Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

23 Soal (Essay) Analisis Lokasi Industri dan Pertanian Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Analisis Lokasi Industri dan Pertanian

1. Apa yang dimaksud dengan analisis lokasi?

Jawaban:
Secara umum, analisis lokasi dalam perencanaan bertujuan untuk menentukan lokasi kegiatan, fasilitas, dan objek-objek lainnya dalam skala wilayah dan kota sesuai dengan karakteristik normatifnya.


2. Bagaimana cara menentukan lokasi industri?

Jawaban:
9 Faktor Penentu Lokasi Industri yang Perlu Diperhatikan
1. Bahan Baku
2. Topografi dan Iklim
3. Transportasi dan Infrastruktur
4. Ketersediaan Tenaga Kerja
5. Layanan Publik
6. Pasar dan Konsumen
7. Teknologi
8. Keterkaitan antar Jenis Industri
9. Kebijakan Pemerintah


3. Peta apa saja yang dapat digunakan untuk menentukan lokasi pertanian?

Jawaban: 
Misalnya syarat dari pertanian adalah curah hujan, suhu, tekstur tanah, drainase, kemiringan lereng, dan jenis tanah. Maka peta yang harus kita cari adalah peta curah hujan, peta suhu, peta tekstur tanah, peta drainase, peta kemiringan lereng, dan peta jenis tanah.


4. Jelaskan apa itu teori lokasi industri?

Jawaban: 
Theory of industrial location (teori lokasi industri) dari Alfred Weber. Teori ini dimaksudkan untuk menentukan suatu lokasi industri dengan mempertimbangkan risiko biaya atau ongkos yang paling minimum.


5. Apa yang dimaksud dengan teori lokasi pertanian?

Jawaban: 
Teori lokasi pertanian dikemukakan oleh Von Thunen dimana teori ini menitikberatkan pada dua hal utama tentang pola keruangan pertanian yaitu jarak lokasi pertanian ke pasar dan sifat produk pertanian (keawetan, harga, beban angkut)


6. Mengapa penentuan lokasi industri itu penting?

Jawaban: 
Pentingnya pemilihan lokasi pabrik adalah untuk menentukan keberhasilan perusahaan hubungannya dengan biaya operasi, harga jual, serta kemampuan perusahaan untuk. bersaing di pasar. Alternatif pemilihan lokasi adalah pertimbangan biaya yang dikeiuarkan dibandingkan dengan tingkat keuntungan yang diperoleh.


7. Mengapa data curah hujan diperlukan dalam analisis lokasi pertanian?

Jawaban: 
Data curah hujan dapat menunjukkan curah hujan rata-rata pada suatu wilayah, sehingga data tersebut dapat digunakan untuk menentukan jenis tanaman yang sesuai dengan lokasi pertanian yang dianalisis. Jadi, data curah hujan diperlukan dalam analisis lokasi pertanian ntuk menentukan jenis tanaman yang sesuai.


8. Mengapa peta dapat digunakan untuk membantu analisis penentuan lokasi industri?

Jawaban: 
Karena dengan adanya Peta yang di gunakan dalam bidang industri. Maka peta akan berfungsi sebagai pertimbangan lokasi industri. Apabila lokasi industri sudah pas (Strategis) maka akan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan / industri tersebut.