Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

45 Quiz Materi Gempa Bumi Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Gempa Bumi


31. Apakah gempa bumi bisa di prediksi?

Jawaban:
Hingga saat ini belum ada penemuan sains dan teknologi yang mampu memprediksi secara akurat waktu terjadinya gempa bumi. 


32. Langkah yang tepat bagi orang yang sedang mengendarai mobil dan tiba tiba terjadi gempa adalah?

Jawaban:
Hal yang dilakukan pertama adalah mematikan mesin, baru membuka safety belt. Ini untuk berjaga-jaga siapa tahu gempa akan datang lebih besar. “Pengemudi jadi pengambil keputusan apakah dia harus keluar atau tetap di dalam mobil. Jangan memutuskan berhenti di pinggir jalan karena potensi bahaya masih banyak


33. Langkah Evakuasi gempa?

Jawaban:
Berlindunglah di bawah kolong meja, lindungi kepala dengan tas atau buku, jangan panik, jika gempa mereda keluarlah berurutan mulai dari jarak yang terjauh ke pintu, carilah tempat lapang, jangan berdiri dekat gedung, tiang dan pohon. Lindungi kepada anda dan hindari benda-benda berbahaya


34. Jika pada saat gempa bumi terjadi kamu sedang di pantai apa tindakan yang dilakukan?

Jawaban:
Tetap berada di pantai dan berlindung di bawah pohon di sekitarnya. Segera naik perahu menuju ke tengah laut. Menjauhi pantai dan menuju ke daerah dataran tinggi. Berpegangan pada benda-benda yang besar yang ada di pantai.


35. Kenapa setelah gempa jadi pusing?

Jawaban:
Umumnya gempa bumi menimbulkan serangan panik, sehingga memompa hormon adrenalin dalam tubuh. Apabila hormon tersebut dipompa terus-menerus, akibatnya dapat menyebabkan pusing atau sensasi kepala berputar.


36. Kenapa bangunan di Jepang tahan gempa?

Jawaban:
Dalam konstruksi bangunan di Jepang, ada tiga prinsip konstruksi agar bangunan lebih tahan terhadap gempa. Prinsip konstruksi gempa tersebut, antara lain adalah struktur dengan sistem antiseismik, redaman, dan struktur seismik terisolasi.


37. Bagaimana prinsip pembuatan rumah tahan gempa?

Jawaban:
Dalam pembangunan rumah tahan gempa yang menjadi prinsip utama adalah bagaimana membentuk bangunan yang kokoh dan tahan terhadap getaran gempa dengan skala tertentu.


38 Mengapa kita tidak boleh menggunakan lift saat terjadi gempa bumi?

Jawaban:
Sebab gempa bumi bisa membuat seseorang terjebak di dalam lift. "Lift itu kalau listrik mati dia enggak bisa membuka, menutup. Kalau gempa besar itu bisa menyebabkan listrik mati, sehingga orang bisa terjebak di dalam lift dan tidak bisa keluar


39. Bahan apa yang digunakan dalam membangun rumah tahan gempa?

Jawaban:
Beton bertulang. Hal satu ini merupakan bagian penting dalam membuat rumah tahan gempa. Dengan menggunakan besi beton dan diseluti oleh beton (pasir halus, kerikil, dengan air dan semen).


40. Apakah rumah yang terbuat dari kayu tahan gempa?

Jawaban:
Bangunan rumah dengan bahan baku kayu lebih aman dan tahan guncangan gempa bumi.


41. Apa yang harus dilakukan bagi penduduk pinggir pantai saat terjadi gempa?

Jawaban:
Jika berada di sekitar pantai, terasa ada guncangan gempa bumi, air laut dekat pantai surut secara tiba-tiba, segeralah lari menuju ke tempat yang tinggi (perbukitan atau bangunan tinggi) sambil memberitahukan teman-teman yang lain.


42. Bagaimana proses terjadinya gempa bumi?

Jawaban:
Kebanyakan gempa bumi disebabkan dari pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang disebabkan oleh lempengan yang bergerak. Semakin lama tekanan itu kian membesar dan akhirnya mencapai pada keadaan di mana tekanan tersebut tidak dapat ditahan lagi oleh pinggiran lempengan.


43. Apa itu rumah anti gempa?

Jawaban:
Yang dimaksud dengan rumah tahan gempa adalah rumah yang relatif dapat 1bertahan dari dashyatnya guncangan gempa atau paling tidak dapat memberikan kesempatan kepada penghuninya untuk menyelamatkan diri sebelum bangunan runtuh.


44. Hal apakah yang harus dilakukan ketika kita sedang ada di ruang terbuka dan terjadi gempa bumi?

Jawaban:
Jika gempa bumi terjadi pada saat teman-teman ada di luar ruangan, menjauhlah dari bangunan, tiang listrik, pohon, papan reklame, atau benda-benda yang memiliki potensi rubuh akibat goncangan. Lindungi kepala menggunakan benda apapun yang kita bawa.


45. Kenapa gempa dapat menimbulkan tsunami?

Jawaban:
Alasan mengapa gempa bumi dapat memicu terjadinya gelombang tsunami adalah karena pergerakan lempeng di bawah laut menyebabkan gelombang laut besar terbentuk.