Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

45 Soal (Essay) Asuhan Kebidanan I (Kehamilan) dan Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Asuhan Kebidanan I (Kehamilan)

1. Apa saja standar asuhan kehamilan?

Jawaban:
Standard tersebut dikenal dengan istilah “7T” pelayanan antenatal antara lain:
1. Timbang berat badan.
2. Mengujur tekanan darahnya.
3. Mengukur tinggi fudusnya.
4. Pemberian imunisasi TT (Tetanus Toxoid) lengkap.
5. Pemberian tablet zat besi (Fe) minimal 90 tablet selama kehamilannya.
6. Tes terhadap penyakit menular s3ksual.
7. Temu wicara dalam rangka persiapan rujukan.


2.  Apa yang dimaksud dengan asuhan kehamilan?

Jawaban:
Pelayanan kesehatan yang diberikan kepada ibu selama hamil yang sesuai dengan pedoman pelayanan antenatal care. Masa kehamilan dimulai dari konsepsi sampai lahirnya janin (280 hari/ 40 mg) atau 9 bulan 7 hari.


3. Asuhan kebidanan pada ibu hamil dengan 7 langkah Varney?

Jawaban:
7 langkah varney yaitu identifikasi data dasar, identifikasi diagnosa/masalah aktual, identifikasi diagnosa/masalah potensial, tindakan segera dan kolaborasi, rencana tindakan/intervensi dan evaluasi, serta melakukan pendokumentasian (SOAP).


4. Apa itu 10 T dalam kebidanan?

Jawaban:
Pemeriksaan ANC Terpadu ini meliputi 10 komponen yang lebih dikenal dengan istilah 10 T, yaitu timbang berat badan dan ukur tinggi badan, ukur tekanan darah, penilaian status gizi, ukur tinggi fundus uteri, menentukan presentasi janin dan denyut jantung janin (DJJ), skrining dan pemberian Tetanus Toksoid (TT), pemberian tablet tambah darah, pemeriksaan laboratorium, tatalaksana kasus, dan konselingnya papar Revolusiana.


5. Kunjungan ANC 6 kali kapan saja?

Jawaban:
Pelayanan Antenatal Care (ANC) pada kehamilan normal minimal 6x dengan rincian 2x di Trimester 1, 1x di Trimester 2, dan 3x di Trimester 3. Minimal 2x diperiksa oleh dokter saat kunjungan 1 di Trimester 1 dan saat kunjungan ke 5 di Trimester 3


6. Langkah ke 5 Varney?

Jawaban:
Langkah V(kelima) : Merencanakan Asuhan yang menyeluruh Pada langkah ini direncanakan asuahan yang menyeluruh ditentukan oleh langkah-langkah sebelumnya.


7. Apa itu Ante Natal Care?

Jawaban:
Pemeriksaan ANC (Antenatal Care) merupakan pemeriksaan kehamilan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental pada ibu hamil secara optimal, hingga mampu menghadapi masa persalinan, nifas, menghadapi persiapan pemberian ASI secara eksklusif, serta kembalinya kesehatan alat reproduksi dengan wajar.


8. Apa itu K1 dan K4 dalam kebidanan?

Jawaban:
Kunjungan antenatal yang dilakukan paling sedikit 4 kali selaman masa kehamilan dengan distribusi kontak sebagai berikut: Minimal 1 kali pada trimester I (K1), usia kehamilan 1-12minggu. Minimal 1 kali pada trimester II (K2), usia kehamilan 13-24 minggu.


9. Apa itu K1 dalam kehamilan?

Jawaban:
Cakupan pelayanan antenatal dapat di pantau melalui cakupan pelayanan K1 dan K4. Cakupan K1 adalah cakupan ibu hamil yang mendapatkan pelayanan antenatal sesuai standar yang pertama kali pada masa kehamilan dan tidak tergantung usia kehamilan (K1)


10. Berapa kali pemeriksaan hb pada ibu hamil?

Jawaban:
Pemeriksaan hb pada saat hamil dianjurkan minimal 2 kali diantaranya saat trimester pertama dan trimester ketiga. Tujuan pemeriksaan hb pada saat hamil diantaranya untuk mengetahui kadar sel darah merah pada ibu hamil.


11. Apa itu K1 Akses dan K1 murni?

Jawaban:
K1 dibagi menjadi K1 murni dan K1 akses. K1 murni adalah kontak ibu hamil pertama kali dengan petugas kesehatan pada trimester 1. K1 akses adalah kontak pertama ibu hamil dengan petugas kesehatan bukan trimester 1 (usia kehamilan lebih 12 minggu).


12. Langkah langkah pemeriksaan Leopold?

Jawaban:
Mengenal 4 Tahapan Pemeriksaan Leopold
1. Fundal Grip
2. Pegangan Pusar
3. Pegangan Pawlik
4. Pemeriksaan Panggul.


13. Asuhan kala 4 Apa Saja?

Jawaban:
Asuhan kebidanan kala IV, meliputi : 1. Evaluasi uterus 2. Inspeksi dan evaluasi serviks,vagina,dan perineum 3. Inspeksi dan evaluasi plasenta, membran dan korda umblikalis 4. Perbaikan episotomi/laserasi jika ada Tanda-tanda vital dan manivestasi lain dievaluasi sebagai indikator pemulihan dari stres persalinan.


14. Leopold ada berapa?

Jawaban:
Pemeriksaan leopold adalah serangkaian empat manuver yang digunakan untuk menentukan posisi bayi di dalam rahim. Ini juga bisa digunakan untuk memperkirakan berat badan bayi, dan mengatasi masalah mendasar yang mungkin terjadi di kemudian hari.


15. Kapan harus anc terpadu?

Jawaban:
Yaitu 1 kali saat trimester pertama (0-14 minggu kehamilan), 1 kali pada trimester kedua (14 – 28 minggu) dan 2 kali ketika trimester ketiga (28-36 minggu dan > 36 minggu). Dengan ANC yang baik ibu dapat mengetahui mengenai kehamilan risiko tinggi yang bisa diderita.