Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

30 Pertanyaan Tentang Toxoplasma Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Esai) Materi Toxoplasma

11. Apakah laki laki bisa terkena Toxoplasma?

Jawaban:
Pria Bisa Mengidap infeksi Toksoplasma (Toksoplasmosis).


12. Apakah tikus menyebabkan toksoplasma?

Jawaban:
Tikus dapat menjadi reservoir penyakit yang disebabkan oleh parasit protozoa, salah satunya adalah toksoplasmosis. 


13. Apa ciri ciri kucing yang terkena Toxoplasma?

Jawaban:
Pada kucing gejala terinfeksi toxoplasmosis adalah:
1. Kehilangan nafsu makan.
2. Diare.
3. Demam.
4. Lemas.
5. dll.


14. Apa itu tokso pada wanita?

Jawaban:
Toxoplasma adalah infeksi yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii. Walaupun infeksi ini biasanya hanya menyebabkan gejala-gejala yang ringan pada orang-orang dengan sistem kekekebalan tubuh yang baik, namun toxoplasma dalam kehamilan tentu berbahaya, terutama pada janin.


15. Efek Toxoplasma pada mata apakah bisa sembuh?

Jawaban:
Toxoplasma pada mata diobati dengan tiga atau empat kombinasi obat diantaranya adalah sulfadiazine, pyrimethamine, clindamycin dan prednison. Atau bisa juga dengan menggunakan antitoksoplasma lainnya. Walaupun begitu, bisa terjadi kekambuhan.


16. Bagaimana cara penularan virus tokso?

Jawaban:
Proses penginfeksian yang dilakukan parasit itu melalui tiga cara: Pertama, lewat makanan seperti daging, buah-buahan dan sayur yang terkontaminasi oleh toxoplasma gondii. Kedua, melalui transfusi darah. Ketiga, lewat transplantasi organ tubuh.


17. Apa gejala tokso?

Jawaban:
Pada manusia sehat, toksoplasmosis juga dapat menimbulkan gejala umum seperti flu: Pegal-pegal. Pembengkakan kelenjar getah bening. Sakit kepala


18. Toxoplasma menyerang apa?

Jawaban:
Toksoplasmosis yang menyerang otak (ensefalitis), menyebabkan gejala berupa sulit bicara, gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, pusing, bingung, kejang, hingga koma. Toksoplasmosis yang menyebar ke seluruh tubuh, menimbulkan gejala berupa ruam kulit, demam, menggigil, lemas, dan sesak napas.


19. Berapa lama virus tokso bertahan di tubuh manusia?

Jawaban:
Telur toksoplasma mampu bertahan hidup setahun di tanah, jika telur tertelan manusia, telur membiak lalu masuj ke jaringan otak, jantung dan otot.


20. Apa yang terjadi jika terkena tokso?

Jawaban:
Toksoplasmosis biasanya tidak menimbulkan komplikasi. Akan tetapi, beberapa komplikasi dapat terjadi jika toksoplasmosis tidak ditangani dengan tepat, yaitu: Kebutaan pada penderita infeksi toksoplasmosis mata. Radang otak atau ensefalitis pada penderita toksplasmosis yang menderita gangguan sistem kekebalan tubuh.