Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

34 Quiz Materi Interpretasi Citra Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Interpretasi Citra

24. Mengapa saat ini citra banyak digunakan sebagai sumber data kekurangan?

Jawaban:
Hal ini disebabkan karena citra mampu menampilkan ketampakan asli sehingga bisa digunakan sebagai dasar pemetaan, pemantauan, pencarian dan pemberi informasi geografis.


25. Jelaskan apa yang dimaksud dengan konvergensi bukti dalam interpretasi citra?

Jawaban:
Konvergensi bukti adalah penggunaan beberapa unsur interpretasi citra sehingga lingkupnya semakin menyempit ke arah satu kesimpulan tertentu. Misalnya, identifikasi tanaman sagu. Dari unsur bentuk, antara tanaman kelapa, kelapa sawit, nipah, enau, dan sagu memiliki bentuk yang hampir sama.


26. Apa yang dimaksud dengan ukuran dalam interpretasi citra?

Jawaban:
Ukuran ialah atribut obyek berupa jarak, lapang, tinggi, lereng, dan volume. Karena ukuran obyek pada citra adalah fungsi skala, maka di dalam memanfaatkan ukuran sebagai unsur interpretasi citra harus selalu diingat skalanya.


27. Apa yang dimaksud dengan interpretasi digital?

Jawaban:
Interpretasi secara digital merupakan evaluasi kuantitatif tentang informasi spektral yang disajikan pada citra. Analisis digital dapat dilakukan melalui pengenalan pola spektral dengan bantuan computer


28. Langkah pertama yang harus dilakukan agar citra dapat digunakan di SIG adalah?

Jawaban:
Dengan demikian, langkah pertama yang harus dilakukan agar citra dapat digunakan di SIG adalah digitasi, karena digitasi merupakan proses mengubah data analog menjadi data digital


29. Ahli akan menggunakan citra satelit sebagai sumber data SIG Langkah pertama yang harus dilakukan agar citra dapat digunakan di SIG adalah?

Jawaban:
langkah pertama dalam pengolahan citra satelit dapat digunakan di SIG yaitu tujuannya memperbaiki dan melakukan pengkoreksian terhadap citra sehingga terdapat kesesuaian dengan keadaan sebenarnya dilapangan.


30. Jelaskan apa yang dimaksud data citra dan data non citra?

Jawaban:
Data visual dibedakan menjadi dua yaitu data citra dan data noncitra. Data citra berupa gambaran yang mirip wujud aslinya atau setidaknya berupa gambaran planimetrik. Data noncitra pada umumnya berupa garis atau grafik. Citra dibedakan menjadi citra foto atau foto udara dan citra nonfoto.


31. Apa ciri dan contoh dari citra nonfoto?

Jawaban:
Citra nonfoto merupakan gambaran jenis citra yang diperoleh dari sensor bukan kamera.Contohnya adalah citra inframerah termal, citra radar, citra satelit, citra dirgantara, dan citra gelombang mikro.


32. Apa yang dimaksud dengan citra multispektral?

Jawaban:
Pencitraan multispektral, citra multispektral atau multispektral imaging adalah salah satu cara atau metode menangkap data gambar pada frekuensi tertentu di seluruh spektrum elektromagnetik.


33. Apa arti dari citra satelit?

Jawaban:
Pencitraan satelit atau Fotografi angkasa adalah citra dari Bumi atau planet lain yang dikumpulkan oleh satelit pengamat Bumi yang dioperasikan oleh pemerintah atau perusahaan di seluruh dunia.


34. Apa yang dimaksud dengan citra inframerah?

Jawaban:
Citra inframerah thermal merupakan citra non-foto yang dibuat menggunakan spektrum inframerah thermal. Citra ini biasanya digunakan dalam bidang geologi, pertanian, hidrologi, perkotaan, dan sebagainya.