Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

106 Soal (Essay) Wilayah dan Perwilayahan Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Wilayah dan Perwilayahan

1. Apa yg dimaksud dengan perwilayahan?

Jawaban:
Perwilayahan (regionalisasi) adalah suatu proses penggolongan wilayah berdasarkan kriteria tertentu


2. Apa perbedaan antara wilayah dan perwilayahan?

Jawaban:
Suatu wilayah terbentuk karena memiliki kesamaan kenampakan, ciri khas, karakteristik sosial maupun budaya. Sedangkan perwilayahan dibentuk berdasarkan penggabungan atau penggolongan beberapa wilayah yang memang memenuhi kualitas serta kuantitas tertentu.


3. Apa saja jenis wilayah?

Jawaban:
Jenis-jenis Wilayah Suatu Negara
1. Wilayah Daratan
2. Wilayah Lautan
3. Wilayah Udara
4. Wilayah Ekstrateritorial


4. Apa contoh dari perwilayahan?

Jawaban:
3 macam contoh perwilayahan secara geografis adalah wilayah pertanian dan perkebunan, wilayah iklim, dan wilayah Asia Tenggara.


5. Apa saja unsur unsur wilayah?

Jawaban:
unsur - unsur wilayah : 
1. sumber daya ,meliputi sumber daya manusia,sumber daya alam yang didalamnya terdapat sumber daya hayati (makhluk hidup seperti hewan dan tumbuh) dan non hayati (benda mati seperti batu bara ,kapur,gas alam ) .
2. ruang ,wilayah yang mencirikan kondisi suatu tempat dengan kenampakan secara fisik.


6. Apa saja pembagian perwilayahan?

Jawaban:
Klasifikasi Perwilayahan. Umumnya, klasifikasi atau penggolongan perwilayahan dibagi menjadi 2, yaitu perwilayahan formal dan perwilayahan fungsional

7. Apa ciri ciri wilayah?

Jawaban:
Ciri-ciri wilayah diantaranya: Tunggal yaitu dengan membatasan wilayah yang juga dikelompokkan pada salah satu bentuk geografi. Majemuk ialah membatasan suatu wilayah yang dikelompokkan pada beberapa unsur geografi.


8. Apa yang dimaksud generalisasi perwilayahan?

Jawaban:
Generalisasi wilayah (region generalization) yaitu golongan beberapa wilayah ke dalam satu bagian wilayah dengan cara menghilangkan faktor-faktor tertentu yang dianggap kurang penting.


9. Apa saja konsep wilayah?

Jawaban:
Berikut pengertian konsep wilayah dari beberapa ahli: Ernan Rustiadi, dkk menyebutkan bahwa konsep wilayah memilki tiga hal adalah:(1) wilayah homogeni (uniform), (2) wilayah sistem/ fungsional, serta (3) wilayah perencanaan / pengelolaan (planning region atau programing region).


10. Apa manfaat dari adanya perwilayahan?

Jawaban:
1.Untuk meratakan pembangunan di semua wilayah sehingga dapat mengurangi kesenjangan antara wilayah yang satu dengan wilayah yang lain. 
2.Untuk memudahkan koordinasi berbagai program pembangunan pada tiap daerah.


11. Faktor apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan wilayah?

Jawaban:
Terdapat tujuh faktor yang menunjang pertumbuhan suatu wilayah, yakni:
1. Sumber Daya Alam (SDA)
2. Sumber Daya Manusia (SDM)
3. Lokasi
4. Fasilitas penunjang
5. Sosial budaya
6. Topografi
7. Industri


12. Apa yang dimaksud dengan perwilayahan berdasarkan fenomena geografis?

Jawaban:
Perwilayahan berdasarkan fenomena geosfer adalah letak suatu wilayah yang ada di muka bumi berdasarkan objek dan gejala geografi. Contoh dari fenomena geografi adalah gunung, sungai, cuaca, iklim, aktivitas manusia, dataran rendah, pantai dll.


13. Bagaimana konsep pertumbuhan wilayah?

Jawaban:
Pertumbuhan wilayah yang dimaksud adalah tingkat pertumbuhan dan perkembangan fisik wilayah maupun sosial budaya yang ditunjukkan oleh kemajuan, penambahan, atau peningkatan sarana dan prasarana di berbagai bidang kehidupan. Berikut penjelasan mengenai identifikasi pusat pertumbuhan.


14. Mengapa Indonesia menerapkan perwilayahan?

Jawaban:
Alasan Indonesia menerapkan perwilayahannya karena kondisi negara Indonesia yang berupa kepulauan sehingga memiliki kondisi fisik dan sosial yang berbeda satu sama lain, sehingga diperlukan perwilayahan supaya koordinasi dengan tujuan tertentu dapat dilaksanakan dengan lebih efisien


15. Apa pengertian wilayah?

Jawaban:
Wilayah adalah ruang yang merupakan kesatuan geografis beserta segenap unsur terkait yang batas dan sistemnya ditentukan berdasarkan aspek administratif dan/atau aspek fungsional


16. Apa yang dimaksud dengan perwilayahan berciri majemuk?

Jawaban:
Pewilayahan berciri majemuk adalah penetapan wilayah yang didasarkan pada lebih dari satu faktor geografi. Contoh penetapan wilayah berdasarkan iklim adalah iklim dingin, tropik, subtropik, serta sedang. Berciri majemuk karena iklim terbentuk dari beberapa unsur seperti curah hujan, suhu, serta angin.


17. Apa saja ciri ciri wilayah fungsional?

Jawaban:
Ciri-ciri wilayah fungsional antara lain adalah bersifat heterogen, aktif, dan dinamis


18. Mengapa perwilayahan secara formal di permukaan bumi mudah diamati dan dibedakan?

Jawaban:
Perwilayahan secara formal di permukaan bumi, mudah diamati dan dibedakan karena perwilayahan secara formal jelas batas-batasnya.