimen di samudera Atlantis


40. Suku apa saja di Afrika?

Jawaban:
Suku yang ada di Afrika antara lain: suku Pighmy, Bushman, Zhun, Tuareg, Negroid, Sahrawi, Hmer, Mursi, Ashanti, Maasai, Kuba, Zulu, dan lain-lain. Salah satu suku bangsa kulit hitam (Negro) yang merupakan suku asli terbesar dan dominan di Afrika Selatan yaitu Suku Zulu.


41. Mengapa Afrika Selatan disebut negara pelangi?

Jawaban:
Afrika Selatan sering dijuluki sebagai "Negeri Pelangi" karena keanekaragaman multikultural negara yang tergambarkan, terutama setelah era apartheid. Negara ini juga terkenal sebagai produsen berlian, emas, dan platinum yang utama di dunia.


42. Mengapa bangsa Eropa menjajah Afrika?

Jawaban:
Mengapa orang Eropa begitu tertarik untuk menancapkan kekuasaan di Afrika? Motif Eropa terhadap Afrika dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu politik, budaya, dan ekonomi. Motivasi politik didorong oleh politik persaingan antarnegara-negara Eropa untuk mendominasi dunia pada abad ke-18


43. Flora apa saja yang ada di benua Afrika?

Jawaban:
Flora di Benua Afrika dapat dikelompokkan menjadi hutan hujan tropis, padang rumput berupa stepa dan sabana. Daerah ini di domisnasi oleh padang pasir, tumbuhan khas benua Afrika adalah kurma, akasia, papyrus, sidar hutan, dan masih banyak lagi.


44. Apakah Afrika punya air?

Jawaban:
Afrika sangat terkenal dengan sungainya yang mempunyai aliran air yang indah dan panjang serta besar.


45. Kenapa di Afrika tidak ada air bersih?

Jawaban:
Panas matahari telah menjadi salah satu sebab terjadinya kekeringan di Afrika. Pada peristiwa tersebut, kekeringan menyebabkan permukaan air di enam bendungan yang menjadi pemasok air utama, terus menurun.


46. Apa kelebihan dari benua Afrika?

Jawaban: 
1 )Benua Afrika mempunyai wilayah daratan di benua lain, yaitu Semenanjung Sinai di Benua Asia. 
2) Benua Afrika memiliki wilayah gurun terluas di dunia, yaitu Gurun Sahara. 
3) Benua Afrika memiliki aliran sungai terpanjang di dunia, yaitu Sungai Nil.


47. Apa itu keturunan Berber?

Jawaban: 
Orang Berber atau bangsa Berber adalah etnis asli dari daerah Afrika Utara timur Lembah Nil. Mereka tersebar dari Samudra Atlantik hingga oasis Siwa, di Mesir dan dari Laut Mediterania hingga Sungai Niger. Mereka menggunakan berbagai bahasa Berber, yang merupakan cabang dari bahasa Afro-Asia.


48. Mengapa Mesir tidak maju?

Jawaban:
Mesir dikatakan negara berkembang karena sektor ekonominya masih bergantung pada sektor pertanian dan pendapatan Mesir yang masih rendah. Mesir dikatakan negara berkembang juga disebabkan karena tingkat pertumbuhan penduduk yang masih tinggi, dan penguasaan teknologi yang masih kurang.


49. Mengapa sektor pertanian di benua Afrika tidak begitu berkembang?

Jawaban:
Meskipun Afrika memiliki iklim tropis dan subtropis, tetapi sebagian besar kondisi geografi benua Afrika sangat kering dan bertanah tandus, sehingga sulit bagi para petani untuk bercocok tanam, sementara sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dan nelayan