Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

27 Soal (Essay) Benua Eropa Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Benua Eropa

1. Benua Eropa dibagi berapa?

Jawaban:
Benua Eropa terbagi atas empat kawasan atau region yakni kawasan Eropa Barat, Eropa Timur, Eropa Selatan, dan Eropa Utara.


2. Apa yang disebut benua Eropa?

Jawaban:
Benua Eropa adalah benua yang secara fisik menjadi satu dengan daratan Asia. Keduanya dipisahkan oleh sebuah pegunungan yang bernama Ural. Alasan Benua Eropa dan Asia dianggap sebagai benua yang berbeda adalah karena perbedaan budaya.


3. Eropa termasuk benua apa?

Jawaban:
BENUA Eropa sering kali dijuluki dengan beberapa julukan seperti Benua Biru, karena mayoritas penduduknya bermata biru, dan Benua Putih karena mayoritas penduduknya berkulit putih. Dalam peta geografis, benua Eropa adalah satu bagian dari beberapa negara di Asia atau yang bisa disebut dengan Eurasia.


4. Berapa iklim di benua Eropa?

Jawaban:
Secara garis besar, iklim yang berlangsung di wilayah Benua Eropa ialah subtropis, iklim sedang, dan kutub.


5. Eropa mayoritas agama apa?

Jawaban:
Kekristenan adalah agama di Eropa yang terbanyak penganutnya.


6. Apa mata pencaharian benua Eropa?

Jawaban:
Aktivitas ekonomi di sebagian besar wilayah Eropa bertumpu pada industri. Beberapa negara Eropa telah menjadi negara industri maju. Jenis industri yang berada di Eropa sangat beragam. Industri utamanya meliputi pembuatan dan perakitan kendaraan, alat elektronika, pengolahan minyak, makanan, dan pakaian.


7. Apa penduduk asli benua Eropa?

Jawaban:
Penduduk asli Eropa mrpkn ras Kaukasoid (berkulit putih & berambut pirang). Penduduk ini ada 5 kelompok, yaitu suku bangsa Mediteran, Nordik, Slavia, Dinara, Alpina.


8. Apa saja sumber daya alam di benua Eropa?

Jawaban:
Hasil pertambangan yang utama di Eropa adalah biji besi. Biji besi ini terdapat di Yunani, Perancis, Hungaria, Serbia dan Montenegro. Batubara terdapat di Rusia, Inggris, Perancis, dan Jerman. Serta tembaga yang tersebar di Polandia.


9. Mengapa Eropa mempunyai empat musim?

Jawaban:
Penyebab negara Eropa memiliki empat musim adalah karena letaknya yang berada pada iklim sedang(40°– 66,5°LU/LS) dan iklim subtropis (23,5°– 40°LU/LS) serta oleh gerak semu matahari. Gerak semu matahari merupakan gerakan matahari yang seolah-olah bergerak pada daerah utara dan selatan.