Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Soal (Essay) Sumber Daya Laut Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Sumber Daya Laut

 
1. Apa saja sumber daya laut?

Jawaban:
Beberapa sumber daya laut:
1. Perikanan
2. Kekayaan Pesisir
3. Tanaman Mangrove
4. Padang Lamun
5. Rumput Laut
6. Pariwisata
7. Energi dan Pertambangan


2. Apa saja manfaat sumber daya laut bagi kehidupan manusia?

Jawaban:
Laut mempunyai arti penting bagi kehidupan manusia seperti sumber makanan, sebagai jalan raya perdagangan, sebagai sarana penaklukan, sebagai tempat pertempuran, sebagai tempat rekreasi dan sebagai alat pemisah atau pemersatu bangsa.


3. Apa potensi laut sebagai sumber daya alam?

Jawaban:
Laut Indonesia bisa dibilang sangat kaya akan biota laut karena memiliki 8.500 spesies ikan, 555 spesies rumput laut, dan 950 biota terumbu karang. Sumber daya perikanan juga menjadi salah satu potensi terbesar yang ada di lautan kita.


4. Apakah sumber daya alam di pantai?

Jawaban:
Sumber daya alam yang ada di pantai adalah macam-macam jenis ikan laut, rumput laut, dan sumber daya alam hayati yang berhubungan dengan laut seperti kerang, mutiara, trumbu karang, dan lain sebagainya. "Pantai memiliki sumber daya alam yang berhubungan dengan lautan.


5. Seperti apa pengelolaan sumber daya laut?

Jawaban:
Cara mengelola sumber daya kelautan adalah dengan melakukan eksplorasi, eksploitasi dengan menerapkan prinsip pembangunan berkelanjutan, dan meningkatkan upaya konservasi laut.


6. Apa tujuan dari pengelolaan sumber daya laut?

Jawaban:
Pengelolaan potensi sumber daya laut perlu diarahkan untuk mencapai tujuan pendayagunaan potensi untuk meningkatkan kontribusi terhadap pembangunan ekonomi nasional dan kesejahteraan pelaku pembangunan kelautan khususnya, serta untuk tetap menjaga kelestarian sumber daya kelautan khususnya sumber daya pulih


7. Apa jenis sumber daya alam yang digunakan nelayan?

Jawaban:
Sumber daya alam yang dimanfaatkan nelayan yaitu sumber daya laut, baik ikan dan hewan lain. Pekerjaan sebagai nelayan biasanya ditemukan di sekitar wilayah pantai.