Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

36 Soal (Essay) Antroposfer Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Antroposfer 

1. Apa yang dimaksud dengan antroposfer?

Jawaban:
Antroposfer adalah bagian dari obyek material geografi yang mengkaji mengenai dinamika kehidupan manusia.


2. Apa itu fenomena dan gejala antroposfer?

Jawaban:
Gejala Antroposfer/Gejala Insaniah/Gejala Sosial adalah Gejala yang terjadi di muka bumi yang terjadi akibat dari perbuatan manusia.


3. Apa perbedaan antara biosfer dan antroposfer?

Jawaban:
Biosfer merupakan lapisan yang menjadi tempat hidup berbagai makhluk hidup. Antroposfer merupakan bidang kajian dalam geografi yang membahas mengenai manusia.


4. Siapa Penemu antroposfer?

Jawaban:
Istilah Antroposfer pertama kali digunakan oleh seorang ilmuwan Austria yaitu Eduard Suess. Istilah ini pertama kali digunakan pada abad -19. konsep teknosfer sendiri diperkenalkan untuk pertama kalinya oleh ahli geologi Duke University, Peter Haff.


5. Apakah urbanisasi termasuk antroposfer?

Jawaban:
Kondisi arus urbanisasi adalah kondisi antroposfer.


6. Dimana fenomena antroposfer terjadi?

Jawaban:
Antroposfer adalah peristiwa di dalam permukaan bumi yang berkaitan dengan manusia ataupun penduduk dengan segala aktivitasanya.


7. Apakah antroposfer termasuk geografi fisik?

Jawaban:
Ruang lingkup geografi fisik meliputi semua gejala alam yang terjadi di antroposfer, atmosfer, biosfer, hidrosfer, pedosfer (lapisan tanah), dan litosfer.


8. Apa tujuan dari urbanisasi?

Jawaban:
Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari luar kota/desa ke kota. Biasanya orang yang melakukan urbanisasi bertujuan untuk meningkatkan taraf hidupnya. Urbanisasi merupakan salah satu jenis interaksi wilayah yang paling sering dijumpai


9. Apa yang disebut dengan komposisi penduduk?

Jawaban:
Komposisi penduduk adalah pengelompokan penduduk atas dasar kriteria tertentu yang disesuaikan dengan tujuan tertentu misalnya, secara geografis, biologis, sosial, atau ekonomi.Berdasarkan jenis kelamin, penduduk dikelompokkan menjadi laki-laki dan perempuan


10. Antroposfer meliputi apa saja?

Jawaban:
Antroposfer artinya lingkungan bagian dari bumi yang dihuni manusia. Pembahasan dalam materi antroposfer meliputi kependudukan, pemukiman, dan lingkungan hidup manusia. Kata kunci untuk memahami materi antroposfer adalah manusia dan berbagai lingkup bidang penduduk serta kependudukan.


11. Apa contoh komposisi penduduk?

Jawaban:
Komposisi penduduk biologis, contohnya yaitu pengelompokan berdasarkan umur dan jenis kelamin penduduk. Komposisi penduduk sosial, contohnya yaitu pengelompokan berdasarkan pendidikan, pekerjaan dan agama. Komposisi penduduk geografis, contohnya yaitu pengelompokan berdasarkan tempat tinggal.


12. Apa tujuan dari komposisi penduduk?

Jawaban:
Untuk mengetahui gambaran penduduk di suatu daerah dalam berbagai kriteria. Memudahkan pemerintah merancang strategi dan kebijakan untuk pembangunan suatu negeri. Memudahkan pemerintah mengklasifikasikan penduduk sebagai arah pencapaian pembangunan nasional.