Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

45 Quiz Materi Sistem Informasi Geografis (SIG) Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Sistem Informasi Geografis (SIG)

31. Mengapa sistem informasi geografis sangat dibutuhkan dalam mitigasi bencana?

Jawaban:
SIG dapat diterapkan untuk melindungi kehidupan, kepemilikan dan infrastuktur yang kritis terhadap bencana yang ditimbulkan oleh alam; melakukan analisis kerentanan, kajian multi bencana alam, rencana evakuasi dan`perencanaan tempat pengungsian, mengerjakan skenario penanganan bencana yang tepat sasaran


32. Bagaimana fungsi sistem informasi geografis dalam perubahan penggunaan lahan dalam kaitannya dengan bidang ekonomi?

Jawaban:
SIG juga dimanfaatkan pada beberapa bidang dalam kehidupan, salah satunya adalah pemanfataan SIG dalam bidang ekonomi. Manfaat SIG dalam bidang ekonomi yaitu penentuan lokasi penambangan. Dengan memetakan lokasi pertambangan di wilayah tertentu akan meningkatkan perekonomi masyarakat disekitar tambang.


33. Apa saja manfaat sistem informasi geografis terhadap kondisi sanitasi lingkungan?

Jawaban:
Memperkecil kemungkinan terjadinya bahaya dari lingkungan terhadap kesehatan serta kesejahteraan hidup manusia. Mencegah dan mengefisiensikan pengaturan berbagai sumber lingkungan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan hidup manusia sehingga terhindar dari penyakit karena lingkungan yang tidak sehat.


34. Apa saja jenis data yang digunakan pada sistem informasi geografis?

Jawaban:
Secara garis besar ada dua jenis data yang bisa digunakan untuk masukan dalam Sistem Informasi Geografis yaitu data spasial dan data tekstual. Data spasial disebut juga data grafikal, data grafis, dan data keruangan.


35. Apa perbedaan antara data raster dan data vektor?

Jawaban:
Data raster adalah data spasial/keruangan permukaan bumi yang diperoleh dari citra perekaman foto/radar satelit. Data vektor adalah data yang berupa titik, garis dan area yang berbentuk polygon.


36. Apa perbedaan antara data spasial dan data atribut?

Jawaban:
Data spasial atau data keruangan adalah data dalam bentuk grafis yang menunjukkan ruang lokasi atau tempat-tempat di permukaan bumi. Data spasial dilambangkan dengan titik, garis, dan poligon. Data atribut adalah data yang memberi penjelasan atau deskripsi atas setiap objek di permukaan bumi.


37. Jelaskan apa perbedaan antara sistem informasi geografis dengan sistem informasi lainnya?

Jawaban:
SIG mempunyai perbedaan dengan bentuk sistem informasi lainnya, perbedaan itu adalah SIG dapat bekerja dengan data spasial. SIG mempunyai kemampuan untuk menghubungkan layer-layer data suatu titik yang sama dalam satu ruang, serta mengkombinasikan, menganalisis, dan memetakan hasilnya.


38. Apa saja keunggulan SIG dibandingkan dengan pemetaan manual?

Jawaban:
6 Keunggulan Sistem Informasi Geografis
1. Fleksibel melakukan visual data
2. Pengelolaan data lebih mudah dan terstruktur
3. Proses data lebih singkat
4. Pengolahan dan analisa data lebih mudah
5. Biaya lebih murah
6. Fleksibilitas dalam memilih format data.


39. Kapan data raster digunakan?

Jawaban:
Data raster sangat baik untuk merepresentasikan batas-batas yang berubah secara gradual, seperti jenis tanah, kelembaban tanah, vegetasi, suhu tanah, dsb. Keterbatasan utama dari data raster adalah besarnya ukuran file; semakin tinggi resolusi grid-nya semakin besar pula ukuran filenya.


40. Manakah yang termasuk 4 komponen kunci sistem informasi geografis?

Jawaban:
Yang termasuk 4 komponen kunci SIG adalah perangkat keras, data geografi, manusia, perangkat lunak


41. Apa perbedaan antara membuat peta secara manual dan menggunakan sistem informasi geografi?

Jawaban:
Pembuatan peta secara manual membutuhkan waktu pengerjaan lebih banyak sedangkan menggunakan SIG membutuhkan waktu pengerjaan lebih singkat. 3.Pembuatan peta secara manual menggunakan data yang sulit untuk diolah sedangkan menggunakan SIG menggunakan data cenderung lebih mudah diolah.


42. Apakah hubungan antara penginderaan jauh dan SIG?

Jawaban:
Hubungan antara penginderaan jauh dengan SIG adalah informasi yang dihasilkan dalam proses penginderaan jauh berupa citra menjadi sumber data yang dapat diolah dan dianalisis dengan menggunakan SIG.


43. Dari mana saja sumber data spasial?

Jawaban:
Jenis-jenis sumber data spasial SIG antara lain adalah data sistem penginderaan jauh, peta analog, GPS dan hasil pengukuran lapangan.


44. Apa saja kelebihan dan kekurangan data raster?

Jawaban:
Kelebihan data raster, yaitu: Memiliki struktur data yang sederhana.
Kekurangan data raster, yaitu:
1. Membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup besar.
2. Kualitas tampilan grafis terbatas.
3. Sulit untuk analisis keterkaitan.
4. Ouput tergantung pada alat sensor (printer/plotter)


45. Bagaimana cara menganalisis data spasial?

Jawaban:
Cara menganalisis data spasial merupakan bagian dari SIG, terdapat beberapa hal yang dilakukan untuk menganalisis data spasial, diantaranya: Klasifikasi, yaitu mengelompokkan data spasial menjadi data spasial yang baru. Overlay, yaitu menganalisis dan mengintegrasikan dua atau lebih data spasial yang berbeda