Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal (Essay) Asuhan Kebidanan III (Nifas dan Menyusui) Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Asuhan Kebidanan III (Nifas & Menyusui) 

1. Apa saja asuhan kebidanan pada ibu nifas?

Jawaban:
Peran bidan dalam memberikan asuhan masa nifas adalah memberikan asuhan yang konsisten, ramah dan memberikan dukungan pada setiap ibu dalam proses penyembuhannya dari stress fisik akibat persalinan dan meningkatkan kepercayaan diri ibu dalam merawat bayinya.


2. Obat antibiotik apa yang aman untuk ibu menyusui?

Jawaban:
Beberapa jenis obat antibiotik yang terbilang aman untuk ibu menyusui adalah amoxicillin, cefadroxil, dan erythromycin.


3. Perawatan apa saja yang baik diberikan kepada ibu nifas menyusui?

Jawaban:
Untuk itu, berikut beberapa tahap perawatan masa nifas yang perlu Anda lakukan:
1. Kebersihan Diri
2. Gizi
3. Perawatan Luka Robekan
4. Identifikasi Adanya infeksi dan Pendarahan
5. Identifikasi Adanya Peningkatan Suhu Tubuh
6. Mobilisasi Secara Aktif.


3. Apa saja nutrisi ibu menyusui?

Jawaban:
Vitamin yang penting dalam masa menyusui adalah vitamin B1, B6, B2, B12, vitamin A, yodium & selenium. Jumlah kebutuhan vitamin & mineral adalah 3 porsi sehari dari sayuran dan buah-buahan.


5. Apa tujuan asuhan kebidanan dalam masa nifas?

Jawaban:
Tujuan masa nifas adalah menjaga kesehatan ibu dan bayinya baik fisik maupun psikologik, melaksanakan skrining yang komprehensif, mendeteksi masalah, mengobati atau merujuk bila terjadi komplikasi pada ibu maupun bayinya, memberikan pendidikan kesehatan tentang perawatan diri, nutrisi, keluarga berencana, menyusui,


6. Selama masa nifas apa yang harus diperhatikan bagi seorang dalam keadaan nifas?

Jawaban:
Masa nifas adalah masa setelah ibu melahirkan. Selain merawat bayi, ibu juga perlu merawat diri sendiri untuk memulihkan tubuh setelah melahirkan. Secara umum, ibu hanya perlu lebih banyak istirahat, makan-makanan bergizi, dan cukup bergerak.


7. Apa itu KF 1 2 dan 3?

Jawaban:
Pelayanan nifas minimal 3 (tiga) kali yaitu kunjungan nifas yang pertama (KF1) pada waktu 6 jam setelah melahirkan sampai 3 hari, kunjungan nifas kedua (KF2) dalam waktu 2 (dua) minggu setelah melahirkan (8-14 hari) dan kunjungan nifas ketiga (KF3) dalam waktu 6 (enam) minggu post partum (36-42 hari)10.


8. Pemeriksaan ibu nifas apa saja?

Jawaban:
Pemeriksaan yang dilakukan dimulai dari wawancara kondisi ibu nifas secara umum, mengukur tekanan darah, suhu tubuh, pernapasan, dan nadi, memeriksa lokhia dan perdarahan, kondisi jalan lahir dan tanda infeksi, payud4ra, kontraksi rahim, memberikan Vitamin A, konseling, pelayanan kontrasepsi dan pemberian nasihat.


9. Apa saja peran dan tanggung jawab bidan dalam masa nifas?

Jawaban:
Peran dan Tanggung Jawab Bidan dalam Masa Nifas:
Pengasuhan anak, pemberian ASI, perubahan fisik, tanda-tanda infeksi, kontrasepsi, hygiene, dan s3ks. Memberikan dukungan biasanya ibu takut kehilangan suami


10. 7 langkah Varney apa saja?

Jawaban:
7 langkah Varney yakni pengumpulan data, identifikasi diagnosa dan masalah, identifikasi diagnosa atau masalah potensial, identifikasi kebutuhan segera, menyusun rencana tindakan, melaksanakan tindakan sesuai rencana, melakanakan evaluasi asuhan yang telah dilaksanakan.


11. Berapa TFU 3 hari post partum?

Jawaban:
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui rata-rata tinggi fundus uteri hari ke-3 pada ibu postpartum primigravida yang memberikan ASI eksklusif adalah 6,10 cm sedangkan rata-rata tinggi fundus uteri hari ke-3 ibu postpartum primigravida yang tidak memberikan ASI eksklusif adalah 6,90 cm.


12. 2 jam post partum lochea apa?

Jawaban:
Lochia rubra (cruenta): muncul selama 2 hari pasca persalinan, berisi darah segar, sisa selaput ketuban, sel desidua, verniks kaseosa, lanugo, dan mekonium.


13. Obat apa yang diberikan pada ibu nifas?

Jawaban:
Antibiotik kloksasilin 500 mg per oral setiap 6 jam selama 10-14 hari dapat diberikan. Alternatif antibiotik lain adalah eritromisin 250 mg per oral tiga kali sehari selama 10-14 hari. Ibu harus tetap menyusui, kompres dingin untuk mengurangi bengkak dan nyeri. Bila perlu berikan parasetamol 500 mg tiga kali sehari.


14. Apa akibat jika salah satu kebutuhan ibu nifas tidak terpenuhi?

Jawaban:
Bila nutrisi ibu nifas tidak terpenuhi maka proses pemulihan kondisi ibu seperti sebelum hamil akan lebih lama dan produksi ASI akan berkurang, karena di dalam tubuh makanan akan diuraikan menjadi suatu zat yang nantinya akan digunakan tubuh dalam menjalankan fungsinya


15. Berapa darah nifas normal?

Jawaban:
Darah yang keluar selama 24 jam setelah proses melahirkan sebanyak 500-600 ml.