Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

56 Quiz Materi Wilayah dan Perwilayahan Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Wilayah dan Perwilayahan

39. Apa perbedaan antara wilayah formal dan fungsional?

Jawaban:
Perbedaan antara wilayah fungsional dan wilayah formal adalah sebagai berikut. Wilayah formal merupakan wilayah yang dibentuk oleh adanya kesamaan ketampakan (homogenitas). Wilayah fungsional yaitu suatu wilayah yang saling berhubungan antara bagian yang satu dengan bagian yang lain.


40. Apa itu wilayah teritorial?

Jawaban:
WILAYAH TERITORIAL diartikan sebagai wilayah hukum suatu Negara di mana terdapat kekuasaan untuk menjalankan jurisdiksi terhadap orang-orang serta harta benda yang termasuk di dalamnya. Wilayah yang dimaksud dalam hal ini meliputi daratan, lautan serta udara.


41. Apa saja batas batas wilayah Indonesia?

Jawaban:
Indonesia memiliki perbatasan darat internasional dengan tiga negara tetangga yaitu Malaysia, Papua Nugini dan Timor Leste. Sedangkan di laut, perairan Indonesia berbatasan dengan sepuluh negara tetangga yakni: India, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Palau, Australia, Timor Leste dan Papua Nugini.


42. Apa perbedaan antara wilayah dan daerah?

Jawaban:
Wilayah, meskipun pengertiannya lebih umum, lebih menyangkut aspek geografis, daerah lebih menyangkut aspek administrasi, dan kawasan lebih menyangkut aspek fungsional.


43. Mengapa wilayah formal bersifat statis?

Jawaban:
Wilayah formal ini bisanya bersifat statis karena membutuhkan waktu yang lama untuk mengubah sifat utama dari wilayahnya


44. Apa kegunaan dari klasifikasi wilayah?

Jawaban:
Klasifikasi wilayah memiliki dua tujuan utama yaitu: Mengetahui perbedaan jenis dan tingkatan dalam klasifikasi wilayah guna mendapatkan gambaran tentang karakteristik suatu wilayah.


45. Mengapa wilayah administratif disebut sebagai wilayah formal?

Jawaban: 
karena merupakan suatu daerah yang dianggap sebagai ruang untuk kegiatan sosial-ekonomi, dan di dalam berbagai pelosok ruang tersebut terdapat karakteristik yang sama. Kesamaan karakteristik antara lain dari segi ekonomi, geografi, sosial-budaya, dan sebagainya


46. Apa saja contoh wilayah vernakular?

Jawaban:
Wilayah vernakular (vernacular region) atau wilayah perseptual yaitu wilayah yang ada di dalam pikiran sejumlah besar orang. Wilayah vernakular memiliki identitas unik karena persepsi orang tentang wilayah tersebut. Misalnya, Bogor kota hujan, Pekalongan kota batik, dan Banda Aceh kota Serambi Mekkah.


47. Faktor apa yang menyebabkan wilayah fungsional bersifat dinamis?

Jawaban:
Wilayah fungsional bersifat lebih dinamis dibandingkan dengan wilayah formal, hal tersebut karena wilayah fungsional memiliki karakteristik pergerakan penduduknya yang sangat cepat dan berusaha untuk berkembang


48. Apa bedanya uniform region dan wilayah nodal?

Jawaban:
Nodal region adalah pembagian wilayah berdasarkan heterogenitas, sedangkan uniform region adalah pembagian wilayah berdasarkan homogenitas.


49. Apa ciri ciri wilayah nodal?

Jawaban:
Tuliskan 4 ciri ciri region nodal
1. adanya arus barang, ide/gagasan dan manusia.
2. adanya node/pusat yang menjadi pusat pertemuan arus tersebut secara terorganisir.
3. adanya wilayah yang makin meluas.
4. adanya jaring-jaring rute tempat tukar-menukar berlangsung.


50. Apa ciri ciri wilayah homogen?

Jawaban:
Ciri utama dari wilayah homogen adalah suatu wilayah yang memiliki suatu kesamaan karakteristik tertentu. Kesamaan karakteristik tersebut dapat berupa kesamaan dari sisi fisik, atau dari aktivitas ekonomi, bahkan dari kesamaan- kesamaan dalam sisi sosial masyarakat.


51. Apa perbedaan wilayah berdasarkan karakteristik wilayah fisik dan sosial?

Jawaban:
Perbedaan antara wilayah fisik dengan wilayah sosial adalah pada wilayah fisik berdasarkan kesamaan topografi, vegetasi, iklim, dan jenis batuan, sedangkan wilayah sosial, berdasarkan kesamaan suku, pertanian, dan industri.


52. Bagaimana terbentuknya wilayah fungsional?

Jawaban:
Wilayah fungsional dapat terbentuk oleh aktivitas di dalamnya berupa aliran materi atau jasa.


53. Apakah hutan termasuk wilayah formal?

Jawaban:
Hutan termasuk wilayah formal berdasarkan pada jenis vegetasi.


54. Apa yang dimaksud dengan nodal?

Jawaban:
Node (nodal) merupakan komponen pembentuk struktur ruang wilayah fungsional yang terkait distribusi komoditas yang dimiliki oleh berbagai ruang.


55. Apa yang dimaksud dengan wilayah total?

Jawaban:
Total Region (wilayah total) adalah delimitasi wilayah menggunakan semua unsur wilayah. Bersifat klasik, kesatuan politik (administrasi) sebagi dasar. 


56. Mengapa suatu wilayah dapat dikategorikan sebagai kota?

Jawaban:
Grunfeld menyatakan bahwa kota adalah suatu wilayah yang di mana jumlah penduduk yang tinggal cukup padat dan lebih padat daripada kepadatan wilayah nasional dan bagi para penduduk yang tinggal di perkotaan biasanya bekerja di sektor non agraris atau bukan sektor pertanian.